Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Instagram

Zamantekno.com Tidak Bisa Login Instagram. Instagram merupakan media sosial untuk berbagi foto dan video yang banyak diminati oleh banyak kalangan.

Tidak hanya untuk akun pribadi, ternyata banyak juga pengguna Instagram yang mendaftarkan akun Instagram untuk keperluan bisnis, sebagai media dakwah, jual beli online, dan lain sebagainya.

6 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Login Akun Instagram

Namun terkadang ada masalah yang dikeluhkan oleh pengguna Instagram karena tidak bisa login ke akun Instagramnya.

Kenapa Tidak Bisa Login akun Instagram

Selain itu, terkadang mereka juga mendapatkan notifikasi seperti “Kami telah mendeteksi upaya login yang tidak biasa”, “Maaf, ada masalah dengan permintaan Anda”, “Terjadi masalah yang tidak diketahui” dan lain-lain.

Baca Juga : Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads

4 Penyebab Ketika Tidak Bisa Login Akun Instagram

Di bawah ini adalah alasan dan penyebab Instagram tidak bisa dibuka atau tidak bisa login IG di HP Android dan PC laptop.

1.Kuota internet habis

Masalah pertama yang menyebabkan kegagalan login akun Instagram biasanya disebabkan oleh jaringan internet yang tidak stabil, masalah atau habisnya kuota internet.

Jadi, pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup sebelum mendaftar ke Instagram.

Karena bisa dibilang Instagram memakan banyak kuota internet, sehingga kuota internet cepat habis. Jika kuota Anda rendah, pastikan Anda menggunakan jaringan Wi-Fi.

2.Akun Instagram yang Diblokir

Setelah membuat akun Instagram, biasanya Anda akan dimintai konfirmasi melalui email.

Jadi jika Anda belum memverifikasi alamat email Anda, keluar dari Instagram kapan saja, atau mengubah ponsel Anda, Instagram akan memblokir akun Instagram Anda.

3.Akun Instagram yang Diblokir

Ada beberapa akun yang telah diblokir oleh Instagram karena melanggar kebijakan privasi yang diberikan oleh Instagram. Larangan akun Instagram bisa bersifat sementara atau permanen.

4.Sering masuk dan keluar dengan akun yang berbeda

Jika Anda sering masuk dan keluar dengan akun Instagram yang berbeda tetapi pada perangkat yang sama, Instagram mungkin mencurigai ini sebagai aktivitas yang tidak biasa.

Biasanya, ketika Anda masuk ke Instagram, sebuah pesan yang mengatakan “Maaf ada masalah dengan permintaan Anda” muncul.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Ke Instagram

Lalu bagaimana cara mengatasi tidak bisa login ke akun Instagram? Nah, berikut Technoinside memberikan tutorial cara mengatasi tidak bisa login ke akun Instagram kamu.

1.Setel ulang kata sandi

Cara pertama untuk mengatasi tidak bisa masuk ke Instagram adalah dengan mengatur ulang kata sandi akun Instagram Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik pertama pada tulisan “Apakah Anda lupa data akses Anda? Dapatkan bantuan untuk masuk” di halaman login Instagram.
  • Kemudian akan muncul 3 pilihan untuk mengakses akun Anda, Anda bisa menggunakan username atau email, mengirim SMS atau login dengan Facebook. Pilih opsi Dengan Nama Pengguna atau Email.
  • Selanjutnya, masuk ke halaman baru dan masukkan nama pengguna atau alamat email akun Instagram Kemudian akan muncul foto akun Instagram kamu dan klik send email lalu klik OK.
  • Instagram akan mengirimkan email ke alamat email terdaftar Instagram Anda, buka email yang dikirim oleh Instagram dan klik tautan yang dikirimkan ke email Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru agar dapat mengakses akun Instagram Anda kembali.
  • Selesai, sekarang Anda sudah bisa mengakses akun Instagram Anda kembali.

2.Periksa koneksi internet

Salah satu alasan mengapa banyak pengguna Instagram tidak dapat melihat pesan yang ditampilkan adalah masalah koneksi internet yang digunakan.

Jadi pastikan koneksi internet yang Anda gunakan tidak bermasalah. Anda bisa mengecek kecepatan internet melalui beberapa website atau aplikasi yang menawarkan fasilitas ini.

