Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya

Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya – perlu diketahui arti dari CRM akhir-akhir ini banyak bermunculan maka dari itu ZamanTekno.com akan membahasnya secara lengkap. Sehingga istilah ini tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pengusaha. Meskipun demikian, masih ada yang bingung dan bertanya-tanya apa itu CRM? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang CRM, simak penjelasannya di bawah ini, OK!

Sebagai sebuah sistem, CRM adalah alat untuk manajemen kontak, manajemen penjualan, proses alur kerja, dan produktivitas. Dengan kata lain, CRM menciptakan sistem pengumpulan data yang membantu bisnis mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan konsumen dengan cara yang terukur.

Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya

Penjelasan Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya Simak Selengkapnya

Meskipun arti CRM mencakup semua aktivitas dan strategi manajemen hubungan pelanggan, kebanyakan orang merujuk pada sistem CRM ketika mereka berbicara tentang CRM. Manajemen hubungan pelanggan memungkinkan organisasi untuk fokus pada hubungan dengan individu, baik itu konsumen, pengguna layanan, pemasok, atau mitra.

Memahami Arti CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)

CRM adalah singkatan dari Manajemen Hubungan Pelanggan. Artinya, semua aktivitas, strategi, dan teknologi yang digunakan oleh bisnis untuk mengelola interaksi dengan pelanggan atau prospek.

Anda mungkin tahu pepatah “Pembeli adalah raja”. Nah, CRM membantu bisnis membangun hubungan dengan konsumen, sehingga menciptakan retensi dan loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa CRM membantu meningkatkan profitabilitas suatu perusahaan.

Perlu dipahami bahwa CRM sebagai sistem dan alat lebih dari sekedar manajemen penjualan. Faktanya, perusahaan dapat mencapai produktivitas yang optimal ketika mereka mengintegrasikan CRM ke dalam ekosistem bisnis, mulai dari SDM hingga rantai pasokan.

Baca Juga : Potensi Peluang Bisnis Menjanjikan Yang Ada di Indonesia

Pahami Pentingnya Arti Sistem CRM Bagi Perusahaan

Tentu saja, jika Anda ingin bisnis Anda bertahan dalam jangka panjang, Anda memerlukan strategi. Mungkin Anda sudah memiliki tujuan bisnis, tujuan penjualan, atau tujuan keuntungan.

Namun, terkadang tidak mudah untuk selalu up to date dan memilah-milah informasi yang dapat dipercaya untuk membawa perusahaan ke tujuannya. Bagaimana Anda memilih aliran informasi dari tim penjualan, layanan pelanggan, tim pemasaran hingga hasil pemantauan media sosial menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan? Menerapkan sistem CRM dalam sebuah perusahaan memberikan gambaran yang jelas tentang konsumen. Anda dapat melihat semua informasi konsumen di satu tempat.

Ini seperti memiliki dasbor yang sederhana dan dipersonalisasi. Di sana Anda dapat melihat seluruh riwayat interaksi dengan konsumen, mulai dari status pesanan pelanggan hingga masalah apa pun yang mereka sampaikan melalui layanan pelanggan.

Menginput Informasi Dari Media Sosial Konsumen

Bahkan, Anda bisa menginput informasi dari media sosial konsumen. Misalnya minat mereka atau apa yang mereka bagikan tentang perusahaan Anda. Ini memberi tim pemasaran gambaran yang lebih baik tentang aliran penjualan dan potensi penjualan di masa depan. Selain itu, tim pemasaran dapat mengembangkan perkiraan yang lebih akurat.

Sebagai seorang pengusaha, Anda juga melihat lebih jelas tentang peluang dan perspektif yang berbeda. Selain itu, Anda bahkan dapat mengikuti proses dari mengajukan pertanyaan kepada konsumen hingga melakukan transaksi penjualan.

Meskipun sistem CRM sebagian besar digunakan sebagai alat penjualan atau pemasaran, tim layanan pelanggan juga dapat memperoleh banyak manfaat dari sistem ini. Misalnya, konsumen dapat menyampaikan keluhan melalui media sosial seperti Twitter atau Instagram. Selanjutnya, keluhan ditanggapi di saluran yang lebih pribadi, sebut saja telepon atau email.

