Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads

ZamanTekno.comKeuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads – Jika Anda mengenal Instagram sebagai platform media sosial yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memposting foto atau video, akhir-akhir ini Instagram juga dikenal dengan fitur Instagram Ads yang dapat membantu dan memberi kuntungan periklanan dan pemasaran untuk promosi bisnis.

Wah, benar-benar bisa membantu program promosi dan pemasaran bisnis? Agar tidak penasaran, mari kita bahas lebih detail keuntungan promosi bisnis lewat instagram ads.

Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads

Apa Saja Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads

Sejak diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, platform manajemen iklan di Facebook dan Instagram Ads telah disatukan dengan Facebook Ads Manager. Oleh karena itu, setiap langkah membuat iklan di Instagram hampir sama dengan membuat iklan di Facebook bertujuan dan memberi kentungan promosi bisnis. Namun, tentunya Anda harus membuat Facebook Page terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads.

Baca Juga : Manfaat Dan Fungsinya MEA Bagi Negara Indonesia

Apa Itu Iklan Instagram?

Secara singkat dapat diartikan bahwa Instagram Ads adalah sebuah platform periklanan media sosial. Iklan Instagram memungkinkan Anda membuat iklan di umpan dan cerita Instagram.

Sebagai pelaku bisnis atau pemilik toko online, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Facebook Ads. Nah, Instagram Ads merupakan fitur yang hampir mirip dengan Facebook Ads. Jadi jika Anda pernah menggunakan iklan di Facebook, tentu sangat mudah untuk memahami cara kerja iklan Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna setelah Facebook. Tentunya dengan jumlah pengguna yang begitu banyak, hal ini menjadi peluang bagi para pelaku bisnis untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Untuk memudahkan para pebisnis, Instagram memperkenalkan fitur Instagram Ads pada tahun 2013. Fitur ini juga disambut baik oleh para pebisnis. Instagram Ads dihadirkan untuk membantu pelaku bisnis mempromosikan atau memasarkan produk dan layanannya di platform media sosial Instagram.

Iklan Instagram memberi pengiklan kebebasan untuk mengelola iklan mereka sendiri. Pengiklan juga dapat memilih format iklan mereka, baik itu foto atau video, hanya menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.

Manfaat Instagram Ads Untuk Keuntungan Promosi Bisnis

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu Iklan Instagram, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Iklan Instagram bisa menjadi salah satu platform periklanan terbaik memberi kuntungan untuk promosi bisnis? Pasalnya, tentunya Instagram Ads merupakan media yang menawarkan banyak manfaat yang akan membantu penggunanya.

Manfaat Instagram Ads Untuk Keuntungan Promosi Bisnis

Berikut beberapa manfaat beriklan di Instagram Ads:

Dapat Meningkatkan Kesadaran Merek Bisnis Yang Dipasarkan

Instagram Ads adalah tempat terbaik untuk memulai branding bisnis Anda, baik itu bisnis yang baru dimulai atau sudah ada sejak lama. Saat Anda membuat iklan Instagram, Anda akan mendapatkan pertanyaan tentang tujuan membuat iklan di Instagram dan salah satu jawaban yang pasti adalah untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Berdasarkan respons tersebut, Instagram dapat dengan mudah menetapkan target pengguna yang tepat untuk menampilkan iklan yang telah Anda pasang.

Targetkan Iklan Yang Lebih Spesifik

Instagram Ads adalah fitur penargetan yang sangat kompleks yang memudahkan Anda dan bisnis lain untuk menjangkau target pasar yang lebih spesifik. Sehingga Instagram secara otomatis melakukan penargetan berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, minat, kebiasaan, dan lain-lain. Dengan penargetan yang dilakukan di awal, tentu akan lebih mudah untuk menempatkan iklan di beranda klien bisnis potensial Anda.

Semakin spesifik target pasar yang Anda pasang, semakin baik hasilnya, karena pengguna yang melihat iklan Anda secara alami adalah pengguna yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan yang Anda promosikan.

Meningkatkan Keuntungan Dan Potensi Penjualan

Menempatkan iklan di Instagram meningkatkan peluang meningkatkan penjualan untuk bisnis Anda. Apalagi jika ternyata target pasar bisnis Anda adalah generasi milenial yang sering menggunakan internet dan media sosial untuk mencari informasi tentang barang yang ingin mereka beli.

