Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Resiko Menjalankan Bisnis Online Yang Harus Diwaspadai Dari Sekarang

Membuka online shop memang terbilang sangat mudah dilakukan di jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini. Anda tidak perlu membuat website sendiri, karena sekarang sudah dimudahkan yaitu dengan cara berjualan di media sosial atau marketplace yang sudah ada hingga saat ini. Selain mudah dijalankan, bisnis online juga memberikan keuntungan yang menggiurkan dimana membuat semua orang ingin menjalaninya. 
 
Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi sekarang juga ada anak SMA bahkan mahasiswa yang sudah berhasil menjalankan bisnis online. Sistem kerjanya pun terbilang santai, karena Anda hanya melakukannya cukup menggunakan Hp dan bisa dilakukan dimana saja. Anda juga yang membuat bisnis online ini menjadi sumber penghasilan utama, karena memang prospek kedepannya sangat menjanjikan. 
 
Namun, dibalik itu semua pasti ada resiko yang akan dialami bagi Anda yang menjalankan bisnis online, karena tidak ada bisnis yang dijalani tanpa adanya resiko. Berikut resiko dalam menjalankan bisnis online yang harus Anda waspadai mulai dari sekarang agar tidak menjadi rugi.

Resiko Dalam Menjalankan Bisnis Online

6 Resiko Menjalankan Bisnis Online Yang Harus Diwaspadai Dari Sekarang

1. Barang Tidak Sesuai Dengan Ekspektasi Pembeli

Dalam penjualan online, pembeli tidak akan bisa memegang produk secara langsung. Mereka hanya bisa melihat gambar yang sudah Anda posting ditambah lagi dengan penjelasan singkat dari Anda saja. Selain itu, mereka juga akan mengetahui kualitas produk melalui deskripsi dan tidak bisa mengukur kualitasnya secara langsung. 
 
Meskipun Anda sudah menjelaskan produk secara detail dan sesuai dengan kenyataan, belum tentu sesuai dengan yang diinginkan oleh pembeli. Terkadang barang yang telah diterima tidak sesuai dengan ekspektasi, dan akhirnya pembeli menjadi kecewa dan menyesal telah membeli produk online.

2. Salah Alamat Pengiriman

Jika produk yang dikirimkan salah alamat, maka yang terjadi yaitu adanya keterlambatan dalam pengiriman produk untuk sampai ke tangan konsumen. Apabila itu terjadi, maka Anda pasti akan menjadi repot karena harus berkali-kali menghubungi jasa pengiriman untuk menanyakan produk yang sudah dikirim. Selain itu, juga konsumen pasti akan marah, karena produk yang dipesan tidak sampai sesuai dengan kesepakatan. 
 
Masalah tersebut memang terlihat sepele, namun seringkali dilupakan mereka yang menjual produk online. Sebelum mengirimkan barang, terlebih dahulu Anda melakukan konfirmasi dengan pembeli mengenai alamat, dan usahakan Anda jelas dalam menulisnya, mulai dari nama penerima, alamat rumah sampai nomer Hp.

3. Barang Rusak Saat Pengiriman

Meskipun Anda sudah memberikan yang terbaik seperti mengemas produk serapi mungkin, namun nasib buruk terkadang tidak disangka. Seperti barang rusak diperjalanan, karena kesalahan di bagian jasa pengiriman dan lain sebagainya. Padahal barang yang Anda kirim sudah bagus dan aman, tetapi karena ketidaktelitian dalam proses pengiriman, akhirnya barang menjadi rusak dan mengecewakan pembeli. Akhirnya banyak sekali pembeli yang meminta ganti rugi atau bahkan Anda harus repot-repot meminta ganti rugi kepada perusahaan ekspedisi.

4. Ditipu Pembeli

Resiko yang paling menyedihkan saat menjalankan bisnis online yaitu ditipu pembeli. Jaman sekarang tidak hanya toko online abal-abal saja, tetapi pembeli abal-abal juga banyak. Dan itu yang akan membuat Anda rugi dan sangat mengkhawatirkan. Contohnya yang sering terjadi yaitu pembeli membuat struk palsu dan mereka mengaku-ngaku sudah transfer padahal belum, atau bahkan pembeli membayar tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. 
 
Maka dari itu, jangan mudah percaya dengan pembeli agar Anda tidak mengalami penipuan. Apabila pembeli sudah mengirimkan bukti transfer, maka Anda harus segera mengeceknya di rekening apakah saldo bertambah atau tidak.

5. Pembeli Yang Tidak Jelas

Melakukan interaksi secara online memang terlihat mudah, tetapi juga ada pembeli yang memanfaatkan itu semua. Mereka ada yang cuma bertanya-tanya tidak jelas tetapi tidak membeli produk, ataupun mereka yang banyak maunya tetapi tidak pernah membelinya. Meskipun begitu, Anda juga harus menyikapi dan melayani konsumen dengan baik, karena itu semua sudah menjadi tanggungjawab Anda sebagai penjual online. 
 
Mungkin saja mereka mau membeli tetapi uangnya belum cukup, jadi hanya sebatas bertanya terlebih dahulu. Oleh karena itu, selalu gunakan kesabaran dalam melayani konsumen dan jawablah semua pertanyaan dari konsumen dengan baik dan jelas. Tunjukkan kesan yang baik, agar suatu saat mereka bisa menjadi konsumen langganan Anda.

6. Produk Sering Tidak Laku

Jaman sekarang saingan dalam bebisnis online sangatlah ketat, bahkan Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli jasa periklanan agar produk Anda tetap laku. Namun, jika Anda masih terkendala dalam modal, maka akan sulit untuk menjual produk terlebih Anda baru saja membuka toko online. Ketika sudah menjual produk secara online, maka Anda harus siap jika kedepannya produk tidak ada yang membeli. Dan itu sudah menjadi hal biasa bagi mereka yang lama berjualan online.
 
Nah, itulah beberapa resiko yang pasti akan Anda alami ketika berbisnis online. Tetapi jangan khawatir dengan semua resiko di atas, karena itu akan hilang ketika Anda mendapatkan keuntungan yang banyak. Jalankan bisnis online dengan baik dan tentunya harus jujur, niscaya konsumen agar berdatangan dan mempercayai toko Anda.