Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Rekomendasi Cemilan Yang Sangat Cocok Bagi Penderita Asam Lambung

Makan cemilan merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan penyakit asam lambung, agar nantinya tidak mudah kambuh lagi. Bagi orang yang menderita penyakit asam lambung ini mereka perlu menjalankan pola makan yang sehat dan ramah asam lambung. Apabila Anda menderita asam lambung, maka disarankan untuk makan 3 kali sehari dengan porsi kecil dan 2 kali makan cemilan dan tentunya cemilan yang sehat. 
 
Dengan makan cemilan yang sehat, otomatis penderita asam lambung bisa meminimalkan keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, bagi penderita asam lambung sangat disarankan untuk mengkonsumsi serat lebih banyak dan menghindari makanan yang mempunyai lemak jahat, karena itu bisa memicu naiknya asam lambung. Nah, berikut ini saya akan memberikan beberapa rekomendasi makanan cemilan yang baik untuk penderita asam lambung.

Makanan Cemilan Untuk Penderita Asam Lambung

8 Rekomendasi Cemilan Yang Sangat Cocok Bagi Penderita Asam Lambung

1. Buah

Buah merupakan makanan cemilan yang banyak sekali mengandung manfaat di dalamnya. Anda bisa memilih buah dengan rasa yang tidak terlalu asam, karena bisa juga memicu naiknya asam lambung bagi sebagian penderita. Buah yang bagus dikonsumsi oleh penderita asam lambug yaitu semangka, pir, pisang, melon, apel manis, anggur, bengkuang dan berbagai macam buah yang tidak terlalu asam. Namun, sebagian penderita, terkadang asam lambungnya akan kambuh kembali setelah makan buah lemon, nanas, jeruk bali dan jeruk.

2. Sayur

Sama seperti buah, semua jenis sayuran akan sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Anda bisa memilih sayuran seperti seledri, jamur, brokoli, dan wortel. Tetapi Anda juga harus berhati-hati, karena penderita asam lambung biasanya sangat sensitif setelah mengkonsumsi paprika, pare, bawang dan tomat. Untuk itu, selalu tandai beberapa sayur yang bisa membuat asam lambung Anda menjadi kambuh.

3. Biji-bijian Utuh

Pilih biji-bijian utuh yang mempunyai serat tinggi sebagai cemilan yang cocok untuk penderita asam lambung. Contohnya yaitu makanan yang terbuat dari beras merah, gandum, dan lain sebagainya. Hal yang tidak kalah penting yaitu Anda harus menghindari makan cemilan dari biji-bijian terlalu banyak, cukup makan dengan porsi kecil saja.

4. Susu Rendah Lemak atau Susu Nabati

Susu full cream atau produk turunannya seperti halnya es krim, yogurt, dan keju umumnya berlemak tinggi. Makanan dari produk susu ternyata bisa meningkatkan asam lambung. Sedangkan makanan tinggi lemak seperti susu full cream justru bisa semakin melemahkan otot sfingter esophagus dan bisa memperburuk asam lambung.

5. Dagung Tanpa Lemak, Ayam Tanpa Kulit, Telur, Ikan

Mengkonsumsi protein memang sangat baik untuk kesehtaan tubuh. Maka dari itu, pilihlah jenis protein sehat yang dimasak dengan cara sehat yang nantinya bisa Anda konsumsi sebagai cemilan apabila menderita asam lambung. Untuk penderita asam lambung, sangat disarankan makan ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak dan telur. Anda bisa memasak protein tersebut dengan cara yang sehat, contohnya ditumis, dikukus atau direbus. Selain itu, hindari juga menggoreng protein karena bisa membuat makanan menjadi tinggi lemak. Hindari semua jenis daging berlemak tinggi dan daging olahan seperti, sosis, bacon, burger, dan nugget.

6. Kedelai Utuh dan Produk Kedelai

Cemilan selanjutnya yang sangat disarankan untuk penderita asam lambung yaitu kedelai utuh, seperti tahu, tempe dan kacang edamame. Tetapi jangan lupa Anda harus mengolah kedelai utuh dengan cara yang sehat, seperti mengukus atau merebus bahan makanan ini.

7. Lemak Sehat

Lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun ternyata juga bisa digunakan sebagai cemilan yang baik untuk penderita asam lambung. Alpukat bisa Anda konsumsi dengan sangat praktis, tinggal kudap setengah buah alpukat untuk menunda rasa lapar selama beberapa saat.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu cemilan yang sangat praktis untuk penderita asam lambung. Anda bisa makan kuaci biji bunga matahari, kacang, atau bahkan kacang almond panggang sebagai cemilan yang praktis.
 
Itulah beberapa makanan cemilan yang sangat direkomendasikan bagi penderita asam lambung. Selalu perhatikan pola makan dan jenis makanan apa yang setiap hari masuk ke dalam tubuh Anda. Nah, apabila Anda sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi belum mendapatkan hasil yang sesuai, maka bisa berkonsultasi ke dokter paling tidak 2 kali dalam seminggu.