Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Agar Tenang dan Bisa Sukses Sampai Akhir

Bagi Anda yang sekarang menjadi mahasiswa tingkat akhir pasti akan merasakan betapa tegangnya menghadapi siding skripsi di akhir semester perkuliahan. Rasa tegang dan gugup pasti akan dialami oleh semua mahasiswa, bahkan tidak sedikit mahasiswa yang buyar ketika berhadapan dengan dosen pembimbing, dan mereka menjadi tidak tahu apa yang harus dilakukan. Nah, bagi Anda yang akan menghadapi sidang skripsi, maka tidak perlu tegang karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. 
 
Jangan sampai Anda harus mengulang skripsi atau bahkan nilai siding skripsi jeblok, karena itu hanya akan membuat Anda menjadi lebih lama untuk lulus kuliah. Berbagai macam cara bisa Anda lakukan agar nantinya lebih siap dalam menghadapi sidang skripsi dan penuh dengan ketenangan. Dengan melakukan cara ini, pasti Anda akan lebih siap dengan berbagai macam rintangan yang menghadang dan lebih siap dalam menyandang gelar sarjana. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi sidang skripsi dengan tenang.

Tips Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

8 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Agar Tenang dan Bisa Sukses Sampai Akhir

1. Pahami Betul Materi Skripsi

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara memahami tentang materi skripsi yang sudah Anda buat. Karena ini menjadi poin penting dalam menjalani sidang skripsi. Layaknya sebuah sidang, pasti Anda akan mendapatkan berbagai macam pertanyaan dari dosen penguji, dan itu harus Anda persiapkan jauh-jauh hari. Agar Anda bisa menjawab pertanyaan dengan baik, maka tentu harus ada persiapan yang baik juga ketika menyusun skripsi. Anda tidak harus menghafal setiap kalimat, karena itu hanya akan membuat Anda pusing. 
 
Cukup pahami saja poin penting yang ada di skripsi, mulai dari latar belakang hingga kesimpulan. Nah, biasanya sebagian mahasiswa akan sering lupa ketika sudah berada di depan dosen penguji, maka dari itu buatlah catatan kecil tentang poin penting dalam skripsi agar lebih mudah dalam memahaminya. Sehingga nantinya Anda akan lebih yakin dan percaya diri ketika sudah berada di depan dosen penguji.

2. Konsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Setelah selesai membuat skripsi, maka jangan mudah puas tentang pemahaman isi skripsi. Coba lihat kembali apakah masih ada isi skripsi yang sulit untuk Anda pahami. Jika Anda sendiri sulit dalam memahaminya, maka orang lain pun pasti juga lebih sulit dalam melakukannya. Lebih baik Anda berkonsultasi dengan dosen pembimbing mulai dari sekarang. Segera diskusikan tentang permasalahan tersebut sampai menemukan solusi yang tepat. 
 
Sampai Anda sudah yakin dan benar-benar menguasai tentang isi dari skripsi yang sudah dibuat. Anda juga bisa meminta pertanyaan kepada dosen pembimbing kayaknya dosen penguji agar beliau memberikan pertanyaan tentang skripsi Anda. Sehingga Anda bakal mempunyai bayangan tentang pertanyaan apa saja yang akan diujikan oleh dosen penguji.

3. Tidur Yang Cukup Pada Malam Sebelum Sidang Skripsi

Saat akan menghadapi skripsi, jangan sampai Anda tidur larut malam, karena jika Anda tidur terlalu malam atau begadang, maka sidang skripsi akan menjadi berantakan. Kurang tidur justru akan membuat Anda menjadi sulit untuk fokus. Tidak hanya dalam presentasi saja, tetapi Anda juga akan gagal fokus saat menjawab pertanyaan dari dosen penguji. Maka dari itu, pastikan Anda mempunyai waktu tidur yang cukup, sehingga bisa bangun lebih pagi dan siap untuk menjalankan sidang skripsi.

4. Wajib Sarapan

Hal yang tidak kalah penting saat ingin menghadapi sidang skripsi yaitu dengan mengisi perut di pagi hari. Sarapan memang menjadi hal yang sangat mutlak untuk Anda lakukan menjelang sidang skripsi. Malu rasanya jika perut Anda berbunyi saat sedang melaksanakan sidang skripsi, dan pastinya Anda akan lebih sulit untuk berkonsentrasi. Karena itu, sarapan menjadi hal yang wajib sebelum menjalani sidang skripsi. Sarapan secukupnya saja, yang terpenting perut Anda jangan sampai kosong. Saat sudah sarapan, maka pikiran Anda akan lebih mudah dalam berkonsentrasi dan bisa lebih tenang.

5. Latihan Berbicara di Depan Umum

Agar bisa menghadapi sidang skripsi dengan tenang, Anda harus sudah menguasai public speaking dengan baik. Anda bisa melakukan latihan berbicara di depan umum, dan setidaknya dengan latihan ini bisa membantu dalam menyampaikan materi saat berada di depan dosen penguji. Anda bisa berlatih di depan cermin dan sekaligus dengan membawakan materi dari skripsi Anda tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminta tolong kepada teman untuk menilai saat Anda berbicara di depan umum. Mintalah saran dan masukan tentang gaya Anda saat berbicara di depan umum.

6. Datang Lebih Awal Dari Jadwal

Agar lebih tenang dalam menghadapi sidang skripsi, maka Anda sebaiknya datang ke lokasi lebih awal. Jangan mepet jadwal apalagi sampai telat. Ketika Anda telat, pasti tidak akan bisa membawakan materi dengan maksimal. Datanglah lebih awal, contohnya 30 menit sebelum sidang skripsi dimulai agar semakin siap dalam membawakan materi. Selain itu, Anda akan lebih percaya diri ketika masuk ke ruangan dosen penguji.

7. Cek Semua Peralatan

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan dari peralatan yang akan digunakan untuk sidang skripsi. Mulai dari laptop, file sidang skripsi, sampai LCD proyektor yang nantinya akan digunakan untuk menayangkan presentasi Anda. Pastikan semuanya tidak ada masalah atau kendala, agar sidang skripsi bisa berjalan dengan baik. Namun, apabila ada masalah, maka setidaknya Anda masih mempunyai waktu untuk menyelesaikannya. Dan yang diharapkan yaitu semua peralatan sudah siap untuk menemani Anda saat bertempur dengan dosen penguji.

8. Berdoa dan Meminta Izin Kepada Orang Tua

Tidak ada seorang pun yang bisa sukses tanpa dukungan dan doa dari orang tua. Jadi, sebelum Anda pergi menghadapi sidang skripsi, alangkah baiknya Anda pamit terlebih dahulu dengan orang tua, terutama ibu. Minta mereka untuk mendoakan agar Anda bisa lancar dan sukses dalam menjalani sidang skripsi, karena doa orang tua untuk anaknya pasti akan selalu dikabulkan oleh Tuhan.
 
Dalam menghadapi sidang skripsi, itu semua tergantung dari diri Anda sendiri apakah berfikir negatif atau positif. Jika pikiran Anda selalu positif, maka sesulit apapun materinya pasti akan bisa dibawakan dengan lancar. Yakinlah setiap kerja keras yang Anda lakukan pasti akan berbuah manis di akhir nanti.