Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Ras Kucing Paling Cerdas Yang Sangat Cocok Untuk Dipelihara

Secara umum kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat cerdas diantara hewan peliharaan yang lainnya. Kucing akan lebih mudah dilatih, mudah sekali berinteraksi dengan orang maupun hewan lain, bahkan bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi lingkungan baru dengan sangat cepat. 
 
Hal tersebut akan membuat Anda semakin senang dalam memelihara kucing, karena dengan mempunyai kucing pintar, maka akan lebih memudahkan Anda dalam memeliharanya. Bagi Anda yang sangat menyukai kucing, dan akan memilih ras kucing yang baik untuk dijadikan peliharaan, maka berikut ini saya akan memberikan beberapa ras kucing yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Ras Kucing Paling Cerdas

10 Ras Kucing Paling Cerdas Yang Sangat Cocok Untuk Dipelihara

1. Abyssinian

Kucing ini mempunyai penampilan yang ramping, dan memiliki tubuh yang sangat altelis. Selain itu, dia pun sangat gesit dalam bertidak, bahkan penyayang terhadap manusia terutama pemiliknya. Kucing jenis Abyssinian sangat cerdas dalam melakukan aktivitas bersama dengan kaluarga yang tinggal bersama dengannya. 
 
Kucing ras ini sangat suka dengan ketinggian, bertengger di atas ruangan dan bisa mengawasi segalanya. Umumnya kucing tersebut tidak suka dipangku, tetapi lebih suka jika dielus atau disisir. Selain itu, mereka juga lebih suka menikmati kebersamaan dengan hewan lain bahkan bisa beradaptasi dengan baik.

2. Balinese

Kucing Balinese cenderung mempunyai versi rambut panjang dan ini termasuk ke dalam ras kucing siam. Kucing ini memang sangat aktif dan sangat suka apabila menyelidiki semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Selain itu, kucing Balinese juga termasuk kucing yang cerewet, dan sering menyuarakan pendapatnya. 
 
Agar kucing ini tetap aktif, maka Anda bisa menjaganya dengan cara bermain teka-teki, dan menyediakan pohon besar untuk dipanjat. Kucing ras ini bisa belajar cara mengambil, memanjat, berjalan dengan tali dan bisa mengetahui trik dengan sangat cepat. Biasanya mereka mempunyai rasa kasih sayang yang tinggi terhadap keluarganya, tetapi jika tidak distimulasi akan semakin nakal dan menjelajahi rumah.

3. Bengal

Nah, kucing Bengal biasanya terkenal dengan bulunya yang eksotis dengan yang mirip dengan jaguar atau macan tutul. Ras ini berasal dari persilangan antara kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia. Kucing jenis ini memang sedikit liar, tetapi mereka juga sangat cerdas dan mempunyai tubuh yang atletis. Selain itu, mereka sangat suka melompat, berlari, memanjat dan bermain. 
 
Kucing Bengal sangat membutuhkan ruangan atau tempat tinggal yang cukup luas untuk berolahraga, seperti tantangan metal, mainan atau bahkan permainan puzzle. Apabila kucing ini dilatih dengan baik, maka akan dapat menyalakan dan mematikan lampu, mengeluarkan barang-barang atau bahkan bisa mengeluarkan ikan dari akuarium.

4. Birma

Birma merupakan salah satu kucing ras yang sangat energik dan ramah karena mereka sangat suka berinteraksi dengan keluarganya. Kucing jenis ini tentunya sangat pintar, suka bermain, mudah sekali beradaptasi, dan mudah untuk dilatih. Mereka sangat suka berguling, duduk, melambai, dan suka sekali juga dipanggil, bahkan ras ini bisa berjalan dengan tali dan mengambil mainan kecil. Mereka juga sangat mudah untuk bersosialisasi dan lebih suka jika ditemani, termasuk dengan hewan lain.

5. Cornish rex

Kucing jenis ini sangat ramah dan tentunya aktif, karena ada beberapa orang yang mengatakan bahwa kucing Cornish rex hampir mirip dengan anjing dalam cara bermian, bahkan sampai usia lanjut pun sama. Kucing ini mempunyai jari kaki yang panjang, sehingga sangat memungkinkan untuk membuka pintu dan almari dengan mudah. 
 
Untuk itu, apabila Anda memelihara kucing ini, maka tambahkan pengaman yang ekstra agar barang-barang yang ada di almari tetap aman. Selain itu, kucing ini juga mempunyai kemampuannya yang cukup sigap, bisa melompat ke titik tertinggi dalam ruangan. Ciri fisik dari kucing ras ini yaitu bulunya yang bergelombang.

6. Havana Brown

Havana brown merupakan jenis kucing cantik dan mempunyai bulu halus berwarna cokelat. Kucing jenis ini memang bisa dibilang sangat langka, karena berasal dari persilangan siam dengan beberapa jenis ras lainnya. Mereka juga termasuk kucing yang sangat cerdas, cerewet dan suka sekali bersosialisasi dengan keluarganya. Selain itu, kucing ini juga sangat suka bermain interaktif seperti bermain teka-teki untuk menantang kemampuan mereka secara mental dan fisik.

7. Korat

Sesuai namanya, jenis kucing ini berasal dari salah satu provinsi yang ada di Thailand, dan juga termasuk kucing langka. Kucing korat sering dianggap sebagai simbol keberutungan di negaranya. Kucing korat cukup energik, dan sangat menikmati permainan interaktif, tetapi mereka juga sangat suka tidur siang. Ras ini juga bisa mempelajari berbagai macam trik, contohnya berjalan dengan tali dan bermain tangkap. Apabila Anda memelihara kucing ini, pasti akan sangat mudah dalam melatihnya.

8. Savannah

Savannah merupakan salah satu jenis kucing eksotis dengan kecerdasan yang cukup tinggi, dan kucing ini memang termasuk kucing langka. Dulunya kucing jenis savannah dikembangkan dengan mengawinkan hewan liar Afrika dengan kucing domestik. Dalam aktivitasnya, mereka membutuhkan ruangan yang cukup luas untuk berlari, bermain dan melompat. 
 
Kucing jenis savannah ini sangat mudah sekali merasa bosan, dan mereka membutuhkan interaksi yang cukup. Ras ini bisa berjalan dengan tali, menggeledah sudut, laci, almari dan kotak. Maka dari itu, pastikan Anda sudah melindungi barang-barang yang bagus di tempat yang lebih aman.

9. Siam

Kucing ras ini memang sudah sangat popular dan terkenal di dunia. Siamese dikenal dengan bulunya yang sangat indah, sangat suka bersuara dan sifatnya yang ingin tahu. Kucing ini sangat cerdas, energik dan tentunya penyayang. Selain itu, mereka juga sangat suka bermain dan sangat membutuhkan perhatian. 
 
Buatlah kucing ini selalu sibuk dengan cara menyediakan permainan, contohnya pohon besar untuk dipanjat. Apabila sudah merasa bosan, biasanya ras siam ini akan menghibur dirinya dengan cara membuka almari, menyalakan kran, atau bahkan mengobrak-abrik tempat yang tidak semestinya.

10. Singapura

Sesuai dengan namanya, kucing ini berasal dari negara Singapura. Kucing kecil ini umumnya suka sekali bermain, dan rasa ingin tahunya yang sangat besar. Dan mereka sangat suka apabila melihat aktivitas yang dilakukan manusia. Singapura sangat aktif dan lebih suka memanjat. Jadi, jika Anda memelihara kucing ini pastikan menyediakan banyak ruangan yang luas.