Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya

ZamanTekno.com Penjelasan Sisi Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya – Banyak komponen yang di perlukan agar perangkat komputasi berfungsi dengan baik. Software, firmware dan hardware adalah beberapa komponen pendukung.

Tidak seperti perangkat lunak, perangkat keras atau perangkat keras memiliki bentuk fisik yang dapat di identifikasi dengan jelas dan dapat di bedakan dari komponen lainnya. Karena itu, perangkat keras adalah perangkat yang sering di hubungi orang.

Penjelasan Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya

Simak Penjelasan Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya

Tetapi apakah Anda benar-benar memahami apa itu perangkat keras? Pada artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang istilah perangkat keras dalam sistem komputer, beserta contoh dan fiturnya. Tonton sampai habis, ya!

Baca Juga : Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023

Apa Itu Perangkat Keras (HardWare)?

Perangkat keras adalah komponen fisik yang dibutuhkan perangkat komputasi agar dapat berfungsi dengan baik. Seperti layar monitor, motherboard, mouse dan komponen lain yang digunakan dalam menjalankan komputer.

Tidak seperti “perangkat keras” lainnya, perangkat keras dalam sistem komputer mencakup papan sirkuit tercetak, atau PCB. Papan sirkuit terbuat dari plastik atau fiberglass yang menampung IC (Integrated Circuit).

Dengan sirkuit yang terintegrasi bersama, mereka kemudian membentuk fungsi yang dapat membantu komputer bekerja. Dengan bantuan software dan firmware yang ada tentunya.

Anda dapat menemukan perangkat keras yang berisi papan sirkuit ini dari layar komputer yang Anda gunakan untuk melihat halaman artikel ini ke mouse yang Anda gunakan untuk menggulir halaman situs.

Ada Beberapa Jenis Perangkat Keras dan Definisi Contoh dan Fungsinya

Jika mengacu pada apa itu perangkat keras, ada banyak jenis perangkat yang dapat di kategorikan sebagai perangkat keras. Untuk itu perlu dilakukan pembagian lagi jenis-jenis perangkat keras agar dapat lebih mudah membedakannya.

Setidaknya ada empat jenis perangkat keras yang di gunakan dalam sistem komputer:

  • Input perangkat keras untuk mendapatkan data mentah;
  • Perangkat keras pemrosesan untuk memproses instruksi data mentah menjadi informasi;
  • Output perangkat keras untuk penyebaran data dan informasi;
  • Perangkat keras penyimpanan untuk penyimpanan data dan informasi.

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang jenis perangkat keras beserta contohnya:

Perangkat Keras Masukan (Input)

Lalu perangkat keras input adalah jenis komponen perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data mentah, di kategorikan sebagai perangkat input. Sehingga perangkat keras input membantu mengelola data seperti teks, gambar, dan rekaman audio visual. Selain itu, perangkat keras jenis ini juga mendukung proses transfer file antar komputer.

Contoh perangkat keras masukan:

  • Perangkat Penunjuk: Mouse, touchpad, layar sentuh, layar multi-sentuh, input pena, sensor gerak, tablet grafis, smartboard interaktif, dan pemindai sidik jari.
  • Perangkat input audio: mikrofon dan keyboard midi.
  • Periferal Bluetooth: Keyboard, mouse, headset, gamepad, atau printer dengan Bluetooth.
  • Perangkat Visual dan Pencitraan: Webcam, kamera digital, camcorder digital, pemindai biometrik, dan pembaca kode batang.
  • Perangkat jaringan: Perangkat keras Ethernet dan Bluetooth atau perangkat keras nirkabel.

Perangkat Keras Pemrosesan

Perangkat keras pemrosesan adalah komponen inti dari peralatan komputer. Jenis perangkat keras ini mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat di baca untuk membuat perangkat komputasi bekerja seperti yang Anda inginkan.

Contoh perangkat keras pemrosesan:

  • Unit Kontrol
  • Jenis perangkat keras ini mengelola dan memantau pengoperasian prosesor dan komponen lain yang penting untuk proses penanganan data.

