Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Mengikuti Program Magang di Perusahaan

Sebagai seorang mahasiswa pasti Anda akan mengalami fase dimana harus mencari tempat magang di berbagai macam perusahaan, dan magang tersebut menjadi hal yang sangat menentukan kelulusan Anda. Magang merupakan salah satu kegiatan mahasiswa dimana mereka akan merasakan terjun langsung ke dunia kerja, dan akan bertemu dengan orang yang sudah menjadi pegawai di perusahaan yang mereka pilih. 
 
Dengan mengikuti magang, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan juga bisa belajar bagaimana rasanya terjun ke dunia kerja secara langsung. Namun, melakukan kegiatan magang tidak semudah yang dibayangkan, karena Anda harus selalu siap dalam menghadapi berbagai macam hal di perusahaan tersebut. Jadi, Anda harus sudah tahu apa saja hal yang seharusnya dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan ketika magang. 
 
Banyak mahasiswa yang kurang memahami tata cara mengikuti magang dengan baik dan akhirnya magang mereka kurang maksimal. Oleh sebab itu, pastikan Anda menjalankan program magang dengan sebaik mungkin agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan ada beberapa hal yang harus Anda hindari di tempat magang. Berikut penjelasannya.

Hindari Hal Ini Ketika Mengikuti Program Magang

5 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Mengikuti Program Magang di Perusahaan

1. Tidak Menerima dan Meminta Masukan

Hal pertama yang harus Anda hindari yaitu Anda tidak mau menerima atau meminta masukan dari atasan ataupun teman magang Anda. Padahal magang merupakan salah satu proses dimana Anda harus bisa memanfaatkan segala hal agar bisa mendapatkan banyak perspektif baru dari orang lain. 
 
Nah, jika Anda ingin mendapat masukan yang banyak di tempat magang, maka harus terlebih dahulu bertanya tentang hal yang belum Anda ketahui dan bagaimana performa Anda saat mengikuti magang. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kekurangan dan kedepannya bisa segera diperbaiki. Tidak perlu malu dan tersinggung, karena dengan mendapatkan banyak masukan, maka akan semakin membangun Anda menjadi lebih baik lagi.

2. Tidak Ingin Mencoba Sebelum Bertanya

Hal selanjutnya yang harus Anda hindari ketika mengikuti magang yaitu jangan terlalu banyak bertanya, sebelum Anda mencoba untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Sebenarnya semua masalah yang dialami pasti bisa Anda selesaikan dengan sendiri sebelum bertanya kepada atasan, namun karena Anda takut dalam mengambil langkah, maka semuanya akan terlihat sulit. 
 
Selama hal tersebut tidak menimbulkan kesalahan yang sangat fatal, tidak ada salahnya Anda mengeksplorasi terlebih dahulu. Tetapi, jika Anda sudah benar-benar tidak menemukan jawabnnya, maka bisa bertanya kepada atasan sambil menjelaskan tentang kondisi yang sedang Anda alami saat itu. Dengan begitu, Anda akan menjadi tahu permasalahan yang ada di perusahaan sekaligus kedepannya bisa menyelesaikannya dengan sendiri.

3. Tidak Fokus dan Kurang Totalitas

Yang ketiga yaitu Anda tidak fokus dan kurang totalitas dalam menyelesaikan tugas yang sudah diberikan oleh atasan. Padahal jika Anda fokus, maka kedepannya pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, berusaha untuk totalitas di saat mengerjakan bisa membuat Anda terbiasa untuk selalu terampil dalam bekerja. Jadi, manfaatkan waktu magang Anda untuk selalu fokus dalam segala hal dan yang tidak kalah penting harus totalitas. Siapa tahu setelah selesai magang, Anda langsung bisa ditarik untuk bekerja menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

4. Kurang Komunikasi Dengan Orang Lain

Hal selanjutnya yang harus Anda hindari ketika magang yaitu kurang berkomunikasi dengan karyawan lain yang ada di perusahaan. Membangun relasi atau networking dengan teman satu perusahaan menjadi hal yang sangat penting, karena siapa tahu mereka bisa membantu Anda ketika mengalami kesulitan saat melakukan magang, atau bahkan bisa membantu Anda di dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Maka dari itu, pastikan Anda selalu menjalin komunikasi yang baik dengan atasan maupun karyawan di sebuah perusahaan.

5. Takut Menerima Tugas Baru

Hal terakhir yang harus Anda hindari yaitu takut menerima tugas atau pekerjaan baru yang diberikan oleh atasan. Dalam dunia kerja rasanya segala hal pasti berjalan secara fleksibel, artinya terkadang apa yang Anda ingin kerjakan tidak bisa Anda dapatkan, dan mau tidak mau Anda harus mengerjakan hal lain. Oleh karena itu, jangan sampai Anda memilih-milih jenis kerja saat melakukan program magang. Harus berani mencoba hal baru dan anggap saja itu semua untuk menambah skill Anda di bidang yang lain.
 
Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari ketika mengikuti program magang di perusahaan. Jadilah mahasiswa yang selalu berfikir cerdas ketika melakukan magang agar kegiatan magang tidak menjadi sia-sia.