Tingkatkan Lalu Lintas Ke Situs Web Bisnis

Website adalah cara untuk mempromosikan bisnis Anda melalui internet. Dengan menggunakan iklan Instagram, Anda bisa mendapatkan lalu lintas ke situs web dari pengguna Instagram.

Saat membuat iklan di Instagram, Anda akan diminta memasukkan URL situs web untuk mengarahkan calon pelanggan ke situs web perusahaan. Selain itu, biasanya ada tombol ajakan bertindak yang bertuliskan “beli sekarang” yang ketika diklik akan mengarah ke situs web bisnis Anda.

Baca Juga : Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya

Cara Menggunakan Iklan Instagram Untuk Bisnis

Bagaimana sebenarnya Anda menggunakan Iklan Instagram untuk program bisnis bisa disini? Pertama, pastikan akun Instagram Anda adalah akun Instagram bisnis untuk mempermudah proses pengelolaan iklan. Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus memiliki akun Facebook.

Cara Menggunakan Iklan Instagram Untuk Bisnis

1.Buka Pengelola Iklan Facebook

Pertama, buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Pastikan Anda masuk ke akun yang digunakan untuk Halaman Facebook bisnis Anda.

2.Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Selanjutnya, masuk ke menu kampanye dan pilih Buat iklan. Facebook akan menunjukkan kepada Anda dua opsi, pembuatan iklan terpandu atau pembuatan iklan cepat. Sebaiknya pilih pembuatan iklan terpandu agar iklan yang Anda buat bisa lebih spesifik.

3.Tentukan Tujuan Periklanan

Cara menggunakan Instagram Ads selanjutnya adalah dengan menentukan tujuan dari iklan tersebut. Ada tiga kategori yang bisa dipilih, yaitu pertimbangan, kemasyhuran, dan konversi. Pertimbangkan tujuan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

4.Pilih Jenis Iklan

Instagram Ads menawarkan dua jenis iklan, yaitu pengoptimalan anggaran dan pengujian terpisah. Anda harus dapat memilih salah satu karena Anda tidak dapat menggunakan kedua jenis iklan secara bersamaan.

Tes terpisah meminta Anda membuat dua jenis iklan dengan konten yang hampir sama. Audiens target Anda akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda.

Dengan cara ini Anda dapat melihat iklan mana yang lebih menarik dan menghasilkan keuntungan. Namun, jenis iklan ini harganya dua kali lipat dari jenis pengoptimalan anggaran.

5.Tulis Nama Iklan Dan Pilih Tujuan Lalu Lintas

Jangan lupa untuk memasukkan nama iklan Anda agar nantinya dapat memantau kinerja kampanye iklan Instagram Ads. Juga, ingatlah untuk memilih tujuan lalu lintas iklan. Anda dapat meneruskannya ke aplikasi, situs web, messenger, pesan langsung atau WhatsApp.

6.Lihat Promosi

Jika Anda benar-benar menjalankan kampanye iklan tertentu, Anda dapat mengaktifkan opsi promo untuk memungkinkan promo muncul.

Baca Juga : Jenis Teknologi Di Kehidupan Manusia Zaman Sekarang

7.Tentukan Kelompok Sasaran Anda

Salah satu manfaat Instagram Ads adalah Anda dapat menentukan spesifikasi audiens Anda berdasarkan beberapa faktor, antara lain:

Pemirsa Khusus

Kemudian Anda perlu mengelola jangkauan orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Anda secara online dan offline. Anda dapat menargetkan iklan kepada orang-orang yang mungkin telah mengunjungi situs web Anda, konten Halaman Facebook, atau bahkan menelepon Anda.

Lokasi

Anda juga dapat menentukan tujuan. Caranya, Anda hanya perlu memasukkan satu atau lebih negara, wilayah, kota, kode pos, dan alamat sehingga Anda dapat menampilkan atau tidak menampilkan iklan Anda kepada yang berada di lokasi tersebut.

Usia

Jika ternyata produk yang Anda promosikan hanya dapat dikonsumsi atau digunakan hingga usia tertentu, Anda juga dapat memilih kelompok sasaran yang sesuai dengan usia, misalnya orang-orang dalam rentang usia 18 hingga 35 tahun.

