Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun Keatas Dengan Mudah

Bagi sebagian orang, saat sudah memasuki usia 40 tahun memang menjadi tantangan tersendiri. Karena di usia tersebut, kondisi tubuh akan semakin mengendur bahkan berat badan akan terus naik tanpa ada penyebab yang pasti, baik itu kesalahan dalam asupan makan atau bahkan pola makan yang salah. Dalam hal ini kecenderungan tubuh untuk menimbun lemak biasanya sering dikaitkan dengan proses metabolisme tubuh yang semakin lama semakin lambat seiring bertambahnya usia. 
 
Banyak orang yang mengatakan bahwa melakukan diet di usia 40 tahun ke atas menjadi hal yang sia-sia. Penambahan berat badan di usia 40 tahun ke atas bisa disebabkan karena banyak faktor, salah satunya yaitu karena kehilangan massa otot kurang lebih sekitar 1 persen setiap tahunnya. Dari massa otot yang hilang, pasti akan semakin mempengaruhi kecepatan metabolisme dalam tubuh, terlebih dalam proses membakar kalori saat sedang istirahat. 
 
Dengan demikiran bisa disimpulkan, semakin menurun kecepatan metabolisme, maka akan semakin menurun jumlah kalori yang dibakar. Bagi Anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas, itu bukan hal yang mustahil ketika ingin menurunkan berat badan. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut ini agar bisa memandu Anda dalam menurunkan berat badan di usia 40 tahun dengan aman dan nyaman.

Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

8 Tips Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun Keatas Dengan Mudah

1. Jangan Memaksakan Diet

Apabila Anda berusia 40 tahun, maka jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan diet dengan jalan instan, karena itu justru akan membuat Anda menderita kelaparan bahkan berat badan bisa meningkat drastis. Ketika Anda mengurangi porsi makan secara tiba-tiba, secara otomatis tubuh akan terpancing masuk ke mode survival, dimana seluruh asupan makanan pasti akan langsung disimpan menjadi lemak daripada dibakar mejadi kalori. 
 
Jadi, yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengurangi porsi makan sedikit demi sedikit agar tidak terjadi permasalahan yang serius. Selain itu, yang harus diperhatikan yaitu tubuh harus diberi nutrisi secara lengkap agar proses metabolisme tubuh tidak terganggu.

2. Perbanyak Buah dan Sayur

Memperbanyak asupan buah dan sayur setiap hari memang menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain bisa menahan lapar, buah dan sayur justru bisa menambah nutrisi tanpa kandungan lemak dan kalori yang berlebihan seperti halnya daging.

3. Kurangi Makan Gorengan

Di usia 40 tahun Anda harus bisa menahan makan-makanan yang berbau gorengan, karena jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka berat badan akan semakin bertambah. Usahakan Anda menghindari makan-makanan tersebut agar proses penurunan berat badan semakin lancar. Sebaiknya Anda mengolah sajian dalam proses mengukus, memanggang atau bahkan membakar.

4. Hindari Minuman Dengan Kadar Gula Berlebih

Minuman yang mempunyai kadar gula tinggi yaitu seperti kopi, teh, cokelat dan minuman bersoda. Di usia 40 tahun usahakan Anda meninggalkan minuman-minuman yang sangat beresiko tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa lebih banyak minum air mineral, karena itu justru akan menyehatkan tubuh dan tidak mengandung efek samping.

5. Perbaiki Pola Tidur

Banyak sekali orang yang sudah berusia 40 tahun sangat kacau dalam mengatur pola tidur. Padahal pola tidur yang tidak baik justru akan membuat berat badan Anda semakin bertambah hari demi hari. Apabila Anda mengalami insomnia atau susah tidur, maka cobalah untuk melakukan bantuan dari tenaga medis agar kedepannya bisa memperoleh kualitas tidur yang maksimal.

6. Kembangkan Massa Otot

Semakin banyak massa otot, maka akan semakin banyak pula lemak tubuh yang terbakar. Untuk itu, lakukanlah olahraga secara rutin setiap harinya agar bisa mengembangkan massa otot. Anda bisa pergi ke pusat kebugaran jasmani untuk memperbaiki kualitas olahraga atau bahkan bisa datang ke tempat fitness dan menggunakan beban dalam melatih fisik. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ke tempat fitness, maka bisa melakukan olahraga mandiri di rumah dengan alat seadanya.

7. Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau memang sangat bermanfaat dan sangat mendukung program diet. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda mengkonsumsinya setiap hari. Selain itu, teh hijau juga terbukti bisa mendorong proses metabolisme dalam tubuh Anda, dan juga bisa membantu tubuh dalam membakar lemak. Manfaat lain dari teh hijau yaitu bisa menjaga kelembaban tubuh, serta bisa menjauhkan Anda dari penyakit kulit.

8. Cek Tiroid Anda

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan pada kelenjar tiroid Anda. Mintalah pertolongan pada medis untuk mengecek. Apabila kelenjar tiroid tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka bisa menyebabkan kelelahan, sakit pada otot, dan depresi. Hal tersebut bisa menjadi penyebab bertambahnya berat badan.
 
Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun. Jangan sampai tubuh Anda kesulitan dalam melakukan aktivitas hanya karena berat badan yang semakin bertambah. Selalu jaga kesehatan walaupun umur semakin tua, dan jangan sampai usia tua Anda mudah terkena penyakit.