Tanpa sistem manajemen yang baik, tim layanan pelanggan dapat kehilangan jejak informasi dan interaksi. Alhasil, mereka bisa bertanya dan meminta konsumen mengulangi pernyataan tersebut.

Hal ini tentunya akan membuat konsumen tidak nyaman dan melihat perusahaan kurang responsif. Dengan sistem CRM, hal ini dapat dihindari karena semua interaksi di berbagai platform didokumentasikan dengan baik. Jika Anda berpikir Anda tidak memerlukan sistem CRM karena bisnis Anda relatif kecil, Anda salah. Bahkan perusahaan kecil bisa mendapatkan keuntungan dari sistem ini.

Sistem CRM penting Karena Dapat Membantu Bisnis

Baca Juga : Tren Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Di Tahun 2022

1.Pengetahuan

Seperti disebutkan, CRM dapat menjadi media bagi bisnis untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan mereka. Pahami siapa pelanggannya dan mengapa mereka membeli produk yang Anda tawarkan.

Bahkan, Anda dapat memantau tren dalam riwayat pembelian konsumen. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen dan memastikan kebutuhan tersebut terpenuhi.

Penggunaan sistem CRM yang efektif juga dapat menawarkan keuntungan strategis bagi perusahaan. Dengan data yang terorganisir, perusahaan dapat memilih penerima yang tepat dari materi promosi atau promosi. Menarik bukan?

2.Terorganisir

Alasan lain mengapa menerapkan sistem CRM penting adalah untuk membuat bisnis lebih efisien dengan mengkompilasi dan mengotomatisasi berbagai aspek bisnis.

Contohnya termasuk otomatisasi kampanye pemasaran, analisis bisnis, dan data konsumen. Akibatnya, perusahaan memiliki database yang lebih terorganisir yang lebih mudah dipahami.

3.Optimasi

Terakhir, tetapi tidak kalah penting. CRM memungkinkan bisnis untuk merampingkan interaksi mereka dengan konsumen. Kemudian untuk cara simpelnya tahap interaksi yang serasi, CRM menolong tingkatkan kepercayaan konsumen.

Manfaat CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan)

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa sistem CRM menawarkan keuntungan yang sangat nyata bagi perusahaan, seperti: B. Bantuan dalam meningkatkan keuntungan. Tapi apa keuntungan CRM bagi perusahaan secara detail? Yuk, lihat di bawah ini!

Manfaat CRM

Mengidentifikasi Dan Mengkategorikan Pelanggan Potensial

Salah satu manfaat utama CRM adalah membantu bisnis mengidentifikasi pelanggan potensial dengan cepat dan mudah. Selain itu, sistem ini mampu mengkategorikan mereka secara akurat.

Ini memungkinkan Anda membuat penawaran yang dipersonalisasi, mengurangi waktu respons, dan memungkinkan tim penjualan untuk segera merespons peluang penjualan. Dengan informasi yang lengkap, akurat, dan terpusat tentang pelanggan dan prospek, tim penjualan dapat memusatkan perhatian dan energi mereka pada pelanggan yang tepat.

Meningkatkan perusahaan direkomendasikan oleh pelanggan

Pemahaman yang lebih baik tentang konsumen memudahkan perusahaan untuk melihat peluang penjualan. Bahkan, bisnis memiliki peluang untuk menarik pelanggan baru melalui referensi dari pelanggan setia.

Dengan informasi yang lebih baik, Anda juga dapat menjaga kepuasan pelanggan secara optimal. Ingatlah bahwa konsumen yang bahagia biasanya kembali dan menjadi pelanggan. Secara umum, pelanggan membeli 33% lebih banyak dari konsumen lain.

Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan

Salah satu manfaat CRM yang sering diabaikan adalah kemampuannya untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dalam organisasi bisnis. Oleh karena itu, Anda akan menemukan wawasan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.

Misalnya, mengetahui persis bagaimana konsumen memandang bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan penawaran yang diberikan, menyelesaikan masalah yang dilaporkan, dan mengidentifikasi kesenjangan antara harapan dan persepsi konsumen.

