Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Resiko Yang Akan Dialami Saat Membangun Bisnis Bersama Teman

Mempunyai rekan bisnis memang menjadi keuntungan tersendiri, karena Anda bisa bertukar pikiran dengan mereka, bahkan bisnis bisa cepat berkembang. Memulai bisnis sendirian memang agar berat, karena Anda harus bisa membagi waktu semuanya sendirian, bahkan ketika gagal pun tidak ada yang memberikan masukan atau motivasi. 
 
Dengan begitu, pasti Anda langsung mempunyai pemikiran bahwa ingin mengajak teman untuk membangun bisnis bersama. Anda sudah kenal dan dekat dengan teman terlalu lama, bahkan sudah dijadikan sebagai saudara sendiri, dan berbisnis bersama mereka menjadi keputusan yang menarik. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membangun bisnis dengan teman dekat, terlebih dahulu pikirkan resiko yang akan dialami kedepannya. Apakah ada kendala atau bahkan akan berjalan dengan lancar. 
 
Dengan memikirkan hal tersebut, Anda akan lebih siap dalam menanggung beban masalah dalam berbisnis. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa resiko yang akan Anda alami jika membangun bisnis bersama teman.

Resiko Membangun Bisnis Bersama Teman

5 Resiko Yang Akan Dialami Saat Membangun Bisnis Bersama Teman

1. Terlalu Percaya

Berhubung pertemanan sudah berjalan sangat lama dan sudah saling mengenal baik, maka tidak akan ada rasa curiga sedikitpun, bahkan Anda terlalu percaya dengan mereka, begitupun sebaliknya. Sikap terlanjur percaya ini justru akan berdampak kurang baik untuk perkembangan bisnis. Contohnya ketika keinginan tidak sesuai dengan harapan, pasti akan ada pihak yang merasa sakit hati. Bahkan yang lebih parahnya lagi, Anda selama ini terlalu percaya dengan orang yang salah. 
 
Justru teman Anda tersebut melakukan hal yang sangat fatal dalam menjalankan bisnis. Bisa jadi orang yang selama ini Anda percaya untuk bekerjasama membangun bisnis, ternyata mereka sering main belakang. Maka dari itu, bisnis pun akan berantakan dan tidak akan bisa berkembang hanya masalah kepercayaan ini.

2. Belum Tentu Cocok

Cocok saat menjadi teman, akan berbeda halnya saat berbisnis karena Anda dan teman Anda tersebut belum tentu cocok. Semua orang pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda, dan tidak bisa diajak kerjasama dalam satu bidang. Kekurangan ataupun kelebihan masing-masing akan terlihat saat menjalankan bisnis bersama, karena hampir setiap hari Anda menghabiskan waktunya dengannya. 
 
Oleh karena itu, ketika sudah memutuskan untuk berbisnis dengan teman, maka Anda maupun teman Anda tersebut harus bisa saling menerima satu sama lain. Sehingga Anda dan temannya tersebut bisa saling menghargai dan memahami dalam segala situasi.

3. Konflik Keuangan

Pertemanan akan mudah sekali renggang jika sudah berbicara masalah uang, dan uang bisa menyebabkan rusaknya pertemanan. Dalam menjalin rumah tangga saja, pasti sering sekali berselisih hanya karena masalah uang, apalagi dalam hubungan pertemanan. 
 
Maka dari itu, sebelum memulai bisnis Anda harus membicarakan keuangan secara terbuka dengan rekan bisnis agar kedepannya tidak terjadi perselisihan. Terlebih dahulu membuat kesepakatan mengenai modal bisnis, cara mengelola keuangan, sampai membagi keuntungan.

4. Kekuasaan Pada Bisnis Terbagi

Ketika menjalankan bisnis, pasti akan ada pembagian tugas dari masing-masing. Untuk itu, Anda tidak akan bisa menguasai bisnis sepenuhnya karena sebagian pasti akan dikuasai oleh teman Anda. Hal tersebut berarti Anda tidak bisa memutuskan semuanya secara sendirian, dan tentunya harus dibahas secara detail dengan rekan bisnis, salah satunya yaitu tentang pendapatan yang harus dibagi rata. Sehingga Anda tidak bisa bebas seperti pebisnis lain yang membangun bisnis sendiri tanpa partner.

5. Hubungan Pertemanan Menjadi Rusak

Sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan dengan lancar, pasti akan ada saja masalah yang dialami, contohnya perbedaan pendapat saat sedang rapat, kecewa dengan pekerjaan sampai masalah pribadi dengan teman. 
 
Karena sering terjadinya permasalahan, maka kemungkinan besar hubungan pertemanan akan menjadi rusak. Terlebih jika kedua pihak mempunyai sifat keegoisan yang tinggi. Dan akhirnya pasti akan ada salah satu yang lebih memilih untuk mundur atau bahkan bisnisnya diberhentikan selama-lamanya.
 
Itulah resiko yang akan Anda alami jika membangun bisnis bersama dengan teman. Nah, apabila Anda membangun bisnis dengan teman, maka harus selalu menempatkan diri secara professional demi kemajuan bisnis Anda. Namun, di luar bisnis harus bersikap seperti biasa layaknya seorang teman akrab. Tetap jaga pertemanan ketika membangun bisnis bersama, dan jangan sampai pertemanan menjadi rusak hanya karena masalah kecil.