Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Baru

Menjadi entrepreneur atau mempunyai bisnis sendiri memang sudah menjadi cita-cita semua orang, karena selain bebas dari aturan kantor, juga bisa berpotensi mempunyai penghasilan yang banyak. Ada kebebasan dan tantangan tersendiri jika Anda ingin memulai membangun sebuah bisnis dari nol hingga dikenal banyak orang. Terlebih jaman sekarang teknologi sudah semakin canggih, dan akan lebih memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis. 
 
Dan sudah banyak bisnis kecil hingga menengah yang berkembang sangat pesat, dan mendapatkan omzet besar. Namun, dalam memulai bisnis tidaklah semudah yang dibayangkan, karena masih ada banyak hal yang harus Anda persiapkan. Berikut ini adalah beberapa hal wajib yang harus Anda persiapkan sebelum memutuskan untuk memulai bisnis baru.

Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Baru

9 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Baru

1. Miliki Mental Entrepreneur

Sebelum berbicara lebih mendalam tentang berbisnis, terlebih dahulu pastikan diri Anda mempunyai mental entrepreneur yang kuat. Seorang entrepreneur sangat berbeda dengan karyawan, yaitu mereka lebih berani mengambil resiko dan tetap menjalankan setiap langkah bisnis dengan teliti. Mereka juga selalu sigap dalam mengadapi berbagai macam masalah tentang bisnisnya. Tetapi, jika mental karyawan yaitu mereka kebanyakan bermental kecil, contohnya tidak berani keluar dari zona nyaman dan hanya mengandalkan gaji dari perusahaan saja. 
 
Entrepreneur merupakan salah satu orang yang menjadi pemimpin di bidang bisnis. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai sifat dasar dalam kepemimpinan dimana itu akan sangat berguna nantinya saat menjalankan bisnis. Selain itu, Anda juga harus mempunyai sikap ketegasan, berani mengambil resiko, pintar beradaptasi dan yang tidak kalah penting yaitu harus mengetahui arah dan tujuan bisnis.

2. Menguasai Bidang Yang Sedang Ditekuni

Persiapan selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan menguasai bidang yang akan dijalankan. Usahakan Anda sudah memahami bidang tersebut dan menjadi ahli agar kedepannya tidak kesulitan dalam mengembangkan bisnis. Semakin ahli dalam bidang tersebut maka perkembangan bisnis akan semakin baik, dan Anda harus menguasainya dengan sepenuh hati.

3. Melatih Diri Untuk Selalu Disiplin dan Tanggung Jawab

Semua orang pasti sudah mengetahui apa itu disiplin. Tetapi hanya saja mereka jarang mempraktekkan terutama ketika ingin memulai sebuah bisnis. Apabila Anda ingin menjadi sukses terutama sukses dalam berbisnis, maka latihlah diri Anda untuk selalu disiplin dalam segala hal, contohnya disiplin dalam mengatur keuangan, disiplin mengatur waktu dan disiplin dalam menjalankan plan sesuai dengan rencana yang sudah Anda tentukan. 
 
Cara melatih kedisiplinan cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membuat deadline atau tenggang waktu terhadap apa yang akan Anda lalukan. Nah, apabila Anda tidak sanggup melakukannya, maka bisa memberikan hukuman kecil terhadap diri sendiri. Memang ketika masih awal terasa sulit, tetapi jika sudah berjalan beberapa minggu pasti akan terbiasa.

4. Mau Bekerja Ekstra

Tidak ada orang yang meraih kesuksesan dalam waktu semalam, karena semuanya pasti membutuhkan yang namanya proses. Mulai sekarang Anda harus mau bekerja lebih ekstra, karena sudah tidak ada lagi yang mengatur waktu Anda seperti halnya ketika masih bekerja di kantor. 
 
Seorang entrepreneur pemula biasanya akan menghabiskan waktunya untuk belajar tentang dunia bisnis dan merelakan waktunya untuk tidak nongkrong atau hanya untuk tiduran saja. Bekerjalah lebih keras dari sebelumnya agar kedepannya bisnis Anda akan cepat membuahkan hasil.

5. Membangun Tim dan Partner Bisnis

Semua orang jika baru saja membangun bisnis pasti akan membutuhkan bantuan orang lain, karena tidak akan bisa dilakukan dengan sendiri terlebih bisnis yang dijalankan cukup berat, dan mempunyai resiko yang besar. Agar bisnis Anda tetap berjalan dengan lancar, maka mulai sekarang harus sudah bisa membangun tim dan memperbanyak relasi. Carilah partner bisnis yang mempunyai visi dan misi yang sama, karena itu akan memberikan pengaruh positif bagi bisnis Anda di masa depan.

6. Menentukan Lokasi Bisnis

Lokasi bisnis menjadi salah satu hal yang paling penting agar bisnis tetap berkembang. Anda bisa memilih loaksi sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Usahakan memilih lokasi yang mudah dijangkau semua orang dan lebih baik berada di keramaian. Semakin strategis lokasi, maka semakin besar potensi bisnis akan berkembang.

7. Persiapkan Modal Dengan Maksimal

Memang modal bukan syarat utama dalam menjalankan bisnis, tetapi setidaknya Anda harus sudah mempunyai modal agar bisnis Anda kedepannya lebih mudah berkembang. Apabila Anda seorang karyawan, maka bisa mengumpulkan modal sedikit demi sedikit dari gaji perbulan dan usahakan jangan sampai berhutang ketika akan menjalankan bisnis. Selain itu, ketika sedang menjalankan bisnis, hindari sifat boros karena itu hanya akan membuang-buang biaya.

8. Tetap Fokus Pada Satu Tujuan

Jika ingin bisnis Anda berkembang dan bertahan lama, maka kefokusan menjadi modal utama. Jangan dengarkan apa kata orang lain, tetap fokus pada bisnis Anda dan tujuan Anda di masa depan. Ketika memulai bisnis baru, usahakan mempunyai plan yang jelas agar kedepannya Anda menjalankan bisnis sesuai dengan rencana.

9. Mencari Ilmu dan Pengetahuan Tambahan

Sebelum terjun ke dunia bisnis, alangkah baiknya Anda mencari ilmu dan pengetahuan sebanyak-banyaknya, karena itu akan lebih membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Ilmu bisa didapatkan darimana saja, contohnya membaca buku, mencari di internet atau bahkan mengikuti seminar hingga pelatihan kewirausahaan. Semakin banyak ilmu bisnis yang Anda kuasai, maka akan semakin mudah dalam menjalankan bisnis.
 
Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis baru. Jangan ragu untuk memulai bisnis, karena semua orang bisa melakukannya asalkan ada niat yang kuat. Apabila 9 hal di atas sudah bisa Anda lakukan semua, pasti kedepannya bisnis akan mudah untuk berkembang.