Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023

ZamanTekno.comPrediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023 –  Apa tren TI tahun 2023 nanti apakah masih sama dengan tahun sebelumnya? Dari waktu ke waktu, perkembangan teknologi dunia semakin berkembang, apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 meningkatkan tren digitalisasi teknologi. Dimana hampir semua pekerjaan dilakukan secara online di rumah.

Oleh karena itu, masyarakat global juga perlu mewaspadai perkembangan dan kemajuan teknologi yang terjadi saat ini. Terlepas dari kenyataan bahwa teknologi dapat memudahkan berbagai aktivitas manusia, tidak dapat dipungkiri juga menciptakan ancaman tersendiri, mulai dari tingkat keamanan data pribadi dan lain-lain.

Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023

Simak Penjelasan Dari Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023

Perkembangan teknologi juga dapat dimanfaatkan oleh institusi dan perguruan tinggi, termasuk universitas. Selain itu, universitas juga merupakan pusat inovasi untuk perubahan melalui teknologi. Tren teknologi apa yang kemudian akan muncul di tahun 2022?

Pandemi Covid-19 akan terus mempengaruhi kehidupan kita dalam beberapa hal pada tahun 2022. Pandemi ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pasar industri di seluruh dunia dan telah menyebabkan perubahan teknologi yang signifikan di bidangnya atau teknologi baru dari waktu ke waktu. Perkembangan ini dapat membantu mengatasi tantangan global dan membuat hidup lebih mudah di tahun-tahun mendatang.

Berikut Daftar 10 Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023 Yang Harus Ketahui

Tentu saja, teknologi berkembang dari waktu ke waktu. Kehadiran COVID-19 juga berhasil berdampak pada transformasi digital. Nah, Tren teknologi apalagi yang akan di luncurkan dan mendominasi si tahun 2023 mendatang?

Sepanjang tahun 2021, masyarakat di seluruh dunia telah beradaptasi dengan new normal atau kenormalan baru akibat kehadiran COVID-19. Adaptasi terjadi tidak hanya dalam sosialisasi dan interaksi dengan orang lain, tetapi juga dalam dunia teknologi. Sepanjang tahun, semua sektor masyarakat global ditantang untuk melakukan digitalisasi sejalan dengan perkembangan dan tren teknologi saat ini.

1.Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

AI merevolusi ekonomi dan membuat hidup kita lebih mudah dengan mengoptimalkan tugas-tugas kompleks dan membuat prediksi untuk masa depan. Sistem AI memonitor sebagian besar pada ilmu kedokteran, manufaktur, pendidikan, dan mobilitas. Perusahaan yang mengerjakan AI adalah Google, Tesla dan IBM.

Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Beberapa keterampilan yang Anda perlukan adalah pemrograman Python, matematika, pembelajaran mesin, dan pembelajaran mendalam. Laporan dari Global Tech Outlook memproyeksikan pertumbuhan AI di pasar fashion dari US$228 juta pada 2019 menjadi US$1.260 pada 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 40,8 persen dari perkiraan periode tersebut.

Baca Juga : Tren Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Di Tahun 2022

2.Cloud Komputing

Nah, kalian pasti sudah mengalami di 2021 yaitu terbukti menjadi momen penting untuk cloud computing. Karena tahun sebelumnya memberikan banyak fleksibilitas bagi perusahaan untuk terus beroperasi dalam menghadapi Covid-19.

Maka dari itu cloud komputing akan menjadi yang terdepan dalam semua teknologi. Karir komputasi awan membutuhkan pengetahuan tentang database, pemrograman, Linux, jaringan, dan API.

3.Blockchain

Istilah Blockchain yakni dari fitur teknologi modern dengan masa depan yang cerah. Blockchain saat ini merevolusi hampir setiap sektor seperti perbankan, kesehatan dan politik. Perusahaan yang menggunakan blockchain adalah HSBC, Barclays dan Walmart. Keterampilan yang harus Anda miliki adalah kriptografi, struktur data dan jaringan komputer.

4.Keamanan Cyber

Security Cyber sudah di lakukan oleh sejumlah perusahaan dalam segi keaman data. Karena telah merebaknya pandemi Covid-19 telah menyebabkan peningkatan jumlah serangan siber di seluruh dunia. Beberapa organisasi menjadi korban serangan dunia maya, seperti Facebook, LinkedIn, dan Yahoo.

Keamanan Cyber

Oleh karena itu, bidang keamanan siber menjadi sangat penting di zaman modern ini. Beberapa perusahaan cyber terbaik adalah Cisco, Microsoft dan IBM. Bekerja di bidang ini membutuhkan keterampilan seperti pengetahuan tentang sistem operasi, jaringan, virtualisasi dan pemrograman.

5.Internet of Things

IoT singkatan dari Interet of Things merupakan teknologi futuristik yang di akui akan kewajiban sosialnya dan teknologi IoT tumbuh sebesar 31% setiap tahun dan ada laporan bahwa akan ada 30 miliar perangkat IoT pada tahun 2022.

