Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini

ZamanTekno.com – Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini – Media apa yang Anda gunakan untuk mengakses artikel di blog ini? Bisa menggunakan handphone, komputer atau laptop, kan? Ada begitu banyak jenis media yang dapat Anda pilih untuk mengakses internet.

Kebebasan Anda untuk menggunakan perangkat pilihan Anda saat mengakses artikel di blog ini adalah salah satu contoh dampak revolusi teknologi. Pernahkah Anda mendengarnya?

Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini

Awal Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini

Zaman revolusi teknologi dimulai pada awal tahun 1980-an dan berlanjut hingga saat ini. Psst, apakah Anda tahu itu? Revolusi teknologi menandai dimulainya era informasi di dunia, lho. Blog telah merangkum jalur revolusi teknologi selama ini dalam bentuk timeline yang tentunya mudah dipahami.

Baca Juga : Pelajari Sistem Informasi Geografi Dengan Konsep GIS

Arti Dari Revolusi Teknologi

Istilah revolusi teknologi mengacu pada perkembangan seputar teknologi dari elektronik analog dan perangkat mekanis hingga teknologi digital yang dapat Anda temukan saat ini. Revolusi teknologi juga kadang disebut sebagai revolusi industri ketiga. Simak informasinya di bawah ini,

Dimulai Tahun 1947-1979 Perubahan Revolusi Teknologi

Pada tahun 1947, perangkat yang di kenal sebagai transistor di temukan oleh tiga ilmuwan di Bell Laboratories. Transistor sendiri merupakan perangkat yang mengatur sinyal elektronik, menggantikan tabung vakum yang sebelumnya banyak di gunakan.

Hal ini membuka peluang berkembangnya komputer digital yang lebih kompleks, hingga akhirnya sistem komputerisasi tersebut di gunakan oleh pemerintah, militer, dan organisasi lainnya pada tahun 1950-an hingga 1960-an.

Perubahan Perubahan Revolusi Teknologi di 1980-an

Dalam dekade ini, komputer telah menjadi mesin yang banyak di gunakan di berbagai bidang pekerjaan, tidak hanya di pemerintahan, militer atau organisasi besar. Sejak tahun 1980-an, kemampuan mengoperasikan komputer telah menjadi kebutuhan bagi banyak pekerjaan.

Ponsel pertama kali di perkenalkan ke publik pada dekade ini, tepatnya tahun 1983. Penjualan ini di lakukan di Amerika dengan harga selangit. Munculnya ponsel pertama yang di rilis ke masyarakat umum adalah Motorola bernama Motorola DynaTAC 8000X. Ponsel ini memiliki waktu bicara 30 menit, dapat tetap dalam mode standby selama 6 jam dan dapat menyimpan 30 nomor telepon. Wow! Ini jelas sangat berbeda di bandingkan dengan ponsel Anda saat ini, ya! Bentuknya juga sangat besar, agak menyerupai telepon umum. Anda tidak akan bisa memakainya dengan nyaman, oke?

Perubahan Revolusi Teknologi Pada Tahun 1990-an

Pada awal 1990-an, 1991 tepatnya, World Wide Web, jaringan konten online dalam format Hypertext Markup Language (HTML) dan dapat di akses melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP).

World Wide Web, lebih sering disingkat “Web,” pertama kali di rancang oleh Tim Berners-Lee ketika dia menjadi kontraktor di CERN, sebuah organisasi Eropa yang di dedikasikan untuk penelitian nuklir. Pada tahun 1992 World Wide Web diperkenalkan kepada publik.

Baca Juga : Potensi Peluang Bisnis Menjanjikan Yang Ada di Indonesia

Pada tahun 1996, Internet mulai dikenal luas dan menjadi sesuatu yang biasa digunakan untuk kegiatan bisnis. Kemudain pada akhir dekade ini, Internet telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi separuh penduduk Amerika, lho!

Memasuki Abad 20 Perubahan Revolusi Teknologi Semakin Berkembang

Selama dekade ini, revolusi teknologi mulai menyebar ke seluruh dunia. Ponsel bukan lagi barang yang sulit di temukan. Jumlah pengguna internet di seluruh dunia juga meningkat pesat. Industri televisi juga memiliki dampak besar. Televisi tidak lagi menggunakan sinyal analog, menggantikannya dengan sinyal digital.

Puncak Perubahan Revolusi Teknologi 2010 Hingga Sekarang

Pada awal dekade ini, Internet di gunakan oleh lebih dari 25% populasi dunia. Selain itu, komunikasi seluler telah menjadi bagian yang sangat penting mengingat 70% populasi dunia sudah memiliki ponsel!

Tentu saja, itu tidak mengejutkan, ya. Apalagi jika di bandingkan dengan kondisi saat ini di tahun 2019. Kini, hanya satu orang saja yang bisa memiliki banyak perangkat teknologi, semuanya terkoneksi internet sepenuhnya. Mulai dari handphone, komputer, laptop, tablet hingga jam tangan pintar. Wow!

Baca Juga : Tren Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Di Tahun 2022

Kesimpulan

Bagaimana dengan diri Anda sendiri Berapa banyak perangkat yang dapat Anda hubungkan untuk bermain skating di dunia maya? Belum lagi anda yang sudah mulai membutuhkannya untuk berbagai keperluan termasuk sekolah, bahkan balita muda pun kini sudah mahir menggunakan handphone.

Menurut Anda seperti apa – Sejarah Perubahan Revolusi Teknologi Sampai Saat Ini – dalam dekade berikutnya, yang jika Anda hitung, tidak akan bertahan lama? Pasti lebih keren kan? Apakah kamu siap untuk ini