Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Strategi Mempromosikan Bisnis Rumahan Saat Pandemi Agar Semakin Berkembang

Di saat pandemi corona, pasti semua orang dilarang untuk keluar rumah dan harus melakukan semua aktivitasnya hanya di rumah saja, tak terkecuali bisnis. Salah satu jenis bisnis yang banyak diminati saat pandemi corona seperti sekarang ini yaitu bisnis rumahan. Bisa dibilang bisnis ini sangat cocok untuk dilakukan karena bisa dilakukan dari rumah, dan cocok untuk dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Jadi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus keluar rumah. 
 
Mulai dari sekarang Anda harus sudah mencari ide bisnis yang cocok untuk dijalankan di rumah. Setelah itu, buatlah strategi promosi yang tepat agar bisnis Anda kedepannya bisa bersaing dengan bisnis rumahan lainnya. Apabila Anda pebisnis pemula, maka tidak perlu minder karena ada banyak sekali strategi bisnis yang bisa Anda lakukan dengan efektif dan efisien. Berikut ini ada beberapa strategi dalam mempromosikan bisnis di saat pandemi corona.

Strategi Mempromosikan Bisnis Saat Pandemi

5 Strategi Mempromosikan Bisnis Rumahan Saat Pandemi Agar Semakin Berkembang

1. Promosi Langsung Dari Mulut ke Mulut

Cara tradisional ini memang terbilang simpel, tetapi jangan sampai Anda meremehkan cara ini. Meskipun sudah jarang orang yang melakukannya, namun metode promosi dengan cara melakukannya dari mulut ke mulut cukup efektif. Cara ini memang sangat murah dan mudah untuk dilakukan. Tetapi di saat pandemi, Anda harus melakukannya dengan cara yang benar contohnya memakai masker dan selalu menjaga jarak dengan konsumen. 
 
Dalam mempromosikan produk, Anda bisa mendatangi beberapa rumah tetangga atau orang yang ada di desa Anda. Contohnya Anda berjualan kue atau makanan khas lebaran, bisa dengan membagikan tester makanan ke tetangga atau teman kantor. Yang terpenting yaitu jangan lupa menyertakan harga, nomer Hp dan diskon agar nantinya pelanggan mudah dalam menghubungi Anda. Semakin banyak orang yang mengenal produk Anda, maka potensi akan berkembang semakin besar.

2. Manfaatkan Media Sosial

Tidak hanya untuk menghibur diri saja, tetapi media sosial seperti facebook, instagram, whatsapp, line dan lainnya bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Berbisnis lewat media sosial tidak harus membuat akun bisnis baru, cukup dengan menggunakan akun sosmed pribadi yang Anda gunakan setiap hari dan Anda bisa mendapatkan calon pembeli dari kontak atau kerabat Anda. Selain itu, pastikan Anda membuat caption dan foto produk dengan baik agar mendapatkan respon yang baik juga dari pelanggan. 
 
Nah, jika Anda ingin berjualan lewat Instagram, maka harus sudah mempunyai banyak followers aktif, dan cobalah untuk menjadi orang yang kreatif dalam melakukan promosi di media sosial. Namun, apabila followers Anda masih sedikit, maka bisa meminta bantuan orang yang sudah mempunyai banyak followers untuk mempromosikan produk Anda agar kedepannya cepat laris.

3. Jualan di Marketplace

Di jaman digital seperti sekarang ini, jumlah marketplace yang ada di Indonesia sudah semakin banyak dan berkembang. Nah, agar bisnis rumahan Anda cepat mendapatkan konsumen dan mudah untuk didapatkan banyak orang, maka bisa memanfaatkan marketplace sebagai tempat untuk berjualan. Kunci dalam berjualan yaitu Anda jangan pernah malas dalam mencari tahu tentang cara berjualan yang baik di Instagram. 
 
Terlebih dahulu melakukan reset agar nantinya bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. Agar bisnis cepat merambah luas, maka Anda bisa memanfaatkan lebih dari satu marketplace untuk melakukan jualan. Namun, tentu Anda harus menghadapi banyak sekali pesaing di dunia online. Jika Anda mempunyai biaya, maka bisa memasang iklan di marketplace agar nantinya produk yang Anda pasarkan bisa ada di halaman utama pencarian.

4. Pakai Jasa Endorsement

Untuk bisnis rumahan yang sudah masuk kategori kelas menengah atau UKM, maka Anda bisa memaksimalkan promosi dengan biaya khusus seperti memakai jasa endorsement dengan mengajak content creator atau influencer yang sudah terkenal agar bisa mempromosikan produk Anda. 
 
Cara ini sudah terbukti sangat efektif dan tepat sasaran, karena dengan jasa endorsement seperti video testimoni akan mempu mendobrak angka penjualan yang cukup fantastis. Tetapi biaya untuk melakukan promosi dengan cara ini tidaklah mudah, Anda bisa mengumpulkan uang sedikit demi sedikit agar nantinya bisa melakukan jasa endorsement dengan baik.

5. Titip Produk ke Warung

Selain marketplace, Anda juga bisa memanfaatkan warung-warung yang ada di sekitaran tempat tinggal Anda. Sebelum melakukan jastip produk, pastikan Anda sepakat dulu dengan pemilik warung tersebut, dan harus memberikan komisi yang sesuai. Selain itu, perhatikan juga kualitas produk yang ingin Anda pasarkan dan jangan lupa lengkapi dengan kontak person pada kemasan produk. Hal tersebut akan semakin menguntungkan Anda apabila ada banyak sekali pembeli.
 
Apapun produk bisnis yang Anda pasarkan, tetap menjaga kualitas dari produk tersebut. Jangan sampai memberikan harga murah tetapi rasanya tidak karuan, atau bahkan bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Apabila kualitas tetap terjaga dengan baik, maka bisnis Anda akan semakin maju seiring berjalannya waktu. Selain itu, pilihlah strategi marketing bisnis yang sesuai dengan budget Anda. Dalam situasi yang seperti ini, semua pengusaha harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik.