Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis

Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis – Belakangan ini semakin banyak pebisnis yang memilih menggunakan software akuntansi untuk bisnisnya karena berbagai alasan dan pertimbangan khususnya kami di ZamanTekno.com secara detail akan membahasnya dalam artikel ini.

Orang yang ahli dalam bidang pembukuan, atau yang dulu biasa disebut dengan akuntan, lebih banyak menggunakan cara perhitungan yang konvensional atau manual. Ini telah berubah karena ada banyak perangkat lunak akuntansi.

Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis

Ada 3 Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis Yang Sedang Bejalan

Proses akuntansi adalah proses mengumpulkan, menganalisis, memproses, dan menghasilkan informasi keuangan dalam periode waktu tertentu. Pembukuan dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis.

Tidak hanya perusahaan besar yang membutuhkan perhitungan akuntansi, perusahaan menengah dan mikro juga perlu melakukan perhitungan akuntansi secara berkala. Untuk itu, perubahan dari sistem pencatatan dan penghitungan manual ke penggunaan software akuntansi harus diadaptasi oleh para penggiat ekonomi.

Baca Juga : Penjelasan Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya

Memahami Perangkat Lunak Akuntansi

Software akuntansi atau software pembukuan adalah seperangkat sistem yang dirancang untuk mendukung kegiatan akuntansi berbasis modularitas yang saling berhubungan dengan memuat modul pembelian (utang usaha), penjualan (piutang usaha), buku besar, dll.

Software akuntansi biasanya dapat dikembangkan oleh perusahaan itu sendiri atau dapat juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakan layanannya. Tujuan dari penggunaan software ini adalah untuk memudahkan pembuatan laporan akuntansi keuangan berupa neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas dan laporan akhir.

Software akuntansi, atau yang sering disebut sebagai aplikasi akuntansi, bekerja secara real time dari berbagai bagian invoice yang telah dihubungkan bersama sebelumnya. Misalnya, Anda tidak perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan laporan laba rugi terperinci. Karena transaksi yang sedang berlangsung seperti penjualan, pembelian, produksi, persediaan dan pengeluaran di perusahaan secara otomatis dicatat dalam jurnal perangkat lunak dan diperbarui setiap saat.

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari menggunakan software atau aplikasi akuntansi dalam bisnis Anda.

Memastikan Kontrol Keuangan Yang Baik

Menggunakan software akuntansi memungkinkan pemilik bisnis untuk mengendalikan keuangan mereka secara otomatis, bahkan jika mereka tidak ahli dalam ilmu akuntansi. Pemilik bisnis dapat mengelola semua operasi akuntansi mereka dari komputer atau perangkat seluler mereka tanpa harus membayar pihak eksternal untuk mengontrol anggaran mereka.

Menghemat Biaya Operasional

Software akuntansi melakukan perhitungan dasar dan prosedur administrasi serta mengatur komposisi anggaran bisnis Anda secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu melakukan perhitungan menggunakan manajemen keuangan untuk pihak eksternal.

Tingkatkan Akurasi Data

Salah satu manfaat terbesar dari perangkat lunak akuntansi adalah kemampuannya untuk meminimalkan kesalahan manusia yang biasanya terjadi dengan perhitungan dan entri data. Laporan keuangan yang tidak akurat dapat menyebabkan krisis yang mempengaruhi kelangsungan usaha. Software ini dapat meminimalisir hal tersebut.

Pengambilan Keputusan Lebih Mudah

Tanpa software akuntansi, Anda mungkin akan kesulitan memahami situasi keuangan perusahaan Anda secara detail. Sistem ini mampu memberikan angka yang tepat dan dapat membantu Anda memahami arus kas keuangan bisnis. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan kontrol keuangan, yang juga memengaruhi strategi dan pengambilan keputusan.

