Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Ide Bisnis Musiman Yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia

Bisnis musiman merupakan salah satu bisnis yang hanya dilakukan pada periode tertentu saja, dan biasanya bisnis ini dilakukan di Indonesia hanya satu tahun sekali. Bisnis ini tidak akan bertahan lama, karena akan selalu muncul hanya dalam waktu spesial saja. Namun, peluang bisnis ini sangat menjanjikan, karena apabila dimulai pasti akan cepat booming bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan banyak, tetapi tidak akan bertahan lama karena orang pasti akan merasa bosan dengan jualan itu-itu saja. 
 
Meski demikian, justru orang yang menjalankan bisnis musiman di Indonesia sangatlah banyak bahkan hampir semua orang mempunyai niat untuk menjalankan bisnis tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai kesempatan dan tetunya modal yang cukup, maka jangan pernah sia-siakan bisnis ini, siapa tahu bisa menjadi ladang penghasilan Anda. Berikut ini ada beberapa bisnis musiman yang bisa Anda jalankan.

Ide Bisnis Musiman Yang Wajib Dicoba

5 Ide Bisnis Musiman Yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia

1. Bisnis Hari Raya Keagamaan

Di Indonesia terdapat berbagai macam agama, dan tentunya juga ada sejumlah hari besar keagamaan yang setiap tahun pasti akan dilaksanakan. Untuk umat islam yaitu hari raya idul fitri dan untuk umat kristen dan katolik yaitu natal. Setiap hari raya tiba, pasti semua orang yang merayakannya akan melakukan tradisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, kebutuhan masyarakat akan semakin bertambah pesat, bahkan berbeda dari kebutuhan sebelumnya. 
 
Banyak orang yang memanfaatkan bisnis menjelang hari raya, karena bisnis ini terbilang sangat menjanjikan walaupun hanya sebentar. Contohnya pada saat bulan Ramadhan, umat islam akan melakukan bisnis seperti menjual baju muslim, kue nastar, takjil, dan lain sebagainya. Nah saat natal, umat Kristen pasti akan menjual pohon natal, kue natal dan perlengkapan natal lainnya. Jadi jangan sampai Anda menyia-nyiakan bisnis musiman ini.

2. Bisnis di Tahun Politik

Pada saat pemilihan kelapa daerah atau pilkada, pemilihan umum atau pemilu, maka semua orang akan membutuhkan yang namanya perlengkapan kampanye agar aktivitas berjalan dengan lancar. Memang bisnis ini hanya ada di tahun politik saja, namun jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik pasti akan mendapatkan banyak sekali keuntungan dari mereka yang memesan perlengkapan kampanye. 
 
Contohnya Anda bisa membuat bisnis percetakan atribut kampanye, pembuatan video maupun foto kampanye dan lain sebagainya. Semua itu akan membutuhkan biaya yang lumayan banyak, maka dari itu Anda bisa memanfaatkan bisnis ini dan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan.

3. Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus, dan itu akan dilaksanakan setiap tahunnya untuk menghargai jasa para pahlawan. Sebagai hari yang sangat penting bagi bangsa dan negara Indonesia, pasti semua orang akan antusias dalam memepringatinya setiap tahun. 
 
Dari sabang sampai merauke pasti Anda akan melihat bendera merah putih berkibar, kaos bertema NKRI dan lain sebagainya. Anda bisa menemukan banyak sekali penjual kaos maupun bendera setiap bulan Agustus. Untuk itu, bisnis di bulan Agustus ini sangat menjanjikan jika Anda giat dalam melakukan promosi.

4. Bisnis Menyambut Tahun Baru

Setiap satu tahun sekali tepatnya pada bulan Desember akhir, semua orang begitu antusias dalam menyambut tahun baru 1 Januari. Walaupun waktu libur tidak terlalu lama, pasti semua orang akan meluangkan waktunya hanya untuk menyambut tahun baru dan akan selalu bersemangat. 
 
Biasanya di Indonesia akan ada banyak sekali acara di akhir bulan Desember sampai awal Januari, hanya untuk merayakan tahun baru. Hal tersebut sangat berdampak positif bagi Anda yang ingin memulai bisnis musiman. Anda bisa mencoba jualan terompet, kalender, atau mengadakan even tertentu yang nantinya diperlukan pada acara tahun baru.

5. Bisnis Saat Even Olahraga

Hampir semua orang menyukai yang namanya olahraga, terlebih jika olahraga tersebut diadakan berskala Internasional dan membawa nama baik Negara. Pastinya semua masyarakat akan semakin antusias dalam memberikan dukungan bagi negaranya agar menjadi pemenang dalam perlombaan. 
 
Contohnya seperti Asian Games di Indonesia, dimana pesta olahraga ini pastinya sangat meriah dan akan berdampak positif pada dunia usaha, seperti menjual atau memproduksi merchandise Asian Games. Selain itu, Anda bisa menjual gantungan kunci, kaos, boneka, topi dan lain sebagainya.
 
Memanfaatkan peluang bisnis musiman memang menjadi hal yang wajib Anda coba, karena itu hanya dilakukan paling tidak satu tahun sekali dan pastinya banyak sekali orang yang membutuhkan. Dengan begitu keuntungan bisa Anda dapatkan dengan mudah asalkan bisa memasarkan produk dengan baik. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mencari ide bisnis musiman yang ada di Indonesia.