Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Perangkat Yang Harus Anda Miliki Untuk Menunjang WFH Agar Lancar

Pandemi covid-19 ini sudah hampir satu tahun melanda tanah air. Sepanjang masa pandemi corona, semua masyarakat pun dituntut untuk selalu berada di rumah, agar penyebaran virus corona bisa terkendali. Maka dari itu, tidak heran jika sejumlah perusahaan masih menerapkan kebijakan agar semua karyawannya bekerja dari rumah atau biasa disebut dengan WFH (Work From Home) hingga saat ini. 
 
Namun, setelah sekian lama menjalankan produktivitas dengan sistem WFH, tetap saja belum bisa maksimal dan belum bisa mengalahkan saat bekerja dengan normal di kantor, karena rumah memang tidak kondusif jika digunakan untuk bekerja. Selain itu, perlengkapan kerja di rumah juga tidak lengkap seperti halnya di kantor, banyak sekali kekurangan yang harus dihadapi, dan hal tersebut justru akan menyebabkan karyawan menjadi kerepotan dalam menyelesaikan pekerjaannya. 
 
Agar WFH tetap berjalan dengan lancar, maka Anda bisa menyiasatinya dengan cara mempunyai perangkat kerja sendiri di rumah. Nah, berikut ini ada beberapa perangkat atau perlengkapan yang harus Anda miliki agar kedepannya bisa menunjang produktivitas selama WFH berlangsung.

Perlengkapan Wajib Saat WFH

5 Perangkat Yang Harus Anda Miliki Untuk Menunjang WFH Agar Lancar

1. Laptop

Perangkat pertama yang wajib Anda miliki yaitu laptop, karena hampir semua aktivitas selama bekerja di rumah pasti menggunakan laptop. Pasalnya, laptop bisa memudahkan Anda dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan, contohnya memindahkan atau mengirim file, bahkan bisa juga digunakan untuk mengedit dokumen penting lainnya. 
 
Laptop juga mempunyai banyak sekali keuntungan, yaitu tidak memakan banyak ruang, dan mudah sekali dipindahkan. Selain itu, juga bisa digunakan di mana saja dan mudah untuk dibawa. Apabila Anda biasanya menggunakan komputer dalam mengerjakan tugas, maka mulai dari sekarang laptop menjadi pilihan terbaik untuk menunjang pekerjaan.

2. Ponsel

Berkomunikasi merupakan salah satu cara terbaik agar WFH berjalan dengan lancar. Hal tersebut dikarenakan sangat pentingnya melakukan koordinasi jarak jauh dan memerlukan komunikasi dua arah yang sangat jelas. Maka dari itu, mempunyai ponsel atau smartphone menjadi hal yang penting dan juga harus dapat terhubung dengan sambungan internet 4G agar lebih lancar dalam melakukan komunikasi dengan rekan kerja selama masih bekerja dari rumah. Selain itu, pastikan spesifikasi ponsel sudah memenuhi kriteria yang bisa menunjang aplikasi mobile untuk bekerja. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah ragu dan tidak akan kesal karena ponsel yang lelet.

3. Internet

Di masa pandemi seperti sekarang ini, sebagian perusahaan pasti akan mengindari pertemuan tatap muka secara langsung, dan alternatif yang baik yaitu dengan melakukan video conference. Aplikasi yang biasanya digunakan untuk meeting yaitu google meet atau bahkan zoom. Dengan kondisi tersebut, kemampuan layanan telekomuniaksi menjadi hal yang paling penting untuk kedepannya mendukung pekerjaan jarak jauh. 
 
Kelancaran video conference akan sangat bergantung pada seberapa lancar koneksi internet yang dipakai. Jadi, sebisa mungkin Anda mempunyai layanan internet yang bagus agar bisa memperlancar pekerjaan. Selain itu, internet yang mempunyai kecepatan tinggi juga bisa memudahkan Anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas seperti mengunduh atau bahkan mengunggah beberapa file penting yang diberikan oleh atasan.

4. Speaker Mini dan Headphone

Perlengkapan selanjutnya yang harus Anda miliki agar bisa menjalankan pekerjaan di rumah dengan baik yaitu speaker mini dan headphone. Kedua benda tersebut kedepannya bisa membantu Anda ketika ingin melakukan komunikasi atau bahkan mendengarkan instruksi dengan jelas yang sedang disampaikan oleh rekan kerja saat sedang menjalankan rapat online. Selain untuk menunjang pekerjaan, Anda juga bisa menggunakan kedua benda tersebut untuk mendengarkan lagi agar dapat mengusir rasa jenuh selama WFH berlangsung.

5. Printer

Hampir semua orang jika bekerja di perusahaan pasti akan memerlukan yang namanya mesin mencetak atau biasa disebut dengan printer. Printer ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, printer juga bisa digunakan bersama dengan anggota keluarga. Tidak hanya itu saja, ada beberapa jenis printer di pasaran yang dapat digunakan untuk memindai atau scan dan fotocopy dokumen. 
 
Dengan mempunyai printer pribadi, Anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke tempat fotokopi untuk mencetak, atau bahkan fotokopi dokumen. Anda bisa memilih printer rumahan terbaru 2021 yang pastinya mempunyai performa yang bagus, seperti Brother Printer DCP-T220 Ink Tank dan DCP-T40W Refill Tank Printer.
 
Itulah beberapa prangkat yang wajib Anda miliki selama masih bekerja dari rumah atau WFH. Jadi, persiapkan semuanya dengan baik agar pekerjaan Anda juga bisa dijalankan dengan lancar dan tanpa kendala. Tetaplah patuhi protokol kesehatan agar penyebaran virus corona semakin berkurang. Semoga dengan membaca artikel di atas bisa membuat Anda semakin siap dalam menghadapi WFH.