Baca Juga : Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023

Memastikan Keamanan Data Keuangan

Dalam bisnis, data keuangan adalah informasi sensitif dan harus dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau hilang. Perangkat lunak akuntansi melindungi data keuangan Anda dengan menyimpannya dalam sistem terpusat yang dilindungi oleh firewall. Hanya orang dengan hak akses yang dapat melihatnya.

Tingkatkan Produktivitas Karyawan Anda

Perhitungan, pemasukan data dan penyusunan buku menjadi laporan keuangan membutuhkan waktu dan tenaga. apakah konvensional atau manual. Namun, dengan perangkat lunak akuntansi, semua tugas keuangan dapat dilakukan secara otomatis, meninggalkan karyawan atau diri Anda sendiri untuk melakukan pekerjaan lain yang bernilai bagi perusahaan.

Fungsi Penting Dalam Software Akuntansi

Sebelum memilih aplikasi akuntansi yang sesuai dan sesuai dengan visi dan misi bisnis Anda, beberapa hal perlu diperhatikan termasuk fitur software akuntansi yang harus dimiliki.

Fungsi Penting Dalam Software Akuntansi

  • Kemampuan pelaporan keuangan
  • Fungsi manajemen hutang usaha
  • Fitur Fungsi belanja
  • Fungsi penganggaran
  • Kemampuan peramalan keuangan
  • Keamanan data
  • Fungsi keselamatan
  • Fitur pencadangan data

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, pastikan Anda tahu persis apa yang dibutuhkan bisnis Anda. Software akuntansi saat ini memiliki banyak fitur dan layanan mulai dari mengelola hutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dll. Semakin banyak fungsi yang ada, semakin mahal perangkat lunaknya. Jadi akan lebih bijak jika Anda bisa memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perangkat Lunak Akuntansi Terbaik Yang Direkomendasikan Untuk Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih software akuntansi terbaik yang tepat untuk bisnis Anda. Software akuntansi adalah sesuatu yang bisa dikatakan agak subjektif karena kebutuhan setiap perusahaan pasti berbeda.

Sebagian besar usaha mikro atau menengah sudah dapat melakukan fungsi dasar seperti pembuatan faktur, rekonsiliasi bank, melacak pendapatan dan pengeluaran, dan menghasilkan laporan keuangan. Namun, perusahaan yang lebih besar tentu membutuhkan software akuntansi terbaik yang dapat melakukan lebih banyak fungsi.

Mayoritas perangkat lunak akuntansi yang ada saat ini menawarkan fitur dan fungsi yang sama. Satu-satunya masalah adalah faktor kenyamanan menggunakan perangkat lunak ini, termasuk hubungannya dengan anggaran.

Berikut adalah beberapa rekomendasi nama software akuntansi terbaik untuk digunakan sebagai pilihan untuk penggunaan bisnis di kemudian hari.

1.Quickbooks

Intuit perusahaan induk didirikan sekitar tahun 1983. Quickbooks sendiri, di sisi lain, tidak diluncurkan sampai tahun 2002, diikuti oleh Quickbooks Online dua tahun kemudian.

Quickbooks

Quickbooks saat ini memiliki 2,2 juta pengguna di 225 negara. Salah satu hal yang paling menonjol tentang Quickbooks adalah sistem pelaporan, yang memberikan gambaran singkat tentang kinerja keuangan perusahaan. Pengalaman Pengguna Quickbooks (UX) sangat mudah dipahami dan enak dipandang.

2.Sage Intacct

Pendiri Sage bekerja dengan mahasiswa dari Universitas Newcastle untuk membuat program pemrosesan akuntansi otomatis. Sage Intacct adalah produk perangkat lunak canggih yang menawarkan fungsi manajemen keuangan, pelaporan, penagihan, dan akuntansi proyek.

Sage Intacct

Bahkan manajemen biaya dan waktu dengan total 13.000 karyawan di 23 negara dan melayani lebih dari 3 juta pengguna perangkat lunaknya.