Fungsi CRM (Manajemen Hubungan Pelanggan) Untuk Perusahaan

Platform CRM membantu bisnis menargetkan audiens yang beragam, menetapkan tujuan, dan menerima pemberitahuan berdasarkan masukan dari konsumen individu. Selain itu, bisnis juga dapat secara proaktif terlibat dengan konsumen dan membangun hubungan tersebut.

Selain itu, arti dalam CRM dapat digunakan oleh semua tim internal dari berbagai area organisasi bisnis. Tujuannya agar semua tim yang terlibat dalam bisnis dapat merespon konsumen berdasarkan data yang akurat dan terpercaya.

Namun, harus diakui bahwa perusahaan memperoleh manfaat yang berbeda dari penerapan sistem CRM. Meskipun demikian, berikut adalah beberapa fitur CRM yang penting untuk bisnis.

1.Pelaporan Tepercaya

Data adalah bagian penting dari bisnis dan Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber. Sebutkan beberapa sumber data seperti Google Analytics, perangkat lunak perusahaan, aplikasi khusus, dan teknologi CRM.

Sayangnya, tidak semua data berguna untuk bisnis kecuali jika diurutkan, dianalisis, dan dibuat dengan cara yang dapat ditindaklanjuti. Di sinilah sistem CRM berperan. Sistem CRM membantu Anda menganalisis data dan metrik secara menyeluruh. Jadi Anda dapat mengandalkan sistem CRM jika Anda menginginkan data yang akurat.

Dengan sistem ini, Anda dapat menyusun, mentabulasi, dan mengatur data sehingga fungsi pelaporan lebih mudah diinterpretasikan. Ini adalah salah satu fungsi CRM yang paling penting dan menawarkan keuntungan lain melalui data yang berarti.

Manfaat lain: Anda dapat melihat siapa yang berinteraksi dengan bisnis Anda dan bagaimana mereka berinteraksi. Misalnya, prospek mengisi formulir di halaman arahan setelah melihat iklan di media sosial.

Anda juga dapat melihat laporan tentang peluang penjualan, interaksi Anda dengan konsumen, tren penjualan, dan kualitas tim layanan pelanggan Kcreate.

2.Dasbor Menampilkan Data Visual

Anda dapat dengan mudah menggunakan Microsoft Excel sebagai alat untuk mengelola bisnis Anda. Namun, ini berarti Anda harus memasukkan data secara manual, mengidentifikasi data penting, lalu membuat bagan untuk merepresentasikan data tersebut.

Sementara itu, sistem CRM dapat melakukan semua pekerjaan untuk bisnis Anda. Segera setelah Anda berinvestasi dalam mengimplementasikan platform ini, Anda akan segera mendapat manfaat dari fungsi dasbor lengkap. Akses ke dashboard juga bisa didesain dengan cara ini. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa dasbor untuk setiap anggota tim yang memiliki akses ke sistem CRM.

Misalnya, kepala pemasaran membutuhkan metrik pemasaran dan jumlah klik yang dihasilkan oleh kampanye pemasaran. Dasbor dapat diatur untuk menampilkan informasi ini dengan segera.

Sementara itu, manajer penjualan membutuhkan lebih banyak informasi tentang jumlah penelepon per jam dan berapa banyak yang melakukan konversi dalam bentuk rapat atau demo. Nomor tersebut bisa berupa data yang selalu ditampilkan di dashboard. Intinya, setiap pengguna dapat mengatur dasbor untuk menampilkan data yang paling relevan dengan pekerjaan mereka.

Baca Juga : Contoh Lengkap Jenis Surat Lamaran Kerja Terbaru

3.Membantu Menjangkau Konsumen Secara Personal

Pada akhirnya, karena Anda terus mengumpulkan data tentang audiens, pasar, dan industri Anda, Anda dapat membuat pesan yang lebih relevan dan pribadi bagi konsumen. Pesan dapat dikirim secara manual atau otomatis. Konten dinamis dan otomatisasi pesan digunakan untuk ini, Anda dapat mengelompokkan konsumen dengan minat yang sama dan kemudian mengirim kampanye yang sesuai.

Membantu Menjangkau Konsumen Secara Personal

Jadi, Anda memiliki kemampuan untuk membuat email otomatis yang menjangkau konsumen tertentu dan mendorong konsumen untuk melakukan transaksi. Misalnya, jika seseorang merencanakan rencana perjalanan ke Thailand, Anda dapat mengirim email tentang merencanakan perjalanan Asia Tenggara daripada email tentang perjalanan secara umum.

