Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Hal Yang Harus Dilakukan Anak Muda Jika Ingin Memulai Bisnis

Saat ini, banyak sekali generasi muda yang justru lebih memilih untuk menjalankan bisnisnya sendiri daripada bekerja di sebuah perusahaan. Dengan mempunyai usaha sendiri, maka anak muda bisa sangat mungkin untuk mengembangkan dan menjalankan pekerjaan seuai dengan hobinya, dan itu akan bisa berkembang jika dilakukan dengan baik. 
 
Para pakar pun juga menemukan bahwa kini semakin banyak generasi muda baik generasi milenial maupun generasi Z yang lebih memilih untuk mempunyai bisnis sendiri. Memulai bisnis sendiri memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, tetapi dalam praktiknya seringkali membingungkan dan membuat banyak orang kewalahan. Apabila Anda ingin menjalankan bisnis dengan baik, maka jangan terburu-buru karena itu hanya akan membuat Anda semakin bingung. 
 
Namun, pikirkan semuanya sematang mungkin tentang apa saja yang harus Anda lakukan, dan apa yang harus Anda korbankan untuk mencapai tujuan dalam berbisnis. Sebelum memulai berbisnis saat usia muda, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Persiapan Bisnis Untuk Anak Muda

7 Hal Yang Harus Dilakukan Anak Muda Jika Ingin Memulai Bisnis

1. Menabung Dulu

Sebelum Anda memulai berbisnis, alangkah baiknya Anda mempunyai sejumlah uang yang ada di dalam tabungan. Karena bisnis sebesar apapun tidak akan bisa berkembang jika tidak mempunyai tabungan yang cukup. Apabila Anda ingin meminjam modal ke bank, maka perhatikan terlebih dahulu prospek bisnis Anda untuk kedepannya apakah menjanjikan atau tidak. Jangan sampai Anda sudah berhutang ke bank, tetapi bisnis yang dijalankan terhenti di tengah jalan.

2. Pilih Nama

Dalam memilih nama untuk berbisnis memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, namun juga bisa membuat Anda sendiri menjadi pusing. Anda juga harus melakukan riset agar memastikan nama usaha yang unik dan mudah dikenal banyak orang. Selain itu, lakukanlah riset kekayaan intelektual secara mendalam sebelum Anda memutuskan untuk melangkah lebih jauh dalam memulai bisnis. 
 
Banyak orang ketika memilih nama, membuat situs yang keren, atau bahkan sudah berinvestasi di bisnis tersebut, namun yang terjadi yaitu mereka malah melanggar hal cipta milik orang lain. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak melanggar hak cipta orang lain dan daftarkan merek bisnis Anda sebelum melangkah lebih jauh lagi.

3. Daftar Merek dan Usaha

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan mendaftarkan merek dan usaha Anda. Untuk mendaftarkan hak cipta mereka, maka Anda bisa melakukanya di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Selain itu, Anda juga harus membuat badan hukum usaha, contonya PT atau Perseroan Terbatas dan CV atau Persekutuan Komanditer. Dengan demikian, Anda sudah bisa menjalankan bisnis dengan nyaman dan tentunya akan lebih aman karena sudah berbadan hukum dan yang paling penting sudah mengantongi hak cipta.

4. Susun Rencana Bisnis Dengan Baik

Rencana bisnis yang bagus justru akan memuat segala hal yang Anda butuhkan, mulai dari rencana keuangan, analisis pasar, hingga proyeksi bisnis ke depan. Hal tersebut harus Anda lakukan sebaik mungkin, karena tidak akan bisa dilakukan hanya dalam waktu sekejap. Pada saat menyusun rencana bisnis, sebaiknya luangkan waktu yang telah Anda antisipasi. Hal ini akan memberikan Anda cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya dengan baik dan tanpa terganggu dengan lini masa atau tanggal peluncuran yang telah ditetapkan.

5. Buka Rekening Bisnis

Ketika Anda sudah memutuskan untuk menjalankan bisnis sendiri, maka jangan sampai menyatukan rekening bisnis dengan rekening pribadi, karena itu hanya akan membuat Anda bingung dalam mengatur keuangan. Buatlah rekening khusus untuk bisnis Anda. Hal tersebut bertujuan untuk memisahkan uang pribadi dengan uang yang didapatkan dari keuntungan menjalankan bisnis. Lakukan reset terkait bank-bank yang menyediakan produk rekening bisnis dan jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan pihak bank agar lebih jelas.

6. Go Online

Semakin berkembangnya jaman, maka bisnis akan semakin mudah untuk dijalankan karena dengan adanya media sosial semuanya pasti bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Luangkan waktu Anda untuk menciptakan akun online, kemudian buatlah jadwal rutin untuk mengelola akun online Anda tersebut untuk berbisnis. Akun online bisa berupa situs web atau bahkan media sosial seperti facebook, Instagram dan platform e-commerce.

7. Kelola Keuangan Dengan Baik

Hal terpenting lainnya dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu bijak dalam mengelola keuangan. Dalam mengelola keuangan dalam bisnis, Anda harus memperhatikan arus kas, biaya, keuntungan, hingga pajak. Dalam hal ini Anda bisa meminta bantuan kepada teman yang sudah berpengalaman dalam mengelola keuangan bisnis atau bahkan meminta bantuan akuntan, karena dalam berbisnis pasti akan ada hal yang tidak bisa Anda lakukan sendiri.
 
Berani membangun bisnis ketika masih mudah merupakan keputusan yang sangat baik, dan tidak semua anak muda mampu dalam menjalankan bisnis. Untuk itu, jika sekarang bisnis Anda sudah berkembang, maka otomatis Anda lebih unggul daripada anak muda yang lain. Tetaplah berkarya selagi masih muda, dan jangan hanya mengandalkan bekerja di perusahaan saja.