3.Xero

Software Xero adalah pemenang dari penyedia software akuntansi di British Business Awards 2019. Xero menggambarkan dirinya sebagai software akuntansi yang menawarkan kemungkinan pengguna tanpa batas.

Xero

Didirikan sekitar tahun 2006, perusahaan Selandia Baru Xero memiliki lebih dari 1,8 juta pengguna di 180 negara dan digunakan oleh lebih dari 16.000 akuntan.

Apakah software akuntansi memiliki kelemahan?

Software akuntansi saat ini banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di Indonesia. Namun, jumlah yang tidak menggunakan software ini masih cukup tinggi.

Salah satu penyebabnya adalah software ini tidak dapat sepenuhnya menggantikan pekerjaan seorang akuntan. Selain itu, ada beberapa hal yang dianggap sebagai kelemahan software akuntansi, yaitu:

Beberapa pemilik bisnis menganggap software akuntansi memiliki sistem operasi yang rumit dan membutuhkan perawatan yang rumit. Anggaran yang di butuhkan untuk software akuntansi dinilai terlalu mahal dan tidak dapat menggantikan posisi akuntan. Perangkat lunak ini juga dianggap rentan terhadap kesalahan sistem karena beberapa program komputer terkadang memiliki bug yang berbahaya.

Baca Juga : Potensi Peluang Bisnis Menjanjikan Yang Ada di Indonesia

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat – Software Akuntansi Pilihan Terbaik Untuk Bisnis Anda, dapat di simpulkan bahwa software akuntansi merupakan solusi dalam hal pencatatan keuangan perusahaan. Solusi ini tidak dapat dianggap buruk karena menggunakan perangkat lunak akuntansi tidak hanya nyaman, efektif dan efisien tetapi juga membantu pemilik bisnis untuk beradaptasi dengan apa yang disebut digitalisasi bisnis.

Saat ini sebenarnya sudah banyak penyedia yang menawarkan software akuntansi, sehingga Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih. Pastikan Anda memilih penyedia yang menawarkan software akuntansi terbaik dan ada beberapa jenis yang dapat dipilih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Anda juga harus mengetahui informasi tentang harga perangkat lunak dan penyediaan layanan pelanggan dan keamanan data di dalamnya.

Secara umum software akuntansi yang beredar saat ini terdiri dari dua sistem dasar yaitu yang digunakan secara online atau offline. Jika Anda memilih perangkat lunak offline, Anda harus memasukkan data dan informasi keuangan langsung dari komputer pusat yang terintegrasi ke dalam sistem program. Di sisi lain, perangkat lunak online yang dapat dikontrol dari mana saja dengan kode akses tampaknya lebih praktis. Untuk fleksibilitas ini, perangkat lunak online layak mendapatkan harga yang lebih tinggi.

Pilihlah Software Yang Menawarkan Fungsi Impor Dan Ekspor Data

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan menyangkut tanggal. Kami menyarankan Anda untuk memilih perangkat lunak akuntansi yang menawarkan fungsi impor dan ekspor data dalam bentuk Excel. Ini untuk keamanan data jika terjadi bug atau kesalahan sistem secara tidak terduga pada perangkat lunak.

Jangan pernah meremehkan tampilan dan aksesibilitas perangkat lunak yang mudah digunakan. Sebaiknya Anda juga memilih software dengan tampilan yang sederhana agar mudah dipahami. Karena pada dasarnya aplikasi akuntansi dibuat untuk mempermudah para akuntan atau orang yang tidak memiliki kemampuan dasar akuntansi.

Ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat memilih software akuntansi juga. Belum lagi layanan purna jual yang sangat Anda butuhkan seiring dengan penggunaan software tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin banyak fitur yang ada, semakin banyak biaya yang biasanya Anda keluarkan untuk membeli perangkat lunak.

Jika Anda tidak ingin memikirkan pilihan dan anggaran tanpa akhir, Anda dapat mencoba aplikasi point-of-sales yang dilengkapi dengan fitur akuntansi.