Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

Meningkatnya timbunan lemak dan penyumbatan di arteri disebabkan karena tingginya kadar koleterol yang ada dalam darah. Ketika kadar kolesterol HDL atau biasa disebut dengan kolesterol baik rendah, dan kolesterol LDL atau disebut juga kolesterol buruk tinggi, sudah bisa dipastikan Anda mempunyai resiko lebih tinggi mengalami penyumbatan dan plak aterosklerotik. 
 
Dari kondisi tersebut biasa disebut dengan hiperkolesterolemia. Apabila mengalami gangguan tersebut biasanya akan mempengaruhi kesehatan jantung. Nah, bagi Anda yang ingin mencegahnya, maka bisa perhatikan beberapa cara berikut ini dengan baik.

Tips Menurunkan Kolesterol

6 Tips Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah

1. Rajin Berolahraga

Gaya pasif otomatis bisa menurunkan kadar kolesterol HDL. Selain itu, kadar kolesterol HDL juga bisa meningkatkan kolesterol jahat yang ada di arteri. Nah, untuk menghindari hal tersbeut, sebaiknya Anda melakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit seminggu, agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga, contohnya jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

2. Hindari Merokok

Ternyata merokok juga bisa menurunkan kolesterol HDL. Terlebih jika seseorang yang mempunyai kadar kolesterol yang tidak sehat juga merokok, pasti resiko mengalami penyakit jantung coroner akan semakin besar dari yang seharusnya. Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. 
 
Untuk itu, mulai dari sekarang usahakan jangan merokok dan jika Anda masih merokok kurangilah secara teratur. Apabila Anda sudah bisa berhenti merokok, maka bisa menurunkan kolesterol LDL, dan juga bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL.

3. Jaga Berat Badan

Berat badan yang terlalu berlebihan juga bisa meningkatkan kolesterol tinggi. Untuk itu, usahakan berat badan Anda selalu ideal agar kondisi tubuh selalu terjaga. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengurangi makan-makanan gorengan atau minuman manis. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi sayur dan buah untuk mengontrol berat badan agar menjadi lebih ideal.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Cara terbaik yang harus Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol yaitu dengan cara mengurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans. Anda harus bisa membatasi lemak jenuh hingga kurang dari 6 persen. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi lemak dengan cara membatasi asupan susu dan daging merah. Apabila Anda ingin tetap mengkonsumsi susu, maka pilihlah susu yang bebas lemak atau susu krim. Untuk menjaga kadar kolesterol, Anda bisa mengkonsumsi sayuran, buah-buahan,, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

5. Kurangi Stres

Apabila Anda terlalu stress, maka bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat atau biasa disebut dengan LDL dalam tubuh. Selain itu, stres juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mempertahankan kolesterol baik atau HDL. Tidak hanya itu saja, stres ternyata juga bisa menicu respon hormon adrenalin yang bisa meningkatkan kadar trigliserida, sehingga yang terjadi yaitu kadar kolesterol jahat atau LDL akan meningkat. Untuk itu, Anda harus bisa mengontrol tingkat stres agar bisa menurunkan kolesterol tinggi secara alami. Caranya yaitu dengan melakukan meditasi, latihan fisik, yoga dan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

6. Tidur Yang Cukup

Kualitas tidur yang buruk juga bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh manusia. Jika Anda kurang tidur, maka bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dikarenakan orang yang biasanya cenderung ngemil atau makan lebih banyak, kurang bergerak, dan stres ketika kurang tidur. Nah, pastikan tidur Anda sudah cukup dan berkualitas agar bisa menurunkan kolesterol secara alami.  
 
Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol dengan baik. Apabila kolesterol Anda masih muncul padahal Anda sudah melakukan berbagai macam cara, maka bisa berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi.