Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Rekomendasi Situs Jurnal Untuk Skripsi Yang Harus Diketahui Mahasiswa Akhir

Berbicara tentang mahasiswa akhir pasti tidak lepas dari yang namanya skripsi. Skripsi merupakan salah satu tugas yang harus segera diselesaikan oleh mahasiswa sebagai syarat untuk lulus menjadi mahasiswa. Dalam proses pengerjaannya, skripsi akan menguras waktu dan tenaga yang cukup banyak terutama dalam memperoleh data penelitian yang pastinya akan sangat menjenuhkan. Terkadang ada mahasiswa yang merasa putus asa ketika membangun skripsi. 
 
Salah satu hambatan dalam menyusun skripsi salah satunya yaitu sumber data penelitian yang masih kurang. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena jaman sekarang sudah ada internet dan di sana banyak sekali situs yang menyediakan referensi data dan informasi lengkap dan tentunya sudah terpercaya. Dengan menggunakan situs ini, pasti Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan skripsi bahkan dalam waktu yang cepat.

Rekomendasi Situs Jurnal Untuk Skripsi

8 Rekomendasi Situs Jurnal Untuk Skripsi Yang Harus Diketahui Mahasiswa Akhir

1. Google Scholar

Google Scholar merupakan salah satu situs buatan google, dimana situs ini menyediakan banyak sekali publikasi ilmiah dan tentunya sangat lengkap. Selain itu, Google Scholar juga menyediakan berbagai macam jurnal online yang bisa Anda akses secara gratis dan kedepannya akan lebih memudahkan Anda untuk mengutip data yang Anda butuhkan sebagai bahan membuat skripsi. Banyak mahasiswa tingkat akhir yang menggunakan Google Scholar sebagai situs andalan ketika menyusun skripsi.

2. Library  Genesis

Library Genesis menyediakan berbagai macam buku digital yang berformat pdf, mobi, hingga ePub dan pastinya sudah sangat lengkap. Di sini Anda bisa mencari jurnal semua prodi kuliah seperti jurusan politik, ekonomi dan bahasa sudah tersedia lengkap di situs ini. Namun, situs Library Genesis ini masih mempunyai kekurangan yaitu Anda harus teliti ketika menulis keywoard, karena filter yang digunakan dalam situs ini kurang akurat saat melakukan download.

3. Microsoft Academic

Bagi Anda yang membutuhkan situs referensi skripsi yang lebih spesifik, maka Microsoft Academic menjadi sebuah situs pilihan yang sangat tepat. Di dalam situs ini juga menyediakan filter-filter yang menjurus ke bidang ilmu yang sangat luas, dan itu akan lebih memudahkan Anda dalam menyelesaikan skripsi nantinya. Selain itu, dalam mencari jurnalnya juga sangat mudah jika dibandingkan dengan situs jurnal penelitian yang lain.

4. Eureka Pendidikan

Eureka Pendidikan merupakan salah satu situs yang memuat sebuah artikel yang berisi pendapat dari para ahli yang berbentuk opini. Dan situs ini berbeda dengan situs lainnya yang menyediakan berbagai jurnal ilmiah. Jika Anda ingin mendapatkan artikel dari situs ini, maka harus mendapatkan ijin terlebih dahulu dari penulis aslinya.

5. Academia

Hampir semua mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya situs Academia, karena banyak sekali dari mereka yang menggunakan situs ini untuk mengerjakan tugas kuliah atau bahkan skripsi. Situs ini banyak sekali memuat tentang penelitian yang dilakukan oleh orang lain. Selain itu, Anda juga bisa memberikan komentar di Academia karena layanannya sudah mirip seperti media sosial.

6. Research Gate

Bagi Anda yang masih penasaran dengan peneliti dari seluruh dunia, maka Research Gate menjadi pilihan yang sangat tepat. Di dalam situs ini Anda bisa dengan bebas bertanya atau bahkan berpendapat melalui forum yang sudah disediakan.

7. OAPEN Library

OAPEN Library merupakan salah satu situs yang hanya fokus pada penelitian dalam ranah sosial humaniora saja. Semua buku yang sudah lolos uji saja yag akan ditampilkan di situs ini, dan pastinya Anda sebagai mahasiswa tidak perlu khawatir karena semuanya sudah terpercaya referensinya.

8. Internasional Journal of Education and Research

IJER atau Internasional Journal of Education and Research merupakan salah satu situs yang mereview jurnal tentang penelitian yang diterbitkan oleh CRC Publications (Kontemporer Research Center). Selain itu, situs ini juga menjadi platform yang bisa diakses oleh para akademisi, peneliti, professional, dan mahasiswa berbagai imu pengetahuan. Jurnal yang ada di situs ini juga bisa Anda akses dan download secara gratis.
 
Nah, setelah Anda mengetahui situs referensi di atas, maka Anda harus semakin rajin dalam menyusun skripsinya karena semua sumber sudah disediakan. Tetaplah selesaikan skripsi dengan baik agar Anda bisa lulus tepat waktu dan mendapat gelar sarjana.