Cara Menghapus Aplikasi Tidak Bisa Dihapus

Zamantekno.com Cara Menghapus Aplikasi Tidak Bisa Dihapus – Aplikasi adalah program yang selalu ada di komputer, terlepas dari sistem operasi yang digunakan. Namun terkadang ada aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Jika aplikasi tidak lagi diperlukan, tentu saja kami akan menghapus aplikasi tersebut. Namun, ada kalanya aplikasi bawaan tidak dapat dihapus atau bahkan aplikasi yang mengandung virus tidak dapat dihapus.

8 Cara Menghapus Aplikasi Laptop Yang Tidak Bisa Dihapus

Jangan khawatir jika Anda mengalami masalah ini. Bukannya tidak bisa dihapus, hanya saja sulit untuk menghapusnya dengan cara biasa. Nah, pada kesempatan kali ini, zamantekno akan menawarkan cara untuk menghapus aplikasi yang sulit dihapus.

Cara Menghapus Aplikasi Laptop

Baca Juga : Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis

Cara Menghapus Aplikasi di PC laptop Yang Tidak Bisa Dihapus

Disini saya bagikan tutorialnya dengan dua cara sekaligus, terserah kalian mau pakai yang mana. Sebaiknya gunakan cara nomor 1 karena mudah dan cepat.

1.Copot Pemasangan Paksa Dengan Aplikasi

Untuk uninstall aplikasi atau game yang tidak bisa dihapus menggunakan Control Panel, Anda harus menggunakan aplikasi tambahan.

Cara menghapus aplikasi dengan mudah dan tuntas tanpa menginap. Silakan baca dan ikuti langkah demi langkah sepenuhnya.

Unduh dan instal aplikasi
  • Unduh dan instal pencopot pemasangan Revo
  • Sebagai langkah awal silahkan download aplikasi Revo uninstaller versi gratis.
  • Kemudian buka dan instal aplikasi Revo uninstaller.
  • Jika sudah terinstal, jalankan saja aplikasi Revo uninstaller.
Pemilihan aplikasi
  • Kemudian tinggal pilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus. Jika sudah, akan muncul menu Uninstall.
  • Cara menghapus aplikasi menggunakan Revo
  • Cukup klik “Copot” dan tab baru akan muncul.
Pilih mode Advanced
  • Kemudian pilih Advanced mode > Klik Scan, tunggu proses uninstall selesai (Klik Next).
  • Hapus aplikasi sepenuhnya

Selesai, dengan cara ini aplikasi yang sulit dihapus di direktori root dihapus dengan menghapus sepenuhnya aplikasi yang sulit dicopot di komputer laptop PC dengan sistem operasi Windows.

Baca Juga : Cara Membuat Login Case Sensitive Pada Visual Basic

2.Hapus Paksa Tanpa Aplikasi

Sekarang Anda membutuhkan bantuan aplikasi yang ringan, tetapi jangan salah, meskipun ringan, Anda dapat meng-uninstall/menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus.

Cara ini bekerja pada laptop atau PC yang menjalankan sistem operasi Windows 7, 8 dan 10 terbaru. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan baca cara uninstall program aplikasi yang susah dihapus di Windows.

Unduh Microsoft Fixit
  • Buka langkah pertama untuk mengunduh aplikasi.
  • Unduh Microsoft Fixit.dll.
  • Setelah membuka halaman (link di atas), klik tulisan “Download”, tunggu sampai proses selesai.
  • Jalankan Advanced
  • Kemudian jalankan aplikasinya, klik Advanced dan klik tanda centang > lalu klik Next.
  • Tunggu hingga proses pendeteksian selesai (30 detik).
  • Deteksi masalah aplikasi PC
  • Nah, lalu klik “Copot” dan tunggu hingga memuat (20 detik).
Pemilihan aplikasi
  • Kemudian Anda akan menemukan iklan seperti di bawah ini, Anda hanya perlu memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus, hapus, hapus dari PC Anda. Kemudian tekan Berikutnya. Disini saya akan menghapus AVG ZEN (Masih ada file yang tidak terhapus).
  • Hapus saja aplikasi
Konfirmasikan penghapusan instalasi
  • Kemudian akan muncul peringatan yang menanyakan apakah Anda benar-benar ingin menghapus aplikasi ini. Klik Ya untuk melanjutkan. Cara mudah dan aman untuk mencopot pemasangan aplikasi

Baca Juga : 5 Tips untuk Menghubungkan Database Access Ke Visual C#

Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dapat Dihapus

Namun masih ada yang bingung cara menghapus aplikasi di PC laptop. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menghapus aplikasi komputer paling sederhana.

