Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Ide Bisnis Yang Cocok Jadi Mesin Uang Setelah Pensiun PNS

Menjadi PNS atau Pegawai Negeri Sipil memang sudah menjadi impian semua orang, karena walaupun sudah pensiun tetap akan menerima gaji tiap bulan, meskipun besarnya hanya kisaran 75% dari gaji pokok saat masih aktif. Meski hidup sudah ditanggung negara, tetapi Anda bisa memanfaatkan uang pensiun ini untuk melakukan berbagai macam bisnis agar bisa melipatgandakan uang. 
 
Jadi keuangan Anda akan terus bertambah apabila bisnis yang dijalankan juga berjalan dengan lancar. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ada beberapa ide bisnis yang mempunyai prospek yang sangat menjanjikan setelah pensiun sebagai PNS.

Ide Bisnis Setelah Pensiun PNS

6 Ide Bisnis Yang Cocok Jadi Mesin Uang Setelah Pensiun PNS

1. Bisnis Kos-kosan

Dari dulu sampai sekarang, bisnis kos-kosan memang sangat menjanjikan, karena Anda hanya tiduran dan duduk santai saja sudah bisa mendapatkan uang. Memang sih di awal Anda harus membutuhkan modal yang lumayan besar, contohnya untuk membeli tanah atau bahkan mendirikan bangunan menjadi kos-kosan atau kontrakan. Anda bisa menggunakan uang dari pesangon sebagai modal mendirikan bisnis kos-kosan. 
 
Apabila Anda mempunyai modal 500 juta, maka kedepannya bisa membuat kos-kosan atau kontrakan dua lantai dan jika sudah jadi bisa disewakan dengan harga 1 juta perbulan, maka dari itu Anda bisa mendapatkan uang 6 juta perbulan dan itu akan sangat menguntungkan. Belum lagi dikali 12, berarti dalam setahun Anda bisa mendapatkan omset 72 juta. Hanya dalam waktu 6 sampai 7 tahun saja Anda sudah bisa mengembalikan modal dan selebihnya bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Bengkel Motor

Jaman sekarang jumlah kendaraan bermotor atau roda dua akan terus bertambah. Bahkan ada juga yang satu orang bisa mempunyai dua motor. Dengan banyaknya pengguna motor, maka Anda bisa membuka bisnis bengkel motor. Dalam menjalani bisnis bengkel motor, tidak hanya melayani perbaikan atau perawatan motor saja, tetapi Anda juga harus menyediakan aksesoris tambahan khusus roda dua agar pelanggan semakin tertarik, contohnya menjual helm, jaket atau bahkan sarung tangan. 
 
Ketika baru memulai bisnis bengkel motor, Anda tidak perlu membuka bengkel besar. Cukup buka bengkel dengan ruangan seadanya dengan luas 4x5 meter saja. Namun, bukalah bengkel di lokasi yang sangat strategis agar kedepannya bisa lebih memudahkan pelanggan dalam menjangkaunya. Jika Anda sudah jago dalam servis mesin motor, maka tidak perlu lagi mempekerjakan karyawan. Tetapi, jika Anda belum ahli, maka bisa merekrut orang yang sudah mahir di bidangnya.

3. Cucian Mobil atau Motor

Bisnis selanjutnya yang bisa dilakukan setelah pensiun yaitu dengan membuka cucian mobil atau motor. Bisnis ini sekarang sudah merambah sampai ke perumahan. Dalam menjalankan bisnis ini Anda harus pandai dalam memilih lokasi yang strategis dan tentunya mudah untuk dijangkau. Carilah lahan yang luas agar bisa menampung lebih banyak kendaraan, baik itu roda dua maupun roda 4. Untuk peralatannya, Anda bisa mempersiapkan ember, selang, keran air dan sampo khusus motor dan mobil.

4. Budidaya Ikan

Tidak hanya orang yang mempunyai keahlian dalam beternak ikan saja, tetapi siapapun juga bisa menggelutinya termasuk Anda sebagai pensiunan PNS. Anda bisa mempelajari dari berbagai macam sumber, seperti buku, internet dan seminar kewirausahaan. Atau bahkan Anda bisa belajar dengan pengusaha yang sudah sukses di bisnis ini. Untuk pemula, Anda bisa menjalankan bisnis budidaya ikan mas, ikan lele, gurame dan mujahir. 
 
Saat ini juga ada banyak orang yang melirik bisnis ikan cupang, karena prospeknya yang sangat menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis budidaya ikan ini, Anda harus menyiapkan lahan dan segala peralatan yang diperlukan untuk berbisnis. Anda cukup menjalankan fokus ke satu jenis ikan saja, lalu dikembangkan sambil terus belajar. Apabila Anda sudah mempunyai pengetahuan yang banyak tentang bisnis ikan, maka kedepannya pasti akan menjadi sumber penghasilan tambahan setelah pensiun.

5. Rental Mobil atau Motor

Apabila Anda mempunyai kendaraan motor atau mobil yang sudah jarang dipakai, maka bisa disewakan kepada orang lain dan itu akan lebih baik karena bisa menambah penghasilan Anda. Tidak perlu ragu saat menjalankan bisnis ini, karena bisnis rental kendaraan pasti kedepannya memiliki pasar yang cukup luas. 
 
Tidak semua orang mempunyai uang untuk membeli kendaraan. Maka dari itu, alternatif mereka untuk bepergian yaitu dengan naik angkutan umum atau bahkan ada juga orang yang membutuhkan jasa rental mobil atau motor. Anda bisa membuat brosur dan mempromosikannya di media sosial mengenai bisnis rental mobil yang sedang Anda jalankan.

6. Waralaba

Bisnis yang sangat cocok untuk pensiunan PNS yaitu dengan menjalankan waralaba atau biasa disebut dengan franchise. Bisnis ini tentunya masih menjadi primadona banyak orang sampai sekarang. Dalam bisnis ini menawarkan konsep kemitraan dengan berbagai macam modal yang sangat beragam. Mulai dari jutaan, puluhan juta bahkan sampai ratusan juta. Jenis usahanya pun ada banyak, contohnya kuliner, laundry, pendidikan dan lain sebagainya. 
 
Keuntungan dalam menjalankan bisnis ini yaitu Anda tinggal menjalankan usaha saja, karena tidak perlu pusing memikirkan produk apa yang ingin Anda jual. Asalkan ada modal, pasti semuanya bisa Anda jalankan. Keuntungan lainnya dari menjalankan bisnis waralaba yaitu Anda akan mendapatkan dukungan yang lebih dari pemilik waralaba, bahkan sampai dibantu mencari lokasi yang tepat untuk memulai usaha.
 
Masa pensiun memang menjadi masa yang sangat menyenangkan, karena Anda bisa menikmati hidup tanpa beban kerja dari kantor. Tetapi jangan hanya menggunakan waktu pensiun untuk hal yang tidak bermanfaat. Maka dari itu, memulai bisnis menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Berbisnis sama saja seperti bekerja, harus selalu dilakukan dengan sepenuh hati. Jika tidak, pasti hasilnya tidak akan maksimal. Maka dari itu, pilihlah bisnis yang sesuai dengan passion Anda agar tetap semangat dalam menjalankannya.