Tetapi jika Anda menggunakan Wi-Fi tetapi masih gagal, Anda dapat mencoba beralih ke paket data, atau Anda dapat mengatur ulang router terlebih dahulu dan kemudian mencoba masuk lagi.

Baca Juga : Potensi Peluang Bisnis Menjanjikan Di Indonesia

3.Masuk ke Instagram melalui komputer

Jika Anda masih tidak dapat masuk ke Instagram di ponsel cerdas, Anda dapat mencoba masuk ke Instagram menggunakan perangkat lain, seperti komputer.

Ini bisa digunakan untuk membuktikan apakah Instagram hanya memblokir smartphone Anda atau memblokir akun Instagram Anda sama sekali.

Jika Anda berhasil masuk ke akun Instagram Anda dari computerdet, tidak ada masalah lagi.

Artinya Instagram hanya memblokir smartphone Anda khusus untuk login Instagram. Dengan cara ini, berarti ada sesuatu yang terjadi pada smartphone yang Anda gunakan.

4.Putuskan hubungan akun Instagram dengan akun Facebook

Jika akun Instagram Anda terhubung ke akun Facebook Anda, Anda dapat menggunakan metode ini.

Apalagi jika perangkat smartphone Anda telah diblokir oleh Instagram. Langkah-langkah untuk membatalkan tautan akun Instagram adalah:

  • Pertama buka Facebook lalu putuskan atau putuskan akun Facebook dengan Instagram di pengaturan Facebook.
  • Lalu buka Facebook dan buat akun baru dengan nama berbeda.
  • Kembali ke perangkat lain dan buka Instagram (login di ponsel lain).
  • Selanjutnya silahkan hubungkan akun facebook yang baru anda buat dengan akun instagram di pengaturan.
  • Selanjutnya, instal ulang aplikasi Instagram di perangkat Android atau iPhone Anda.
  • Terakhir, coba login kembali ke akun Instagram Anda di aplikasi Instagram melalui Facebook.

5.Setel ulang perangkat

Opsi selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah mengatur ulang perangkat smartphone yang Anda gunakan. Ini terjadi karena smartphone yang Anda gunakan telah diblokir oleh Instagram.

Maka dari itu, cara yang tepat adalah factory reset atau reset pabrik smartphone Anda. Namun sebelum itu, Anda perlu mem-backup data-data penting Anda terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi backup yang tersedia di Play Store atau App Store atau backup ke komputer atau harddisk eksternal.

Jika semua data penting telah dicadangkan, kini Anda dapat mengatur ulang perangkat dengan cara:

  • Buka Pengaturan atau Preferensi
  • Kemudian pilih Sistem
  • Kemudian klik Reset data pabrik
  • Konfirmasikan dengan memasukkan kata sandi ponsel Anda.
  • Tunggu hingga proses reset selesai.
  • Jika sudah, maka smartphone kamu kini sudah masuk ke pengaturan pabrik atau seperti baru kembali.
  • Setelah itu, unduh dan instal ulang aplikasi Instagram dari Play Store dan coba masuk lagi dengan akun Instagram Anda.

Namun jika tidak berhasil, anda bisa mengembalikan backup data yang sebelumnya anda backup di smartphone anda.

6.Kesalahan massal terjadi di Instagram

Terkadang error bukan berasal dari kami, melainkan dari Instagram itu sendiri. Karena pada tanggal 13 Maret 2019 terjadi error massal yang menyebabkan Instagram dan Facebook tidak bisa diakses sama sekali.

Oleh karena itu, Anda dapat mencari berita di web ketika terjadi kesalahan di Instagram.

Baca Juga : 2 Cara Penting Membuka Blokir Akun Instagram

Kesimpulan

Ada beberapa alasan mengapa saya tidak bisa membuka Instagram seperti yang disebutkan di atas. Anda dapat menyelesaikannya seperti yang saya jelaskan di atas. Demikian informasi yang bisa zamantekno berikan seputar penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login instagram dengan mudah.

Yang harus anda perhatikan, jika ingin menggunakan cara diatas anda harus mengetahui alamat email yang anda gunakan di akun instagram anda.