Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Gejala Infeksi Paru-paru Yang Harus Anda Ketahui

Infeksi pari-paru merupakan salah satu penyakit yang sangat rentan menyerang anak-anak, orang dewasa, perokok, sampai orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah. Nah, penyakit inilah yang akan mempengaruhi bagian saluran udara sampai kantong udara paru-paru. Bahkan penyakit ini bisa menyebabkan lendir menumpuk di paru-paru dan bisa menyebabkan nanah. Dampak yang terjadi yaitu saluran udara menjadi bengkak dan akan memicu sesak nafas. 
 
Infeksi paru-paru disebabkan karena berbagai macam hal, diantaranya yaitu bakteri, virus, jamur, kebiasaan merokok, sampai paparan bahan kimia yang berbahaya dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, jika mengalami gangguan pada sistem pernafasan ini bisa menyebakan tubuh kekurangan oksigen. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini ada beberapa gejala infeksi paru-paru yang harus Anda ketahui.

Gejala Infeksi Pada Paru-paru

9 Gejala Infeksi Paru-paru Yang Harus Anda Ketahui

1. Batuk Berdahak

Apabila Anda mengalami batuk berdahak, maka harus selalu berhati-hati terlebih jika tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu. Batuk berdahak terkait infeksi paru-paru biasanya disertai dengan keluarnya darah, lendirnya berwarna putih, abu-abu, atau bahkan kehijauan.

2. Dada Sakit Seperti Ditusuk-tusuk

Jika dada Anda terasa sakit, bukan hanya terkait dengan penyakit jantung, tetapi masalah ini juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda mengalami infeksi paru-paru. Dada terasa sakit pada paru-paru biasanya akan terasa nyeri seperti ditusuk-tusuk. Selain itu, rasa nyeri tersebut bahkan akan cenderung memburuk apabila digunakan untuk batuk atau bahkan bernafas dalam-dalam. Namun, terkadang rasa sakit tersebut bisa menjalar dari dada sampai ke punggung atas dan tengah.

3. Demam Tinggi

Demam merupakan salah satu mekanisme tubuh saat melawan infeksi. Suhu tubuh bisa dibilang normal jika di bawah 37 derajad celcius. Kebanyakan penderita infeksi paru-paru disebabkan karena mengalami demam tinggi dengan suhu mencapai 40,5 derajad celcius. Pada saat mengalami demam tinggi biasanya tubuh akan berkeringat, nyeri otot, panas dingin, sakit kepala sampai badan pun terasa lemah. Apabila demam di atas 38 celcius, maka segeralah pergi dokter untuk berkonsultasi.

4. Badan Pegal-pegal

Pada saat paru-paru terinfeksi, maka secara otomatis otot tubuh sampai punggung akan terasa nyeri. Kondisi tersebut disebabkan karena peradangan yang terjadi pada otot akibat tubuh mengalami infeksi.

5. Pilek

Gejala infeksi paru-paru yang juga tidak boleh disepelekan yang selanjutnya yaitu pilek dan bersin-bersin. Apabila Anda pilek atau bersin dalam waktu yang cukup lama, maka harus segera waspada karena itu merupakan infeksi pada paru-paru. Pilek dan bersin biasanya akan muncul pada infeksi paru-paru seperti bronkitis.

6. Sesak Nafas

Setiap mengalami gangguan atau penyakit paru-paru jamak disertai dengan sesak nafas atau bahkan tubuh merasa sangat sulit untuk bernafas dengan sempurna. Apabila Anda mengalami hal tersebut, maka segeralah untuk pergi ke dokter atau rumah sakit untuk meminta obat agar penyakit cepat diobati dengan baik.

7. Kelelahan

Seseorang biasanya akan merasa lelah atau lesu karena tubuh bekerja lebih keras untuk melawan infeksi. Jika tubuh merasa lelah yang berlebihan, maka istirahat menjadi hal yang sangat penting agar proses pemulihan menjadi lebih cepat.

8. Mengi

Mengi merupakan salah satu kondisi dimana pada saat membuang nafas akan terdengar suara seperti siulan namun bernada kecil. Mengi tersebut disebabkan karena saluran udara yang semakin menyempit atau bahkan mengalami peradangan akibat infeksi.

9. Suara Berderak Dari Paru-paru

Gelaja lainnya karena infeksi paru-paru yaitu munculnya suara berdahak yang terjadi dari bagian dalam paru-paru. Nah, suara tersebut akan terdengar pada saat dilakukan pemeriksaan oleh dokter dengan menggunakan alat yang bernama stetoskop.  
 
Segeralah melakukan konsultasi ke dokter apabila Anda mengalami beberapa gejala di atas agar bisa segera ditangani dengan baik. Apabila penyakit ini tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan penyakit paru-pari kronis yang sangat fatal.