Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Prinsip Kerja Orang China Yang Membuat Mindset Tambah Positif

Tidak jarang banyak sekali orang China yang sering dikaitkan dengan bisnisnya yang selalu berkembang pesat. Bahkan di Indonesia saja sudah banyak perusahaan atau toko yang dikuasai oleh China dan sementara orang Indonesia hanya menjadi karyawannya orang China. Dalam dunia bisnis, Anda jangan sampai kalah dengan orang China, namun boleh belajar dari prinsip hidup dan cara berbisnis dari orang China. Sudah menjadi fakta, bahwa di Tanah Air banyak sekali konglomerat yang memiliki darah China. Maka dari itu, jika Anda ingin berbisnis, maka tirulah orang China. 
 
Sesungguhnya yang membuat mereka sukses dalam berbisnis yaitu tidak lain karena prinsip dan etos kerja yang sudah terbentuk dari mereka kecil. Seiring berjalannya waktu, maka keahlian mereka akan semakin diasah dan dipertajam. Untuk meraih keberhasilan terutama dalam berbisnis, maka Anda harus selalu bekerja keras seperti yang orang China lakukan. Lantas apa saja sih prinsip kerja yang dilakukan orang China dan bisa membuat bisnisnya semakin berkembang? Berikut penjelasannya.

Prinsip Kerja Orang China Agar Sukses

10 Prinsip Kerja Orang China Yang Membuat Mindset Tambah Positif

1. Punya Mimpi Selangit? Siapa Takut!

“Bermimpilah setinggi langit dan gapailah semua cita-citamu seperti kamu menggapai bintang”. Wejangan atau kata-kata tersebut pasti sering Anda dengar dari dulu sampai sekarang. Wejangan tersebut merupakan salah satu pesan dari orang tua kepada anaknya. Mengapa wejangan tersebut sering diucapkan? Karena agar tidak cepat puas dan tidak takut untuk meraih semua impian meskipun itu sulit dan mustahil. Bahkan kebanyakan orang China memulai usaha dari nol, tanpa meneruskan usaha orang tua. 
 
Dan akhirnya pun banyak sekali yang menjadi orang sukses. Mereka tidak akan pernah takut dalam menjalankan sebuah bisnis baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu, mereka juga selalu mencari jalan pintas agar bisnisnya bisa berjalan dan berkembang dengan pesat, sehingga bisa menjadi lebih besar. Bermimpi tinggi sudah menjadi prinsip orang China dimana itu akan membuat mereka tidak takut saat menghadapi berbagai macam rintangan di dunia kerja.

2. Kerja Keras dan Tidak Malas

Dari dulu sampai sekarang, orang China sudah mempunyai etos kerja yang keras, bahkan sebelum matahari terbit pun mereka sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Hal tersebut semata-mata dilakukan hanya demi mencapai impian yang begitu tinggi dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. 
 
Tidak ada kata nanti, sebentar atau kata lainnya yang membuat langkah mencapai cita-cita menjadi lambat. Tetap berusaha dan terus bekerja, itulah salah satu prinsip kerja yang selalu dipegang oleh orang China yang akan menghantarkan mereka ke gerbang kesuksesan. Bahkan sekecil apapun pekerjaan yang mereka lakukan, pasti akan selalu dikerjakan dengan benar dan tepat waktu.

3. Prinsip Kerja Orang China, Agresif Dalam Berbisnis

Prinsip kerja selanjutnya yang dimiliki orang China yaitu mereka selalu agresif dalam berbisnis. Mereka sudah sering dikenal sebagai pengusaha yang tidak kenal kompromi, terlebih jika berhubungan dengan bisnis yang mereka jalankan. Saat menjalankan bisnis, mereka juga tak enggan dalam melakukan tawar menawar dengan komsumen. 
 
Dalam berbisnis, orang China tidak pernah mencampuradukkan urusan pribadi dengan urusan bisnis, karena itu hanya akan membuat mereka menjadi tidak fokus. Apabila orang China mendapatkan keuntungan dalam berbisnis, maka mereka akan memutar lagi agar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. 
 
Mereka akan terus berusaha, untuk menjadikan uang terus produktif dan bisa menghasilkan keuntungan lainnya. Tidak heran jika bisnis orang China semakin lama semakin berkembang dengan pesat dan pada akhirnya mereka akan menikmati hasil dari kerja kerasnya selama ini.

4. Prinsip Kerja Orang China, Mengejar Peluang

Orang China mempunyai tanggapan bahwa kesempatan tidak bisa datang untuk kedua kalinya. Maka dari itu, setiap kali ada peluang yang datang, maka mereka akan berusaha untuk memanfaatkannya dan mengejarnya sampai dapat. Tidak ada kata terlambat, mereka harus bisa mengejar peluang walaupun itu dirasa sangat berat. Karena jika peluang sudah terlewatkan, maka tidak akan bisa kembali lagi. 
 