Satuan Aritmatika Dan Logika

Unit Aritmatika dan Logika atau ALU bertanggung jawab atas semua operasi aritmatika dan logika seperti operasi penjumlahan, perkalian, pengurangan, pembagian, dan perbandingan logika.

Register Dan Cache

Jenis perangkat keras ini adalah lokasi memori di dalam prosesor yang merespons instruksi dari pengontrol dengan memindahkan data yang relevan selama pemrosesan.

Perangkat Keras Keluaran (OutPut)

Komponen perangkat keras yang mendistribusikan dan menampilkan data dan informasi termasuk dalam kategori keluaran perangkat keras. Jenis perangkat keras ini memiliki dua jenis yaitu soft copy dan hard copy.

Baca Juga : Pelajari Sistem Informasi Geografi Dengan Konsep GIS

Contoh perangkat keras keluaran:

Edisi Softcopy

Perangkat keras yang menghasilkan tampilan visual, suara, atau jaringan. Seperti tampilan proyeksi, papan pintar interaktif, headphone dan earphone, kabel Ethernet, flash drive, serta drive eksternal dan drive optik.

Edisi Hardcopy

Perangkat keras yang menghasilkan sesuatu dalam bentuk fisik yang nyata. Seperti printer dot matrix, printer 3D, printer inkjet, printer laserjet dan printer thermal.

Perangkat Keras Penyimpanan

Storage hardware adalah komponen yang menyimpan data yang tergolong sebagai storage device. Perangkat ini di bagi menjadi penyimpanan utama dan sekunder.

Contoh Perangkat Keras Penyimpanan:

Memori utama: Termasuk DRAM, SRAM dan ROM.

Penyimpanan Sekunder: Termasuk hard drive, solid-state drive, drive optik, flash drive, dan drive eksternal.

Fungsi Perangkat Keras

Untuk lebih memahami apa itu perangkat keras, berikut ini adalah beberapa fungsi perangkat keras dalam sistem komputer:

Terima Masukan (Input)

Peran pertama dari perangkat keras adalah sebagai penerima input yang di berikan oleh pengguna perangkat atau pengguna.

Misalnya, ketika Anda menghidupkan CPU dengan menekan tombol “ON” untuk menghidupkan komputer.

Memberikan Keluaran (Output)

Peran penting lainnya dari perangkat keras adalah menyediakan serangkaian fungsi atau keluaran yang di butuhkan pengguna perangkat setelah menerima masukan. Outputnya adalah untuk pengguna dan satu set perangkat lunak bawaan.

Tempat Menyimpan Informasi Dan Data

Pernahkah Anda mengalami kegagalan pada perangkat komputasi Anda, karena beberapa komponen perangkat keras mengalami kerusakan. Hal ini di karenakan perangkat keras juga berperan sebagai tempat penyimpanan informasi dan data seperti SD Card dan RAM.

Jika komponen ini rusak, perangkat Anda, antara lain, tidak akan dapat membaca data dan tidak lagi berfungsi dengan baik.

Pengolahan Informasi Dan Data

Perangkat keras tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan data dan informasi, tetapi juga sebagai tempat untuk mengolah data dan informasi agar dapat terbaca di layar komputer Anda.

Sudah tahu apa itu perangkat keras?

Sama halnya dengan perangkat lunak dan firmware, perangkat keras merupakan komponen yang memegang peranan penting dalam sebuah sistem komputer. Tanpa perangkat keras, perangkat komputasi yang Anda gunakan tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Baca Juga : Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini

Kesimpulan

Ada berbagai jenis perangkat keras, di bagi menjadi empat bagian: perangkat keras input, perangkat keras pemrosesan, perangkat keras keluaran, dan perangkat keras penyimpanan.

Nah setelah mempelajari keempat jenis perangkat keras tersebut, Anda lebih mengetahui – Penjelasan Sisi Hardware Dari Definisi Contoh dan Fungsinya-kan?