Otomatisasi dalam sistem CRM juga dapat mengecualikan konsumen dari daftar audiens dalam kampanye pemasaran. Misalnya, jika konsumen telah memesan tiket untuk bepergian ke Thailand, kampanye yang terkait dengan perjalanan ke Asia Tenggara akan otomatis berhenti dikirimkan ke konsumen tersebut.

4.Berikan Layanan Proaktif

Sama seperti data CRM membantu Anda menjangkau konsumen secara lebih pribadi, sistem ini juga dapat meningkatkan kinerja tim penjualan atau layanan pelanggan Anda. Ketika tim penjualan melihat minat pelanggan, mereka dapat memenuhi kebutuhan pelanggan atau secara proaktif memecahkan masalah. Hal yang sama berlaku untuk tim layanan pelanggan.

Selain penghematan waktu dan tenaga, konsumen juga akan merasa dihargai ketika tim penjualan atau layanan pelanggan benar-benar memahami kebutuhan mereka dan bertindak proaktif. Pada akhirnya, hal ini tentunya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

5.Proses Bisnis Yang Lebih Efisien

Otomatisasi adalah salah satu fitur CRM penting untuk bisnis. Otomatisasi membuat proses bisnis menjadi lebih efisien. Bahkan, Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga. Daripada membuang waktu secara manual mengirim email kepada konsumen, seluruh tim dalam organisasi bisnis dapat fokus pada hal lain yang lebih penting.

Misalnya, tim pemasaran berfokus pada pembuatan kampanye yang terasa sangat dekat dengan konsumen, menganalisis data, dan mencoba berbagai strategi berdasarkan data yang tersedia.

Di sisi lain, tim penjualan berfokus pada penjualan produk atau layanan kepada konsumen. Sementara itu, tim layanan pelanggan mencurahkan waktu dan energi untuk menjawab pertanyaan, masalah, atau kebutuhan konsumen yang kompleks. Secara keseluruhan, sistem CRM membantu bisnis melayani konsumen dengan lebih baik.

6.Membuat Kolaborasi Lebih Mudah

Percakapan, interaksi, kebutuhan, catatan, dan bahkan informasi kontak didokumentasikan dalam sistem CRM. Jika sistemnya berbasis cloud, data selalu diperbarui. Dengan cara ini, semua orang di organisasi bisnis dapat dengan mudah melihat data dan dengan cepat membuat keputusan yang diperlukan. Selain itu, beberapa sistem CRM dilengkapi dengan fitur kolaborasi, memungkinkan banyak orang untuk mengakses dan memperbarui data secara bersamaan.

Ini berarti bahwa setiap orang yang memiliki akses ke sistem CRM dapat bekerja sama pada kumpulan data umum. Misalnya, saat tim penjualan berbicara dengan pelanggan dan menerima informasi baru, mereka dapat menambahkan data ke dokumen tentang pelanggan tersebut atau membuat catatan tertentu. Jadi semua orang bisa bekerja berdasarkan data terkini.

Baca Juga : Poin Penting Agar Proyek Crypto Lancar Di Bear Market

Kesimpulan

CRM merupakan alat bagi pelaku bisnis untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen dan sangat strategis. Dampak penerapan sistem CRM dapat dirasakan secara signifikan bagi perusahaan yaitu peningkatan keuntungan.

Mengapa demikian? Karena salah satu keunggulan CRM adalah dapat mengidentifikasi konsumen. Ini bukan hanya tentang siapa atau bagaimana konsumen berinteraksi dengan bisnis, tetapi juga kebutuhan dan masalah yang dihadapinya.

Berdasarkan informasi ini, – Arti Dari CRM Dan Pahami Fitur dan Fungsinya – bagi perusahaan dapat bereaksi dengan tepat dan dengan demikian meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan pemikiran ini, wajar saja jika menerapkan sistem CRM pada akhirnya akan membantu meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Fungsi CRM juga sangat diminati dalam operasi bisnis sehari-hari. Dari menyajikan laporan tepercaya hingga memberikan wawasan hingga menghadirkan dasbor yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan tanggung jawab dan peran individu dalam organisasi bisnis.