Itulah mengapa mereka selalu bergegas agar bisa memanfaatkan peluang untuk kesuksesan bisnis yang mereka jalankan. Dalam mengejar peluang, maka orang China senantiasa memegang prinsip bagaimana caranya mengelola waktu dengan baik. Dengan kata lain, mereka tidak akan membuang-buang waktu dan akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin agar waktu tidak terbuang sia-sia.

5. Prinsip Kerja Orang China, Tidak Ada Kata Menyerah

Di pikiran orang China tidak ada kata kegagalan, yang ada yaitu berjuang dan pantang menyerah. Jika situasi kurang menguntungkan, maka mereka akan senantiasa mengambil pelajaran positif dari kesalahan sebelumnya dan mencoba untuk berusaha lebih keras lagi. 
 
Pantang menyerah merupakan salah satu prinsip kerja orang China yang mereka pegang dan diturunkan kepada anak cucu mereka. Banyak sekali orang China yang sudah sukses, mereka seringkali membagikan pengalaman pahit dalam merintis bisnis dengan jerih payah dan tangisan. Namun, semuanya akan terbayar lunas ketika mereka sudah bisa meraih kesuksesan di masa depan.

6. Gemar Menabung dan Hidup Sederhana

Mengenai gaya hidup, orang China pun akan selalu menganut gaya hidup yang sederhana dan gemar menabung. Dalam membangun sebuah bisnis, pasti ada kalanya bisnis mengalami kegagalan, dan salah satu strategi mereka yaitu dengan hidup sederhana. Sebisa mungkin mereka akan selalu berhemat dan menyisihkan keuntungan usaha mereka untuk mengembangkan bisnis agar semakin berkembang. 
 
Dengan uang yang sudah mereka kumpulkan, maka mereka bisa menjalankan bisnis lain agar bisa menjadi mesin pencetak uang lainnya. Hidup sederhana tidak membuat mereka minder, bahkan itu merupakan hal yang biasa dilakukan untuk mencapai kesuksesan.

7. Terus Belajar Untuk Menguasai Bisnis

Kebanyakan orang keturunan China sangat rajin dalam urusan belajar dan harus diacungi jempol. Terlebih jika soal bisnis, pasti mereka akan melakukan berbagai macam cara agar bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang berbisnis. Layaknya mengejar peluang, belajar menjadi salah satu prinsip kerja yang akan terus ditanamkan bagi anak cucu mereka agar dapat mengejar mimpi yang mereka impikan di masa depan. 
 
Mereka akan terus belajar hal baru agar dalam berbisnis tidak mudah untuk dibodohi orang lain. Mereka juga tidak malu belajar dari nol dan memulai semua pekerjaan dari posisi bawah. Hal tersebut yang membuat mereka menjadi tahu segalanya dan membuat bisnisnya cepat berkembang.

8. Tidak Suka Berhutang

Bagi orang China, berhutang menjadi hal yang wajib mereka hindari. Sebisa mungkin mereka akan membeli barang dengan cara cash atau lunas. Jika mereka ingin berhutang, itupun untuk kebutuhan yang bersifat produktif, contohnya untuk mengembangkan bisnis mereka. Tetapi hampir semua orang China tidak ada yang berhutang, bahkan mereka cenderung cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun dalam berbisnis.

9. Resiko Harus Dihadapi

Dalam urusan berbisnis, pasti akan ada resiko yang pasti dialami. Dari mulai untung yang sedikit, bahkan bisa merugi, itu semua sudah menjadi resiko yang harus dihadapi bagi semua pebisnis. Dalam melangkah ke bisnis tidaklah mudah, tetapi mereka terus menjalaninya dengan tetap semangat dan menguatkan mental dengan pemahaman bahwa jika ingin sukses maka harus bisa menghadapi resiko. Gagal dalam berbisnis itu sudah menjadi hal biasa, namun menyerah dalam berbisnis bukanlah jalan yang harus dilalui.

10. Prinsip Kerja Orang China, Tahan Banting

Tidak menjadi masalah jika mereka terlahir dari keluarga yang miskin, namun kesempatan untuk menjalani kehidupan tidak boleh disia-siakan. Bagi mereka, justru akan menjadi masalah besar ketika saatnya meninggal tetapi masih dalam keadaan miskin. Untuk itu, mereka selalu memanfaatkan kesempatan yang ada untuk bisa berhasil dan sukses. Meski awalnya mereka harus mengalami berbagai macam kesulitan, tetapi prinsip inilah yang akan membuat mereka menjadi kuat dan bisa menikmati keberhasilan yang sudah mereka perjuangkan.