Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Menjadi Anak Muda Yang Sukses Tanpa Menyandang Gelar Sarjana

Pendidikan merupakan salah satu modal paling penting agar bisa mengejar semua impian dalam hidup. Tetapi, bukan berarti orang yang berpendidikan rendah atau tidak mendapatkan gelar sarjana tidak bisa meraih kesuksesan. Pada kenyataannya, jaman sekarang sudah banyak orang yang bisa suskes besar walaupun mereka tidak mengantongi gelar sarjana. Jadi, jangan jadikan patokan bahwa dengan mendapatkan gelar sarjana Anda bisa sukses. 
 
Apabila Anda tidak diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan ke perguruan tinggi, maka jangan berkecil hati karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar kedepannya menjadi orang yang sukses dan bisa melebihi mereka yang mendapat gelar sarjana. Untuk itu, lakukanlah beberapa cara di bawah ini agar Anda bisa mengejar semua mimpi di usia muda walaupun tidak menempuh bangku perkuliahan.

Tips Sukses di Usia Muda Tanpa Kuliah

7 Tips Menjadi Anak Muda Yang Sukses Tanpa Menyandang Gelar Sarjana

1. Bangun Pikiran Bahwa Anda Pasti Akan Sukses

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menanamkan kepercayaan diri bahwa Anda kedepannya bisa menjadi orang sukses. Dengan mempunyai rasa optimis yang tinggi, maka secara otomatis itu akan mendorong Anda untuk bisa melakukan banyak hal. Banyak sekali penelitian yang membuktikan bahwa dengan mempunyai pikiran yang optimis akan menciptakan perbedaan besar dalam mencapai kesuksesan.

2. Tentukan Apa Saja Yang Anda Inginkan

Tidak menempuh bangku kuliah bukan menjadi masalah besar, tetapi pastikan Anda sudah mengetahui apa saja yang akan Anda capai di masa depan. Tentukan terlebih dahulu hal yang ingin dicapai, lalu cari tahu bagaimana cara untuk mencapai impian tersebut. Walaupun Anda hanya sebatas lulusan SMA, namun jika mempunyai tujuan hidup dan impian yang jelas pasti kedepannya bisa sukses.

3. Perbanyak Networking

Saat masih SMA, tidak ada salahnya Anda membangun networking dengan siapa saja, karena apabila Anda mempunyai banyak teman, maka akan lebih memudahkan dalam berinteraksi untuk kedepannya. Setelah Anda lulus SMA dan mempunyai banyak relasi, maka Anda bisa berkolaborasi dengan teman tersebut untuk melakukan suatu hal yang bisa membangun masa depan. Dalam mencari teman jangan sampai pilih-pilih, karena semua orang tentunya sama, tinggal Anda sendiri yang harus menyesuaikan dengan lingkungan mereka.

4. Jadilah Kreatif

Kreativitas menjadi modal utama dalam meraih semua impian. Saat masih SMA usahakan Anda selalu berfikir kreatif terutama tentang masa depan. Jangan hanya sebatas bermain saja, tetapi Anda sudah harus bisa memikirkan tentang hal yang akan Anda lakukan setelah lulus nanti. Apabila kreativitas Anda tinggi, maka akan lebih mudah dalam menjalankan kehidupan, bahkan Anda bisa mengalahkan teman Anda yang menempuh bangku perkuliahan.

5. Manfaatkan Internet dan Media Sosial Dengan Bijak

Dengan adanya internet dan media sosial, maka peluang untuk menjadi sukses saat usia muda sangat besar. Anda bisa melakukan apa saja hanya bermodalkan internet dan laptop/Hp. Jaman sekarang mencari uang sangat mudah terutama di internet, dan sudah banyak orang yang membuktikan bahwa internet bisa menjadi ladang penghasilan mereka. 
 
Jika Anda pandai dalam menulis, maka bisa membuat sebuah blog yang nantinya di dalam blog tersebut bisa Anda isi dengan berbagai macam artikel. Dan nantinya Anda bisa menghasilkan uang dari blog tersebut dengan bantuan google adsense atau periklanan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa berjualan online di marketplace atau di media sosial, seperti facebook, Instagram, dan whatsapp.

6. Jangan Pernah Minder

Kebanyakan orang jika tidak menempuh pendidikan ke perguruan tinggi pasti akan minder ketika melakukan segala aktivitas. Anda harus mempunyai pemikiran bahwa kedepannya bisa lebih sukses dibandingkan mereka yang mendapatkan gelar sarjana. Buang jauh-jauh rasa minder tersebut, dan tetaplah fokus pada tujuan yang sudah Anda tentukan. Belum tentu mereka yang sarjana bisa bekerja sesuai dengan passion, bahkan juga ada yang menganggur. Maka dari itu, jangan pernah pesimis atau minder apabila tidak menempuh bangku perkuliahan.

7. Bangun Bisnis

Hampir semua anak muda jaman sekarang berminat dalam membangun sebuah bisnis. Bagi Anda yang tidak diberi kesempatan untuk kuliah, maka membangun bisnis menjadi strategi terbaik untuk meraih kesuksesan. Bayangkan saja 4 tahun membangun bisnis dan 4 tahun kuliah, pasti sangat jauh perbedaannya. Anda akan lebih sukses dadipada teman Anda yang hanya kuliah 4 tahun. Setelah lulus SMA, tidak ada salahnya Anda membangun bisnis, pasti 4 sampai 5 tahun kedepan akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang sudah Anda perjuangkan.
 
Jangan anggap bahwa dengan menempuh bangku perkuliahan semua orang bisa sukses. Banyak sekarang sarjana pengangguran, karena lowongan pekerjaan yang semakin sedikit. Untuk itu, sekali lagi saya tegaskan jangan pernah berkecil hati jika tidak mempunyai kesempatan untuk menempuh bangku kuliah. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan impian.