Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Tips Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Sukses di Pekerjaan Pertama

Masa transisi dari dunia sekolah atau dunia perkuliahan ke dunia kerja merupakan salah satu proses yang harus dilewati semua orang dalam menjalani kehidupan. Dimana Anda akan menghadapi atau memasuki dunia yang sama sekali baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Saat masih berada di sekolah pasti mungkin Anda sebagai pelanggan, Anda mengeluarkan uang untuk mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas.
 
Namun, ketika sudah bekerja Anda berubah yaitu sebagai penyedia layanan. Perusahaan akan memberikan gaji kepada Anda untuk memberikan layanan yang baik. Di sekolah Anda masih mempunyai kendali waktu, namun di tempat kerja semuanya beralih ke atasan Anda. Di sekolah mungkin Anda banyak sekali menyerap informasi tenang bagaimana cara meraih kesuksesan di dunia kerja. 
 
Namun, saat sudah terjun ke dunia kerja tata cara meraih kesuksesan justru menjadi hal yang sulit untuk dijabarkan. Dengan mempelajari segala hal yang diperlukan untuk perusahaan baru menjadi hal yang paling penting yang harus Anda lakukan. Berikut ini merupakan strategi agar bisa mendapatkan kesuksesan di tempat kerja pertama Anda.

Tips Meraih Sukses di Pekerjaan Pertama

10 Tips Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Sukses di Pekerjaan Pertama

1. Menerima Status Sebagai Pemula

Kebanyakan pelajar atau mahasiswa mereka kerap tidak sabar saat sudah mendapatkan pekerjaan dengan beban yang berat. Jangan sampai menolak apabila disuruh untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat apabila baru saja masih dunia kerja. Karena jika Anda masih pemula, maka semua rekan kerja tidak akan langsung percaya dengan Anda dalam memberikan tanggung jawab yang besar. 
 
Hal tersebut merupakan sebuah ujian atau tantangan yang harus Anda lewati. Apabila Anda sudah bisa memberikan kontribusi positif untuk perusahaan, maka lama kelamaan rekan kerja atau bahkan atasan akan lebih percaya dalam memberikan tanggungjawab yang lebih besar lagi kepada Anda.

2. Menjaga Hubungan Baik Dengan Bos

Bos merupakan seseorang yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan dan keberhasilan Anda di perusahaan. Apabila Anda ingin mempercepat kesuksesan saat bekerja di perusahaan, maka cara yang paling efetif yaitu dengan membangun hubungan kerja yang baik dengan bos. 
 
Maka dari itu, usahakan Anda mengetahui apa saja yang disukai bos dan apa yang dia harapkan dari Anda. Setelah itu, usahakan melakukan pekerjaan yang diharapkan oleh bos dan jangan sampai mengecewakannya. Untuk itu, menjalin hubungan yang baik dengan bos menjadi hal yang paling penting Anda lakukan ketika baru saja bekerja.

3. Tunjukkan Sikap Positif

Mempunyai sikap positif merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan di dunia kerja. Melakukan aktivitas setiap hari di tempat kerja dengan cara menunjukkan sikap positif menjadi salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai karir dengan benar. Hampir semua orang akan lebih suka bekerja dengan orang yang ceria, antusias, suportif dan siap untuk belajar. Apabila sikap tersebut ada pada diri Anda, maka kemungkinan karir Anda akan berkembang lebih besar.

4. Mau Belajar

Pemimpin perusahaan tidak berharap lebih Anda harus tahu segalanya tentang industri dalam perusahaan. Tetapi yang mereka inginkan yaitu Anda sebagai pemula harus mempunyai kemauan untuk terus belajar. Luangkan waktu Anda untuk belajar tentang berbagai macam hal, contohnya mempelajari apa, mengapa, dan bagaimana proyek dan prosesnya agar berjalan dengan baik. Jika ada hal yang belum Anda pahami, maka jangan sungkan untuk bertanya dan juga tunjukkan inisiatif melalui riset Anda sendiri.

5. Membangun Etos Kerja

Sebagai pekerja pemula, mempunyai etos kerja yang kuat dapat menunjukkan bahwa Anda serius dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Karyawan yang mampu berkomitmen terhadap kualitas pekerjaannya merupakan karyawan yang sangat pantas dipelihara dan pantas untuk dinaikkan jabatannya.

6. Menghormati Budaya Perusahaan

Budaya dalam perusahaan merupakan cara Anda dalam melakukan sesuatu di perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan ada yang mempunyai budaya yang baik dan ada juga yang tidak baik. Sebisa mungkin Anda harus bisa menghormati budaya yang ada di perusahaan dan yang perlu diketahui, Anda tidak akan bisa mengubah budaya sebuah perusahaan seorang diri. Perubahan budaya dalam organisasi pasti membutuhkan waktu yang lama dan harus datang dari atasan.

7. Kelola Karir Anda

Tidak ada seorang pun yang peduli dengan karir Anda, kecuali diri Anda sendiri. Sebisa mungkin Anda harus menjadi pemimpin bagi karir sendiri, dan semua perjalanan karir Anda merupakan tanggungjawab Anda. Apabila Anda peduli dengan diri sendiri, maka akan semakin cepat dalam menaikkan jabatan di perusahaan.

8. Membangun Jaringan

Kesuksesan dalam karir bukanlah apa yang Anda ketahui atau siapa saja yang Anda kenal, namun tentang siapa saja orang yang sudah mengenal Anda. Buatlah titik awal yang baik untuk memulai dalam membangun jaringan professional. Perkenalkan diri Anda kepada rekan kerja dan sebisa mungkin bangun hubungan yang baik di seluruh perusahaan, bukan hanya di perusahaan Anda saja. Membangun jaringan yang baik akan membantu Anda kedepannya untuk lebih maju dan berkembang dalam perusahaan.

9. Tunjukkan Penampilan Seperti Orang Yang Profesional

Semua orang pasti akan sangat mementingkan penampilan. Penampilan fisik, dan virtual Anda harus menunjukkan bahwa Anda merupakan karyawan yang professional dan bisa menghormati diri sendiri, pekerjaan dan organisasi Anda. Apabila Anda masih kesulitan dalam berpenampilan, maka bisa melihat sekeliling organisasi dan industri untuk meniru gaya penampilan orang yang sudah sukses. Penampilan virtual juga menjadi hal yang sangat penting, contohnya membuat profil media sosial menjadi lebih baik lagi.

10. Bekerja Lebih Ekstra

Di dunia kerja, pasti atasan akan lebih memperhatikan dan menghargai karyawannya yang bekerja lebih ekstra dan bersemangat. Anda bisa menawarkan bantuan untuk membantu dan terlibat dalam proyek kapanpun Anda bisa. Atasan akan selalu menghargai komitmen dan kerja keras yang Anda lalukan. Jangan ragu meluangkan waktu untuk kerja tambahan, karena itu tidak akan menghancurkan kehidupan Anda, bahkan akan terbayar di kemudian hari.