Jenis Kelamin

Anda dapat menentukan iklan mana yang ditampilkan berdasarkan jenis kelamin. Misalnya, jika khusus untuk pria, Anda tinggal memilih untuk pria juga. Atau Anda bisa memilih keduanya jika produk tersebut bisa digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Bahasa

Jika Anda memilih lokasi dengan bahasa yang sama, biarkan bidang ini kosong. Kecuali ternyata target audiens yang Anda pilih menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan di lokasi yang Anda pilih.

Penargetan terperinci

Pada tahap ini, Anda perlu mengisi lebih detail seperti minat, lokasi, perilaku, dll. Silakan pilih sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan nanti.

Koneksi

Opsi ini hanya berguna jika Anda ingin menampilkan iklan kepada orang-orang yang sudah terhubung ke acara atau aplikasi.

8.Tentukan Penempatan

Jika Anda memilih penempatan otomatis, iklan Anda akan otomatis muncul di Instagram, Facebook, dan semua aplikasi yang telah bekerja dengan Facebook. Di sisi lain, jika Anda hanya ingin menampilkan iklan di Instagram, Anda dapat memilih Edit penempatan dan hanya memilih kolom Instagram.

9.Pilih Jadwal

Iklan di Instagram Ads juga memiliki batas waktu. Jadi, Anda perlu menentukan secara kasar berapa lama iklan harus ditampilkan, apakah itu seminggu, dua minggu, sebulan, atau bahkan enam bulan.

Baca Juga : Poin Penting Agar Proyek Crypto Lancar Di Bear Market

10.Hubungkan Ke Akun Instagram

Pada tahap ini, Anda perlu menambahkan akun Instagram yang ingin Anda hubungkan ke halaman Facebook.

11.Pilih Format Iklan

Ada lima jenis format iklan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan iklan Anda, yaitu:

  • Korsel: Iklan dengan dua atau lebih gambar atau video yang dapat digerakkan oleh pemirsa
  • Gambar Tunggal: Iklan dengan hanya 1 gambar
  • Video Tunggal: Iklan dengan satu video.
  • Slideshow: Menampilkan gambar atau video yang dapat digeser hingga 10 gambar.
  • Koleksi: Iklan bisa berupa kombinasi gambar atau video

12.Buat Teks

Ingat, jangan pernah meremehkan tahapan penggunaan iklan Instagram dalam hal ini, ya! Pada tahap ini, Anda perlu menulis deskripsi iklan yang ingin Anda jalankan, jadi buatlah deskripsi yang menarik namun singkat agar audiens mana pun dapat langsung memahami tujuan dari iklan Instagram Anda. .

13.Pilih Gambar, Tulis Judul dan Masukkan Tautan Situs Web

Tentu saja, karena Instagram adalah platform berbasis visual, desain gambar, foto, atau video adalah hal pertama yang dilihat oleh audiens. Jadi cobalah untuk membuat desain gambar yang sesuai dengan deskripsi deskripsi iklan. Biasanya, format Instagram Ads membutuhkan ukuran gambar tersendiri. Tambahkan headline yang menarik sehingga dapat menarik perhatian audiens. Jangan lupa juga masukkan link yang ingin digunakan.

14.Lakukan Pembayaran

Fase pembayaran adalah fase terakhir saat menggunakan iklan Instagram. Pada tahap ini Anda dapat melakukan pembayaran dengan kartu debit atau kartu kredit. Setelah Anda menyelesaikan pembayaran, Facebook akan meninjau iklan Anda nanti dan segera menampilkannya jika memenuhi semua persyaratan.

Menyimpulkan

Itu tadi penjelasan lengkap Keuntungan Promosi Bisnis Lewat Instagram Ads. Singkatnya, Iklan Instagram adalah platform periklanan media sosial yang memungkinkan Anda membuat iklan atau mempromosikan bisnis Anda di umpan dan cerita Instagram.

Jika nantinya Anda bisa menggunakan fitur ini dengan baik, disertai dengan penerapan strategi digital marketing yang tepat, Anda akan berpeluang mendapatkan keuntungan bisnis yang besar.

Jika Anda mendapat manfaat dari promosi tersebut, jangan lupa untuk mencatat keuntungan perusahaan dalam laporan laba rugi. Mengapa? karena laporan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan keputusan bisnis dan kondisi keuangan perusahaan.