Sehingga IoT telah membantu perusahaan meningkatkan operasi layanan dan keuntungan untuk perusahaan seperti IBM, GE dan Verizon. Keterampilan IoT yang paling di tuntut adalah Machine Learning dan AI, Python dan JavaScript, Big Data dan Node.js.

6.Jaringan 5G

Kita hidup di dunia di mana sejumlah besar data perlu dikirim dengan cepat, dan sekarang dengan munculnya koneksi konferensi video yang andal dan bandwidth yang lebih baik, penggunaan 5G sangat penting.

Menurut Asosiasi GSM, jaringan 5G diperkirakan memiliki lebih dari 1,7 miliar pelanggan di seluruh dunia pada tahun 2025. 5G juga akan memungkinkan kemajuan signifikan dalam IoT dan realitas virtual.

7.Komputasi Kuantum

Sistem komputasi kuantum menggunakan sifat-sifat fisika kuantum untuk melakukan perhitungan dan simulasi. Dimana dari yang tidak mungkin dilakukan dengan mesin komputasi kuantum tradisional yang hanya digunakan untuk tujuan penelitian.

Komputasi kuantum dapat mengubah beberapa industri biologi, medis dan perubahan iklim seperti Google, Microsoft dan IBM. Untuk mempelajari komputasi kuantum, Anda harus terbiasa dengan pemrograman, matematika, mekanika, komputasi ilmiah, dan algoritme.

8.Big Data dan Analisis

Pengelompokna database melonjak di tingkat yang belum di alami terjadi sebelumnya di penjuru dunia. Data besar dan analitik memungkinkan Anda untuk menyimpan, memproses, menganalisis, dan memahami sejumlah besar data menggunakan teknologi ini.

Big Data dan Analisis

Teknologi ini dapat membantu sektor apa pun, baik itu meningkatkan kualitas layanan kesehatan atau mendeteksi perusahaan penipuan yang menggunakan data besar dan analitik untuk menjalankan bisnis mereka, seperti Netflix, American Express, Amazon, dan Google.

Beberapa skill yang dibutuhkan untuk menguasai Big Data & Analytics adalah Hadoop, SQL, Spark, Python dan Excel. Berdasarkan penelitian Frost dan Sullivan, pasar Big Data & Analytics diperkirakan akan tumbuh 4,5x. Pendapatan pasar Big Data & Analytics dari US$14,85 miliar pada 2019 bisa mencapai US$68,09 miliar pada 2025.

9.Augmented Reality dan Virtual Reality

Zaman teknologi saat ini sudah semakin maju dan canggih, hingga banyak orang bersosialisasi melalui teknologi AR atau Virtual Reality. Sehingga dari Augmented Reality (AR) menggabungkan elemen dunia nyata dengan elemen virtual, sedangkan Virtual Reality (VR) menciptakan lingkungan yang sepenuhnya virtual.

Potensi AR dan VR tidak berhenti di industri hiburan, tetapi juga mentransformasi beberapa sektor lain seperti medis, olahraga, militer, dan pendidikan. Perusahaan yang sering menggarap AR dan VR merupakan Qualcomm, Samsung, Microsoft, dan Apple.

Kemudian beberapa skill yang harus di miliki untuk AR dan VR yaitu 3D modeling, computer vision, software development dan programming sesuai pasar AR dan VR, yang akan memasuki berbagai industri baru dan berbagai konsultan khusus. Potensi pasar untuk teknologi ini di perkirakan mencapai $1,274 miliar pada tahun 2030.

10.Robotika

Dan yang terakhir menurut Zaman Kami Robotika merupakan industri penting yang akan mendapatkan momentum dari waktu ke waktu di tahun-tahun mendatang. Bidang robotika akan menawarkan banyak hal kepada dunia, termasuk tren seperti pabrik pintar, robotika tangkas dan cobot, hanya untuk beberapa nama perusahaan yang aktif terlibat dalam bidang robotika ini adalah Boston Dynamic dan Universal.

Robotika

Kemudian beberapa keterampilan robotik yang harus Anda miliki adalah Python, Matlab, pemecahan masalah, matematika, dan pembelajaran mesin. Tren dan target industri robotika pada tahun 2022 akan menarik untuk di tonton karena pasar robotika laboratorium global di perkirakan akan mempercepat CAGR sebesar +7,5% dan mencapai pendapatan $4,8 miliar pada tahun 2026.

Baca Juga : Jenis Teknologi Di Kehidupan Manusia Zaman Sekarang

Kesimpulan

Hal ini membuktikan bahwa teknologi mampu mendisrupsi hampir sebagian besar sektor perekonomian. Maka dari itu, begitu pentingnya buat orang-orang di zaman modern untuk beradaptasi untuk teknologi masa kini. Mulai tahun 2022, Forbes telah mengumumkan transformasi digital tahun 2022.

Bagaimana – Prediski Tren Teknologi Tahun Ini Hingga 2023 mendatang? Apakah masih sama atau malah lebih canggih dalam segi fiturnya. Terimakasih udah berkunjung.