Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Soft Skill Yang Harus Dipersiapkan Agar Mudah Mendapatkan Kerja

Jaman sekarang anak muda seringkali masih saja kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan walaupun sudah mempunyai gelar tinggi. Persaingan yang cukup ketat, ditambah lagi memang sudah banyak yang mempunyai pengalaman dalam dunia kerja. Apalagi perusahaan memang membutuhkan calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman. Dengan hanya bermodalkan ijazah dan pengalaman yang minim, tentunya harus mempunyai kesabaran yang tinggi untuk diterima bekerja. 
 
Namun demikian, hal tersebut tidak menjadi halangan bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan pertama. Solusinya yaitu dengan cara mempelajari berbagai macam hal yang akan mendukung langkah mereka untuk mendapatkan pekerjaan, contohnya mempersiapkan soft skill agar kedepannya bisa meningkatkan kemampuan individu. Nah, yang menjadi pertanyaan yaitu apa saja sih soft skill yang harus dipersiapkan oleh anak muda agar segera mendapatkan pekerjaan yang mereka impikan? Berikut beberapa penjelasannya.

Soft Skill Masuk Dunia Kerja

5 Soft Skill Yang Harus Dipersiapkan Agar Mudah Mendapatkan Kerja

1. Kemampuan Berkomunikasi

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan memperhatikan kemampuan berkomunikasi, karena itu merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam menjalankan bisnis kedepannya. Maka dari itu, hampir semua perusahaan membutuhkan karyawan yang mempunyai skill berkomunikasi yang baik. Selain itu, komunikasi yang efektif juga bisa membuat hubungan kerja yang baik antara Anda dengan rekan kerja yang lain. 
 
Setiap orang yang mempunyai skill berkomunikasi yang baik pasti akan lebih bisa untuk memacu produktivitas. Tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga akan berdampak pada lingkungan sekitar. Apabila Anda selama ini masih menjadi orang yang introvert, maka berusahalah untuk lebih terbuka dalam artian meningatkan kemampuan berkomuniaksi dengan baik dengan orang lain. Selain itu, Anda juga bisa belajar berbicara di depan umum dengan cara mempresentasikan sesuatu agar bisa meningkatkan kemampuan public speaking dan beradaptasi.

2. Problem Solving

Setiap pekerjaan pasti kedepannya akan menemukan hambatannya sendiri. Nah, dari permasalahan yang timbul di dunia pekerjaan, maka Anda dituntut untuk selalu mempunyai skill dalam problem solving, agar permasalahan bisa diselesaikan dengan baik dan efisien. Arus modernisasi jaman sekarang ini mudah sekali berpengaruh terhadap berbagai macam jenis pekerjaan. 
 
Akibatnya perusahaan harus bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, pasti akan muncul banyak sekali masalah yang semakin kompleks dan dinamis, sehingga cara menyelesaikannya juga terbilang sangat rumit. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk mempunyai skill dalam menyelesaikan permasalahan yang kompleks.

3. Kreatif dan Inovatif

Ide yang kreatif menjadi hal yang sangat dibutuhkan perusahaan, karena nantinya akan berhadapan dengan banyak sekali pesaing, dan harapannya yaitu bisa mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Perusahaan akan selalu mencari karyawan yang mempunyai kreativitas yang tinggi agar bisa mendorong perkembangan perusahaan dan mampu menghadapi perubahan pasar yang dinamis. Untuk itu, usahakan Anda mulai dari sekarang mempunyai kreativitas yang tinggi agar kedepannya lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. 
 
Skill tersebut tidak diajarkan di perguruan tinggi, namun Anda jangan khawatir karena jaman sekarang banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kreativitas. Contohnya belajar melalui kegiatan sehari-hari, mengikuti organisasi dan mengikuti kegiatan sukarela. Oleh karena itu, jika Anda masih mau belajar dan berusaha pasti tidak ada kata terlambat.

4. Kemampuan Digital-savvy

Semakin berkembangnya teknologi, membuat Anda dituntut untuk selalu menguasai semua hal, contohnya kemampuan dasar mengoperasikan Microsoft word, excel, power point dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga harus bisa menjadi seorang yang digital-savvy. Perkembangan di dunia digital sangat penting untuk dipelajari, agar kedepannya bisa mendorong pengetahuan Anda pada suatu hal yang lebih efisien. 
 
Misalnya saja Anda harus bisa mengoperasikan internet, dan sosial media, karena jaman sekarang semakin banyak orang yang menggunakan internet. Kemampuan tersebut bisa digunakan sebagai kepentingan marketing, brand awareness dan masih banuak lagi. Sebagai anak muda Anda juga harus melek akan internet agar bisa lebih paham tentang dunia teknologi. Hal tersebut bisa menjadi modal Anda kedepannya dalam mencari pekerjaan, terlebih jika perusahaan yang Anda incar bergerak di bidang digital.

5. Kemampuan Berbahasa Inggris

Banyak sekali perusahaan yang mengharapkan para pelamarnya untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, salah satunya yaitu dengan menguasai bahasa inggris. Skill berbahasa inggris baik itu lisan maupun tulisan menjadi sangat penting untuk dikuasai. Dan itu akan menjadi poin tambahan bagi Anda yang melamar di perusahaan Internasional. Apabila skill berbahasa inggris Anda masih kurang, maka jangan malu untuk terus belajar demi mendapatkan pekerjaan yang sudah Anda impikan. Tidak hanya dalam dunia kerja saja, tetapi kemampuan berbahasa inggris juga sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Itulah soft skill yang harus Anda persiapkan ketika ingin melamar pekerjaan. Tidak hanya skill saja yang harus dipelajari, tetapi Anda juga harus mencari pengalaman dengan cara mengikuti organisasi di kampus maupun di masyarakat. Anda harus bisa memanfaatkan peluang sebaik mungkin dan jangan lupa untuk terus belajar agar bisa bersaing di dunia kerja.