Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir Agar Lebih Efektif

Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang sudah menjadi salah satu fase yang pasti akan dialami di dunia perkuliahan. Pada fase ini semua mahasiswa akan ditunggu oleh tugas akhir atau skripsi. Selain itu, mereka juga harus menghadapi berbagai macam revisi dari skripsi yang sudah dibuat, bahkan harus melakukan magang di perusahaan. Dalam fase tingkat akhir menjadi mahasiswa, bisa dikatakan sebagai waktu yang sangat menegangkan atau krusial, karena di masa ini menjadi penentu masa depan Anda setelah lulus kuliah dalam melanjutkan ke dunia kerja. 
 
Meski sudah berada di tingkat akhir, namun tidak semua hal menyedihkan atau membuat Anda menjadi stres. Ada berbagai macam hal yang bisa Anda lakukan    ketika sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir agar tidak stres dan bisa lebih siap dalam menghadapi masa depan. Berikut penjelasannya.

Tips Menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir

6 Tips Menjadi Mahasiswa Tingkat Akhir Agar Lebih Efektif

1. Membuat Daftar Aktivitas Yang Akan Dilakukan

Saat malam hari sebelum tidur, sebaiknya Anda membuat daftar atau list kegiatan apa saja yang akan dilakukan di hari berikutnya. Anda bisa mengurutkan dari mana saja kegiatan atau aktivitas yang ingin dilakukan, mulai dari yang sangat mendesak sampai yang tidak. Setelah itu, tulislah apa saja yang bisa mengambat serta solusi yang bisa Anda lakukan. Apabila Anda sudah membuat list kegiatan sehari-hari, maka langkah menuju kehidupan yang selanjutnya akan lebih mudah. Jangan sampai Anda tidak mempunyai rencana yang akan dilakukan di hari tersebut, karena itu hanya akan membuat hidup Anda menjadi sia-sia.

2. Berhenti Menunda

Yang harus Anda perhatikan yaitu jangan sampai menunda pekerjaan atau tugas pada saat sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir. Semakin sering Anda menunda, maka akan semakin banyak pula tugas atau pekerjaan yang nantinya harus Anda selesaikan. Lebih baik cicil tugas atau pekerjaan dari awal agar nantinya saat di akhir tidak kerepotan dalam mengerjakannya dan akan lebih ringan. Contonya dalam mengerjakan skripsi, jangan sampai Anda mengerjakannya karena terdesak oleh waktu, karena itu akan membuat hasil skripsi Anda kurang maksimal. Usahakan setiap hari harus ada progres yang Anda lakukan.

3. Lawan Rasa Takut

Bagi sebagian mahasiswa, seringkali merasa cemas ketika mengerjakan tugas yang dianggap sulit. Hal tersebut bisa menjadi penghambat Anda dan membuat tidak produktif ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir. Cobalah meluangkan waktu setidaknya selama 30 menit untuk fokus dalam mengerjakan tugas. Namun, apabila Anda meras cemas atau bahkan stres, maka bisa beristirahat sejenak dengan tujuan agar bisa membuat pikiran menjadi lebih segar.

4. Cintai Diri Sendiri

Tidak ada seorang pun yang bisa mengenali diri Anda kecuali Anda sendiri. Maka dari itu, ketika menjadi mahasiswa tingkat akhir, lebih baik untuk mencoba mulai mengenali diri sendiri agar lebih mudah dalam menjalankan sesuatu dengan baik. Anda juga harus bisa memahami setiap batasan yang dimiliki. Selain itu, jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain, karena setiap orang pasti mempunyai proses dan kehidupan yang berbeda-beda. Apabila Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka yang terjadi yaitu Anda akan menjadi stres dan akhirnya tidak percaya diri dengan apa yang sedang dilakukan.

5. Hiburan

Hampir semua mahasiswa tingkat akhir mereka merasa jenuh dan stres dengan beban skripsi atau tugas akhir yang tidak kunjung selesai. Tetapi, jangan sampai itu semua membuat diri Anda menjadi tertekan karena itu akan membuat Anda semakin terpuruk. Untuk itu, Anda bisa meluangkan waktu paling tidak seminggu sekali untuk melakukan hiburan. Dengan hiburan, maka pikiran Anda akan menjadi lebih fresh dan tubuh juga menjadi segar kembali.

6. Persiapan Setelah Lulus Kuliah

Kehidupan Anda tidak hanya di bangku kuliah saja, tetapi kedepannya pasti akan menghadapi kehidupan yang sebenarnya setelah lulus kuliah. Sebagai mahasiswa tingkat akhir, maka Anda harus sudah menentukan arah dan tujuan hidup setelah lulus nanti. Jangan sampai ketika sudah wisuda, Anda tidak tahu tujuan hidup mau dibawa kemana. Lebih baik rencanakan itu semua mulai dari sekarang agar nanti setelah lulus tidak terlalu bingung menghadapi kehidupan.
 
Nah, itulah tips menjadi mahasiswa tingkat akhir agar lebih efektif. Manfaatkan waktu kuliah sebaik mungkin dan gunakan untuk hal yang bermanfaat. Bagi Anda yang sekarang sudah hampir selesai kuliah, maka jangan pernah putus asa dan tetap selesaikan skripsi dengan baik agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal.