Manfaat Modal Ventura Bisnis Yang Harus Dipahami

ZamanTekno.com Manfaat Modal Ventura Bisnis Yang Harus Dipahami – Modal ventura adalah bentuk investasi berisiko tinggi, pengembalian tinggi, atau jenis investasi berisiko tinggi dengan pengembalian wajar yang sepadan dengan tingkat risiko tinggi yang terlibat. Pada umumnya praktik ini dilakukan di tingkat korporasi dan tidak lagi merupakan kegiatan individu.

Mengingat tingkat risiko yang relatif tinggi, para pelaku ekonomi yang ingin berpartisipasi dalam perusahaan modal ventura harus mengetahui terlebih dahulu apa itu modal ventura dan apa manfaatnya.

Manfaat Modal Ventura Bisnis Yang Harus Dipahami

Inilah Manfaat Modal Ventura Bisnis Yang Harus Dipahami bagi Pemula

Penyertaan modal yang dilakukan sebagai suatu bentuk penanaman modal biasanya ditukarkan dengan sejumlah saham tertentu. Yang ditentukan oleh besarnya modal yang disetorkan. Oleh karena itu, tidak perlu dikatakan lagi bahwa investasi modal ventura memungkinkan investor menghasilkan keuntungan.

Ketika perusahaan yang mereka danai mampu tumbuh dan menghasilkan keuntungan bisnisnya sendiri. mengingat investor juga merupakan pemegang saham perusahaan.

Baca Juga : Rumus Persamaan Dasar Akuntansi Mudah Dipahami

Pengertian Modal Ventura

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, modal ventura adalah suatu bentuk investasi berisiko yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mencapai keuntungan yang sama tinggi.

Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan modal kepada perusahaan swasta yang menerima investasi untuk jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu yang ditentukan, keuntungan perusahaan yang dibiayai oleh investasi tersebut juga menjadi bagian dari keuntungan perusahaan yang berinvestasi.

Tentu hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika perusahaan yang dibiayai tidak dapat merotasi modal yang disetor dan menderita kerugian, pemilik modal juga menderita kerugian dan sulit untuk mengembalikan nilai modal yang disetorkan semula. Untuk itu, istilah modal ventura sering dikaitkan dengan investasi berisiko tinggi.

Contoh Dan Metode Pembiayaan Modal Ventura

Berikut  merupakan contoh modal ventura yang umum di pakai pada dunia bisnis. Masing-masing contoh ini umumnya memiliki jenis pendanaan yang berbeda.

Contoh Dan Metode Pembiayaan Modal Ventura

Diantaranya, ada tiga contoh modal ventura yang paling marak, khususnya di Indonesia yang memang terkenal dengan iklim investasi yang berkembang. Tiga contoh dan cara pembiayaan modal ventura antara lain:

Baca Juga : Pelajari Sistem Informasi Geografi Dengan Konsep GIS

1.Obligasi Konversi

Contoh pertama modal ventura adalah penjualan obligasi atau sekuritas yang diikat oleh perusahaan yang ingin menerima investasi. Investor kemudian berpartisipasi dalam permodalan dengan membeli obligasi tersebut.

Dalam jangka panjang, obligasi ini kemudian dapat ditukar atau dikonversi menjadi efek ekuitas. Dengan cara ini, perusahaan investee penerima membayar bunga yang ditetapkan atas surat utang yang telah diterbitkannya sampai surat utang tersebut akhirnya dikonversi menjadi saham.

Selama perusahaan modal ventura tersebut belum melakukan konversi obligasi, pendapatan yang diperoleh hanya berasal dari pembayaran bunga obligasi. Namun, setelah konversi terjadi, pembayaran bunga akan dihentikan dan diganti dengan pembayaran keuntungan yang sama dengan jumlah saham yang dimiliki oleh prinsipal.

2.Stok Langsung

Berbeda dengan contoh modal ventura sebelumnya, dalam model pembiayaan ekuitas langsung, investor menukarkan kepentingan ekuitas mereka secara langsung dengan sertifikat saham yang diterbitkan oleh perusahaan investee.

Investasi modal ventura dalam bentuk saham pada perusahaan penerima manfaat umumnya terbatas waktunya. Setelah periode ini, perusahaan modal ventura harus menjual dirinya sendiri dan tidak lagi memiliki kendali atas perusahaan yang mengakuisisi.

Dalam contoh modal ventura ini, diharapkan pada akhir periode waktu yang ditentukan. Maka perusahaan yang menerima investasi akan dapat memutar modal yang awalnya dialokasikan untuk bisnisnya dan mengembangkan bisnisnya. Bahkan jika perusahaan masih membutuhkan investasi ekuitas lebih lanjut, perjanjian lebih lanjut dengan perusahaan modal ventura dapat dilakukan jika diperlukan.

