Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

Bagi sebagian orang, menginjak usia 30an menjadi hal yang sangat menyenangkan sekaligus juga bisa menjadi babak hidup baru, dimana mereka akan menghadapi kehidupan yang lebih dewasa lagi dengan segenap tuntutan dan tanggungjawab. Pada fase ini, biasanya seseorang akan semakin mendekati kemapanan, baik dalam karir maupun keluarga. 
 
Secara umum, seseorang akan mulai produktif secara finansial sejak umur 24 tahun, maka ketika mereka menginjak umur 30 maka sudah bekerja selama 6 tahun. Dengan masa kerja kurang lebih selama 6 tahun, biasanya sudah cukup untuk menghantarkan seseorang menempati posisi menengah dalam karirnya. Namun, semakin bertambahnya usia, maka kebutuhan akan semakin bertambah, mulai dari kebutuhan kepemilikan rumah, kendaraan sampai tuntutan gaya hidup yang juga lebih tinggi.
 
Bagi mereka yang sudah berumur 30an dan sudah berkeluarga, maka fase ini ditandai sebagai jenis kebutuhan baru khas keluarga muda. Alhasil usia kepala 3 dirasa sudah cukup krusial dalam tahap finansial seseorang. Nah, agar kehidupan Anda nantinya bisa dijalani dengan baik dan tanpa beban yang banyak, maka perhatikan beberapa cara berikut ini untuk bisa meraih kebebasan finansial di usia muda.

Tips Mencapai Kebebasan Finansial

6 Tips Agar Bisa Mencapai Kebebasan Finansial di Usia Muda

1. Menyusun Tujuan Keuangan

Bagi Anda yang sudah berada di usia 30an harus memastikan tujuan keuangan. Umur kepala 3 akan melahirkan banyak sekali perubahan, peran, bahkan tanggungjawab pun akan semakin bertambah. Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengelola keuangan untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak di masa depan. Mulailah menyusun rencana apa saja yang akan Anda wujudkan baik itu dalam jangka pendek, menengah, sampai jangka panjang. 
 
Contoh dari tujuan keuangan jangka pendek yaitu seperti melunasi hutang konsumtif, menyusun dana untuk kebutuhan liburan, sampai pengumpulan dana untuk uang muka rumah. Nah, sedangkan untuk keuangan jangka menengah, contohnya pengumpulan dana untuk persiapan pendidikan anak, dan biaya lainnya. Dan yang terakhir atau tujuan jangka panjang yaitu dengan menabung untuk pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi, dana pensiun dan lain-lain. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih siap dalam menghadapi kehidupan yang selanjutnya.

2. Persiapkan Dana Darurat

Mempunyai dana darurat merupakan salah satu komponen yang sangat penting agar bisa mencapai kebebasan finansial lebih cepat. Apabila status Anda masih lajang, maka harus mempunyai jumlah dana darurat minimal sebesar 3 kali llipat dari nilai pengeluaran setiap bulan. Namun, jika sudah menikah, maka Anda harus bisa meningkatkan jumlah dana darurat paling tidak 6 kali dari nilai pengeluaran setiap bulan. Untuk itu, sisihkan gaji dari bekerja di perusahaan agar kedepannya tidak bingung dengan dana darurat dan akan selalu siap ketika ada kebutuhan mendadak. Selain itu, dengan adanya dana darurat, maka Anda tidak akan mudah tergoda untuk berhutang walaupun itu sedikit.

3. Miliki Asuransi

Jumlah tanggungan yang semakin banyak, otomatis resiko keuangan yang akan ditanggung juga akan semakin besar. Dengan membeli produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, menjadi strategi yang sangat baik untuk membantu Anda dalam mengelola resiko finansial di masa depan. Di usia 30an masih menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk segera mempunyai asuransi karena biaya premi asuransi masih sangat terjangkau dibandingkan Anda membelinya ketika sudah berumur kepala 4. 
 
Apabila posisi Anda sekarang sebagai pencari nafkah yang akan menanggung kebutuhan finansial dalam keluaga, maka mempunyai asuransi menjadi suatu keharusan agar bisa mengelola resiko finansial keluarga kedepannya. Mulai dari sekarang, sisihkan penghasilan setidaknya 10% dari penghasilan tiap bulan untuk biaya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

4. Miliki Rumah Sendiri

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi semua orang agar bisa mendukung keberlangsungan hidup. Maka dari itu, Anda harus mempunyai target untuk memiliki rumah sendiri paling tidak di usia 30 tahun, terlebih jika Anda sudah menikah dan mempunyai anak. 
 
Apabila Anda belum mempunyai rumah, maka tidak ada salahnya mencari rumah kontrakan untuk keberlangsungan hidup beberapa tahun kedepan. Harga rumah semakin tahun pasti akan semakin mahal, namun Anda masih bisa mewujudkan impian tersebut dengan cara memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah atau KPR di Bank.

5. Persiapkan Dana Pensiun

Pada saat Anda berusia kepala 3 maka sudah mencapai puncak produktivitas dan penambahan penghasilan. Maka dari itu, ini menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk mengumpulkan dana pensiun dan penyisihkan penghasilan secara optimal setiap bulannya. Usahakan setiap bulan ada uang yang khusus Anda persiapkan untuk dana pensiun dan nantinya uang tersebut akan sangat berguna di usia 60an saat sudah pensiun.

6. Tidak Ada Masalah Kartu Kredit

Saat awal-awal masih bekerja yaitu sekitar umur 20an, maka Anda masih sangat sering gegabah atau ceroboh dalam memakai kartu kredit. Maka di usia 30an Anda harus bisa menghindari hal seperti itu dan jangan pernah terjadi lagi. Permasalahan pada kartu kredit biasanya berawal dari cara pemakaian yang kurang disiplin dan hanya mengikuti keinginan semata. Ketidakdisiplinan dalam pemakaian kartu kredit juga bisa merugikan Anda sendiri ketika sudah kewalahan dalam membayar tagihan secara penuh.
 
Mempunyai kehidupan yang layak menjadi impian semua orang terlebih bisa bebas finansial di usia muda. Jadi, mulai sekarang gunakan waktu muda Anda untuk bekerja lebih keras lagi dan perbanyak tabungan agar nantinya tidak bingung dalam menghadapi masa depan.