Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Kendala Yang Sering Dialami Pemula Ketika Ingin Membangun Sebuah Bisnis

Memulai aktivitas baru memang seringkali sangat sulit daripada melakukan aktivitas yang setiap hari dilakukan. Itulah mengapa kebanyakan orang merasa tidak bisa mengembangkan bisnisnya ketika baru pertama kali memulai bisnis. Bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha, maka harus bisa menentukan kapan bisnis akan dijalankan dan jangan sampai menunda-nunda, karena itu akan semakin menyulitkan dan membuat Anda ragu dalam memulainya. Memang ada berbagai macam kendala yang seringkali menghambat seseorang untuk membangun bisnisnya. Berikut ini saya akan memberikan beberapa kendala yang pasti akan Anda alami ketika baru pertama kali membangun bisnis.

Kendala Dalam Memulai Bisnis Pertama Kali

6 Kendala Yang Sering Dialami Pemula Ketika Ingin Membangun Sebuah Bisnis

1. Bingung Mau Usaha Apa

Terlalu banyak ide justru akan membuat Anda semakin bingung dalam memilihnya. Sebenarnya ada banyak sekali bisnis yang menjanjikan dan bisa Anda jalankan. Tetapi Anda masih bingung dan belum bisa menentukan jenis usaha apa yang cocok untuk diri Anda. Banyak orang yang sekaligus ingin menjalankan semuanya, tetapi tidak akan mungkin bisa karena menjalankan satu bisnis saja sudah sangat sulit dan membutuhkan perjuangan. 
 
Mau tidak mau Anda harus memilih salah satu untuk dijalankan kedepannya. Apabila Anda masih bingung, maka bisa memilih jenis bisnis yang sesuai dengan passion Anda, terlebih Anda mempunyai keahlian di bidang tersebut. Selain itu, pastikan bisnis tersebut juga mempunyai prospek yang bagus untuk jangka panjang agar kedepannya mudah untuk dikembangkan.

2. Takut Bisnis Mengalami Kegagalan

Khawatir dengan kegagalan merupakan hal yang wajar, terutama bagi Anda yang baru saja merintis bisnis. Namun, jangan sampai itu semua menghalangi Anda untuk membangun bisnis dan sebisa mungkin Anda harus melawannya. Agar tetap optimis, maka Anda bisa bergabung dengan orang yang optimis juga. 
 
Selain itu, Anda bisa melihat orang yang sudah sukses dalam berbisnis, padahal dulunya mereka hidup dengan kesederhanaan dan tidak berpendidikan tinggi. Buatlah diri Anda menjadi termotivasi agar kedepannya Anda tidak terlalu memikirkan hal-hal yang negatif.

3. Terkendala Dalam Modal

Modal menjadi hal terpenting dalam menjalankan bisnis, walaupun tidak sepenuhnya bisnis memerlukan modal. Tetapi setidaknya Anda harus mempunyai modal sedikit untuk memulai sebuah bisnis. Jika modal terbatas, Anda bisa mencoba melakukan bisnis kecil-kecilan, contohnya menjadi dropshipper, reseller dan lain sebagainya. Karena bisnis tersebut hanya membutuhkan koneksi internet dan smartphone saja. 
 
Namun, apabila Anda ingin menjalankan bisnis besar, maka terlebih dahulu mencari modal tambahan dengan cara mengumpulkan uang dari gaji kerja perbulan. Atau bahkan Anda bisa meminjam uang dari bank atau saudara terdekat.

4. Tidak Mempunyai Tempat Yang Cocok Untuk Bisnis

Dalam menjalankan bisnis pasti harus membutuhkan tempat atau lokasi agar bisnis bisa berkembang dengan baik. Tetapi harga sewa tempat yang semakin mahal dan membuat itu semua menjadi kendala dalam memulai bisnis. Namun, tidak semua bisnis membutuhkan tempat yang bagus, Anda bisa memulainya dari tempat yang seadanya dulu. Anda juga bisa memulai bisnis rumahan, dengan cara berbisnis online dan itu bisa dijalankan hanya di rumah saja. Dengan demikian Anda tidak perlu repot lagi dalam mencari tempat untuk berbisnis.

5. Belum Siap Resign Dari Pekerjaan

Bagi seorang karyawan pasti akan enggan apabila resign dari perusahaan karena mereka masih belum siap tidak mendapatkan gaji perbulan. Idealnya bisnis yang baik yaitu apabila Anda sudah fokus pada satu bisnis dan meninggalkan pekerjaan lainnya. Namun, jika Anda belum siap meninggalkan pekerjaan kantor, maka itu tidak menjadi masalah yang berarti. Jika Anda tetap ingin berbisnis, maka bisa menjalankan bisnis sambil bekerja menjadi karyawan kantor. Yang harus Anda lakukan yaitu selalu disiplin dalam mengatur waktu antara berbisnis dan bekerja.

6. Merasa Tidak Mempunyai Skill Dalam Berbisnis

Skill bukan bawaan dari lahir, jadi Anda bisa melatihnya kapanpun Anda mau. Tidak perlu khawatir ketika Anda tidak mempunyai skill berbisnis karena jaman sekarang semuanya bisa dipelajari darimana saja. Perbanyak membaca, mengikuti seminar bisnis dan mengikuti pelatihan bisnis, serta bergabunglah dengan komunitas bisnis yang ada di kota Anda, agar nantinya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang dunia bisnis. 
 
Pengusaha yang sudah sukses pasti dulunya memulai bisnisnya dari nol bahkan ada yang dari minus, karena mereka tidak mempunyai pengalaman atau skill dalam berbisnis. Jadi Anda pun masih bisa dan masih ada kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbisnis asalkan ada kemauan untu terus belajar.
 
Itulah beberapa kendala yang biasanya dirasakan pengusaha pemula dalam memulai bisnisnya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, buanglah semua hal yang membuat Anda menjadi ragu atau pesimis dalam menjalankan bisnis. Selain itu, jangan terlalu lama menunda, karena nanti Anda akan menyesal di belakang.