Dan tentunya caranya tidak ribet, berikut 7 langkah yang saya jelaskan, mohon diperhatikan penjelasannya dengan baik.

1. Panel Kontrol

Penghapusan aplikasi oleh Microsoft di komputer berbasis Windows sebenarnya memberikan fitur Program dan Fitur. Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur ini, Anda harus masuk ke Control Panel terlebih dahulu. Disini saya akan menjelaskan caranya karena ada berbagai cara untuk masuk ke Control Panel.

  1. Klik Start dan kemudian pilih Control Panel. Perhatikan bahwa metode ini hanya berlaku untuk Windows 7, Windows 10 dan Windows XP.
  2. Ini berlaku untuk pengguna Windows 8 dan 8.1. Arahkan kursor Anda ke sudut kanan atas hingga kotak pencarian muncul untuk mencari, lalu ketika hasil pencarian muncul, ketik panel kontrol. Cukup tekan pada hasil pencarian. Selesai
  3. Yang terakhir adalah cara cepat untuk membuka Control Panel dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, lalu ketik “Control Panel” atau “Control” lalu tekan Enter. Selesai, cara ini berlaku untuk semua versi Windows.

2.Program dan Fitur

Setelah berhasil masuk ke Control Panel, Anda akan melihat berbagai jenis. Untuk menghapus aplikasi komputer, pertama-tama lihat metode berikut.

  1. Jika Control Panel menunjukkan ikon berupa opsi, untuk mengetahui caranya, Anda perlu memperhatikan kata Show to kemudian melihat teks di sebelahnya. Cara ini berlaku bila ada Ikon Besar atau Ikon Kecil yang ditampilkan. Jika sudah, maka pilih Program and Features.
  2. Jika panel kontrol menampilkan opsi dalam bentuk kategori untuk mengetahui cara memperhatikan tampilan dengan mengetik dan kemudian melihat teks di sebelahnya, metode ini berlaku jika kategori ditentukan. Jika demikian, maka pilihan Anda adalah menghapus program saja.

3.Pilih Aplikasi Yang Akan Dihapus

Pada langkah selanjutnya pada fitur “Programs and Features”, Anda akan melihat beberapa deretan aplikasi yang terinstall di komputer Anda. Pilih saja aplikasi yang ingin Anda hapus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihannya sederhana, yaitu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus lalu klik Uninstall/Change, atau bisa juga dengan mengklik dua kali pada aplikasi yang ingin Anda hapus.

4.Ikuti Langkah Selanjutnya Petunjuk

Jika Anda memilih Uninstall pada langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah mengikuti prosedur penghapusan.

Karena setiap aplikasi memiliki konfigurasi atau aturan penghapusan yang berbeda, disini saya akan menjelaskan beberapa konfigurasi yang tersedia pada aplikasi komputer.

Konfigurasi awal:

Ini adalah konfigurasi penghapusan yang paling sederhana dan juga tidak rumit karena Anda tinggal mengklik Next.

Konfigurasi kedua:

Ini adalah konfigurasi yang pertama meminta beberapa file default yang tersedia di aplikasi terkelola. Nanti ketika aplikasi sudah diperbaiki dan di-uninstall dan Anda ingin menginstalnya kembali, Anda bisa memilih file default ini.

Konfigurasi ketiga:

Konfigurasi terakhir adalah konfigurasi yang menawarkan 2 opsi, ada opsi bagi Anda yang ingin memperbaiki aplikasi (mengubah/memperbaiki) dan opsi kedua adalah meng-uninstall program aplikasi sepenuhnya. Jika memang hanya ingin memperbaikinya, pilih Change/Repair, tapi jika ingin menghapusnya, pilih saja Uninstall.