Pada prinsipnya, perusahaan modal venturalah yang memutuskan pelepasan mana yang akan dilakukan. Perusahaan dapat menggunakan pasar modal untuk menawarkan sahamnya kepada publik, menjual sahamnya secara langsung kepada perusahaan investor lain, atau menjual kembali kepemilikan saham tersebut kepada perusahaan yang menerima investasi. Selain ketiga cara di atas, tentu ada skema divestasi lain yang bisa dilakukan perusahaan modal ventura.

3.Sistem Bagi Hasil

Modal ventura adalah bentuk melakukan bisnis. Oleh karena itu, menghasilkan keuntungan bisnis adalah tujuan yang sangat umum.

Berbeda dengan dua contoh modal ventura di atas, skema bagi hasil memungkinkan perusahaan memberi dan menerima modal untuk memperoleh keuntungan usaha berdasarkan perjanjian tanpa memerlukan sertifikat saham atau obligasi sebagai alat tukar.

Tanpa obligasi, perusahaan yang menerima investasi tidak perlu membayar bunga atas modal yang ditanamkan. Kontrol atas perusahaan itu sendiri dapat lebih terjaga karena tidak ada pemecahan saham.

Namun dalam skema bagi hasil, kedua belah pihak harus memiliki kesepakatan yang jelas. Kemudian mengenai pembagian keuntungan yang nantinya akan diperoleh dari hasil pengembangan modal ventura. Pembagian ini dapat didasarkan baik atas penghasilan yang diperoleh. Sehingga atas dasar laba bersih atau atas dasar kesepakatan-kesepakatan lain yang disepakati para pihak.

Manfaat Modal Ventura Bagi Perusahaan

Tanpa adanya keuntungan, modal ventura tentu tidak akan menjadi pilihan berbisnis untuk mengisi kekurangan modal dalam strategi pengembangan usaha. Tapi apa sebenarnya manfaat yang dimilikinya? Manfaat modal ventura dirasakan oleh semua pihak yang terlibat, baik yang menjadi modal maupun perusahaan yang menerima modal tersebut.

Bagi perusahaan modal ventura itu sendiri, manfaat yang diterima dalam bentuk keuntungan usaha dapat berupa kompensasi yang dilakukan oleh perusahaan investee atas pinjaman modal yang dilakukan. Pemberian modal menjadi keputusan bisnis yang tujuan akhirnya masih berpusat pada seberapa besar keuntungan yang diperoleh dengan memberikan modal tersebut.

Manfaat Modal Ventura Bagi Perusahaan

Di luar keputusan bisnis, modal ventura merupakan metode yang dapat digunakan perusahaan investor untuk memastikan roda perekonomian dapat terus berputar. Yaitu dengan mendatangkan modal bagi perusahaan yang dianggap layak tetapi membutuhkan dukungan modal agar dapat terwujud.

Manfaat modal ventura juga akan dirasakan oleh perusahaan yang memenuhi syarat karena perusahaan dapat terus melakukan upaya operasional dan mengembangkan bisnisnya sepenuhnya dengan investasi modal ini.

Tanpa adanya modal yang diterima, baik operasional sehari-hari maupun usaha pengembangan usaha tidak dapat dilakukan dengan leluasa karena tersandung masalah permodalan. Oleh karena itu, keuntungan dari modal ventura di sisi perusahaan yang menerima modal akan sangat signifikan.

Tidak hanya operasional dan pengembangan usaha secara umum, namun juga keberadaan modal ventura dapat menjamin keberhasilan suatu perusahaan. Perusahaan yang menerima investasi juga dapat lebih fokus pada upaya efisiensi dalam kegiatan bisnis, yang selanjutnya dapat meningkatkan margin keuntungan perusahaan.

Mengingat manfaat modal ventura di atas, tidak mengherankan jika ada perusahaan yang mengkhususkan diri sebagai perusahaan investor dan sepenuhnya fokus pada upaya pengembangan bisnis perusahaan mitra mereka.

Baca Juga : Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis

Kesimpulan

Namun, upaya dan Manfaat Modal Ventura Bisnis Yang Harus Dipahami yang dijelaskan akan sia-sia. Jika perusahaan investee sendiri tidak dapat menjalankan bisnisnya dengan baik atau tidak dapat menunjukkan potensi pengembangan bisnis dengan proyeksi pendapatan bisnis tertentu.