Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Makanan dan Minuman Yang Harus Anda Hindari Setelah Berolahraga

Olahraga dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Latihan yang setiap hari dilakukan selama berolahraga akan membakar kalori di dalam tubuh. Nah, setelah melakukan olahraga, maka semua orang akan membutuhkan makanan untuk memulihkan energi dan juga bisa meningkatkan metabolisme. Maka dari itu, jangan sampai makanan dan minuman yang Anda konsumsi sembarangan dan harus selalu sehat. Nah, agar tubuh Anda tetap terjaga dengan baik, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi setelah melakukan olahraga.

Makanan dan Minuman Yang Harus Dihindari

5 Makanan dan Minuman Yang Harus Anda Hindari Setelah Berolahraga

1. Makanan Pedas

Ternyata makanan pedas justru akan lebih sulit untuk dicerna, dan sebisa mungkin Anda menghindari makanan ini setelah berolahraga. Setelah selesai melakukan latihan, maka tubuh akan membutuhkan sesuatu yang mudah untuk dicerna, yaitu yang sedikit mengandung protein dan gula. Hal tersebut berguna untuk mengembalikan kadar gula ke tingkat seimbang, dan sebagian besar karbohidrat nantinya akan kembali mengisi energy.

2. Soda dan Minuman Manis

Minuman bersoda memang tidak baik jika diminum setelah melakukan olahraga, karena tubuh akan lebih membutuhkan hidrasi dan jenis minuman bersoda tidak bisa melakukannya. Selain itu, minuman bersoda juga bisa membuat perut kembung, sehingga lebih baik hindari minuman ini setelah berolahraga agar kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik. Tidak hanya itu saja, tetapi jenis minuman manis yang banyak mengandung fruktosa juga harus Anda hindari, karena sangat lambat untuk dicerna, bahkan bisa mengurangi efek pembakaran lemak.

3. Steak dan Makanan Berlemak

Steak juga menjadi salah satu makanan yang sulit untuk dicerna di dalam tubuh. Sebisa mungkin Anda harus menghindari minyak, biji-bijian dan semua makanan yang digoreng, bahkan kacang-kacangan pun harus Anda hindari setelah berolahraga. Lemak dalam memperlambat proses pencernaan di dalam usus, sehingga bisa menunda pengiriman nutrisi yang dibutuhkan ke dalam otot.

4. Makanan Cepat Saji atau Berserat Tinggi

Mengkonusmsi makanan cepat saji seperti burger, itu justru kurang bagus bagi tubuh karena kandungan lemak trans yang ada di dalamnya. Hindari makanan yang mengandung serat tinggi, terutama salad dengan biji rami atau kangkung. Jika dikonsumsi setelah berolahraga, maka makanan tersebut dapat menimbulkan kram dan kembung.

5. Minuman Isotonik

Minuman isotonik ternyata juga tidak disarankan untuk diminum setelah berolahraga, karena minuman jenis ini banyak mengandung gula atau pemanis. Walaupun dipasarkan sebagai pelengkap elektrolit dan hidrasi, minuman yang sehat seperti air putih dan air kelapa mentah, menjadi pilihan terbaik bagi Anda karena tidak mengandung bahan peningkat gula darah, dan pastinya sangat aman untuk diminum. 
 
Sementara itu, sebelum melakukan olahraga, Anda perlu mengkonsumsi karbohidrat yang berkualitas atau mudah untuk dicerna, protein tanpa lemak, dan cukup cairan. Karbohidrat sendiri digunakan tubuh untuk mendapatkan energy, sedangkan protein berguna bagi sel darah yang nantinya akan membawa nutrisi dan oksigen ke otot. Setelah berolahraga, maka diperlukan makanan bernutrisi sesegera mungkin. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi setelah berolahraga, menyediakan amino esensial yang bisa membangun dan memperkuat otot, serta bisa untuk meningkatkan energy yang disimpan di dalam tubuh.