5.Hapus File Aplikasi Yang Tersisa

Biasanya, ketika Anda menghapus aplikasi komputer, file tertinggal atau tidak dihapus dengan aplikasi. Atau ada juga file bawaan yang sengaja disimpan oleh aplikasi dan tidak bisa dihapus.

Hal ini justru akan mengisi memori RAM komputer Anda karena file tersebut tidak berguna dan memori tersebut tidak dapat digunakan kembali, jadi lebih baik hapus saja file tersebut.

Cara menghilangkannya juga simple dan tidak ribet, berikut akan saya jelaskan caranya, silahkan simak penjelasan dibawah ini ya.

  • Buka Windows Explorer dan tekan Windows + E atau tekan Windows + R untuk menjalankan
  • Kemudian ketik di kolom tipe explorer dan tekan Enter
  • Pada langkah berikutnya, partisi C dipilih karena C adalah partisi sistem di Windows
  • Kemudian pilih folder “Program Files” atau “Program Files” (x64).
  • Jika Anda mencari nama folder aplikasi bernama Perusahaan atau nama aplikasi yang baru saja Anda hapus
  • Jika ya, hapus saja folder tersebut lalu hapus di recycle bin.
  • Jika tidak ada nama folder yang cocok dengan aplikasi yang sebelumnya dihapus, Anda dapat yakin bahwa folder tersebut telah dihapus bersama dengan aplikasi yang sebelumnya dihapus.

6.Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah alternatif lain untuk menghapus aplikasi yang ada di komputer Anda tanpa menggunakan layanan atau fitur Windows.

Aplikasi pihak ketiga juga biasanya menawarkan fungsi yang baik untuk menghapus aplikasi, hingga folder yang tertinggal biasanya langsung terhapus, tanpa kita harus menghapusnya secara manual.

Namun sebagai catatan: jangan pernah menggunakan aplikasi bajakan karena aplikasi bajakan tidak baik digunakan. Disini saya akan menjelaskan beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang bisa anda gunakan untuk menghapus aplikasi berikut contohnya.

  1. Hapus Melalui Instalasi iObit

Aplikasi ini memiliki fitur force uninstall, yang artinya Anda dapat memaksa aplikasi untuk dihapus dari komputer Anda. Selain itu, jika Anda telah menginstal Advanced System Care di komputer Anda, aplikasi ini juga akan diinstal secara otomatis di komputer Anda.

  1. Hapus Melalui Microsoft Fix-it

Aplikasi ini memiliki 2 jenis versi yaitu gratis dan berbayar untuk mendapatkan fitur layanan lengkap. Jadi jelas anda harus membeli aplikasi yang versi berbayar, apalagi fungsi aplikasinya sama seperti sebelumnya yaitu bisa uninstal secara paksa.

Namun aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu tidak semua file sisa terhapus secara otomatis. Oleh karena itu, saat menggunakan aplikasi ini, Anda harus hati-hati memeriksa sisa file dari aplikasi yang dihapus.

Saran saya, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, periksa juga titik pemulihan sistem. Ini digunakan untuk menandai status sistem terakhir di komputer Anda sebelum aplikasi di komputer dihapus.

Jadi, jika suatu saat sistem komputer mengalami masalah atau masalah, maka tidak perlu panik lagi karena metode ini dapat dianggap sebagai cara untuk mem-backup aplikasi komputer yang sedang bermasalah.

Baca Juga : Membuat Laporan Mingguan Crystal Report Pada VB .Net 2010

Kesimpulan

Dari cara-cara di atas, mungkin salah satunya bisa membantu Anda untuk menghapus aplikasi laptop yang tidak bisa dihapus. Tetapi jika ada virus, Anda memerlukan aplikasi antivirus komputer. Sehingga tetap lebih baik.

Dengan cara ini Anda dapat menghapus aplikasi di PC laptop yang tidak dapat dihapus. Mungkin cukup sekian tutorialnya sobat jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan. Jangan lupa untuk share dan terus kunjungi halaman web favorit Anda.