Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Daftar Bisnis Jelang Idul Adha Yang Sangat Menguntungkan

Hari raya Idul Adha pastinya akan disambut dengan sangat antusias oleh semua masyarakat muslim. Karena salah satu hal yang paling menonjol dari perayaan Idul Adha yaitu berkurban. Sembari merayakan Idul Adha dengan keluarga, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan yang banyak dengan cara berbisnis. Ada banyak sekali bisnis yang bisa Anda lakukan jelang Idul Adha dan itu sangat menguntungkan jika dilakukan dengan baik dan sesuai dengan target pasat. Berikut ada beberapa daftar bisnis yang bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan.

Daftar Bisnis Jelang Idul Adha

7 Daftar Bisnis Jelang Idul Adha Yang Sangat Menguntungkan

1. Bisnis Hewan Kurban

Bisnis pertama yang sangat direkomendasikan yaitu dengan bisnis hewan kurban. Karena semua orang yang akan berkurban pasti akan mulai mencari hewan kurban saat menjelang Idul Adha. Itulah yang menjadikan mengapa bisnis hewan kurban menjadi pilihan bisnis yang tepat. Langkah awal yaitu Anda bisa mencari peternakan, dan pastikan bahwa hewan yang berada di peternakan tersebut sehat dan tidak cacat. Tujuannya yaitu ketika nantinya hewan tersebut dijual, maka tidak ada permasalahan pada kesehatan maupun fisiknya. 
 
Dengan melakukan bisnis ini, pasti Anda harus memerlukan modal yang cukup besar. Apabila Anda belum mempunyai modal yang cukup, maka bisa menjadi broker hewan kurban. Artinya Anda akan menjadi penghubung atau menjadi orang ketiga dengan mempertemukan antara penjual hewan ternak dan calon pembeli. Tugas Anda yaitu hanya mempromosikan bisnis hewan kurban kepada teman, tetangga, atau bahkan saudara.

2. Jasa Penitipan Hewan kurban

Jika Anda mempunyai lahan yang tidak terpakai atau masih kosong, maka bisa dimanfaatkan menjadi tempat untuk penitipan hewan kurban. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pemasukan daripada lahan tidak terpakai. Nantinya Anda tidak hanya dititipkan hewan kurban saja, tetapi juga harus bertanggungjawab untuk merawat dan memberi makan hewan kurban secara rutin agar saat Idul Adha kondisi hewan tetap sehat. 
 
Untuk meyakinkan orang lain, maka Anda bisa memberikan jaminan bahwa hewan kurban yang dititipkan bisa Anda rawat dengan baik sampai hari Idul Adha tiba. Dalam membuka jasa penitipan hewan kurban ini, Anda bisa menentukan harganya dihitung perhari atau bahkan perminggu.

3. Catering Olahan Daging

Biasanya saat Idul Adha semua menu makanan tidak jauh dari menu daging. Namun, masih banyak orang yang tidak bisa mengolah daging dengan baik. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Apabila Anda pandai memasak, maka bisa membuka jasa catering olahan daging kurban. Selain itu, bisa juga orang lain memberikan daging kepada Anda dan Anda tinggal memasaknya sesuai dengan yang mereka inginkan.

4. Bumbu Siap Pakai

Bisnis selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjual bumbu siap pakai. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini pasti semua orang akan merasa takut untuk keluar rumah hanya belanja ke pasar. Maka dari itu, Anda bisa menyediakan berbagai macam bumbu siap pakai yang nantinya bisa digunakan untuk mengolah daging kurban, contohnya bumbu rendang, sate, gulai dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan sistem Pre-Order atau PO agar bumbu yang diracik masih tetap segar ketika dimasak.

5. Peralatan dan Perlengkapan Membuat Sate

Tradisi orang Indonesia ketika Idul Adha yaitu dengan membuat sate olahan daging kurban. Dengan begitu, maka Anda bisa memanfaatkan bisnis dengan menjual perlengkapan dan peralatan dalam membuat sate. Yang harus Anda jual yaitu tusuk sate, batok kelapa, arang, bumbu sate, kipas dan pemanggang.

6. Bisnis Perlengkapan Ibadah

Bisnis perlengkapan Ibadah menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat menjanjikan saat menjelang hari raya, baik itu hari raya idul fitri maupun idul adha. Biasanya semua orang akan membutuhkan perlengkapan ibadah baru agar lebih bersemangat dalam menyambut hari raya. Anda bisa menjual perlengkapan ibadah, seperti sajadah, mukena, baju koko, sarung dan lain sebagainya. Dengan promosi yang sangat bagus, maka kemungkinan bisnis Anda tersebut akan berkembang dan pastinya mendapatkan keuntungan.

7. Bisnis Baju Muslim

Saat menjelang idul adha, pasti permintaan baju muslim dari pelanggan akan semakin meningkat. Pasalnya banyak sekali orang yang membutuhkan baju muslim untuk bersilaturahmi ke tempat tetangga atau saudara. Anda bisa menjual baju muslim dengan berbagai macam model agar semakin diminati oleh banyak orang. Untuk pemasarannya, Anda bisa memanfaatkan media sosial dengan fitur ads atau iklan agar produk Anda semakin cepat dikenal orang.
 
Saat Idul Adha tiba, maka Anda jangan semata-mata hanya mencari keuntungan dari berbisnis saja, tetapi juga harus memastikan bahwa rejeki yang Anda dapatkan tersebut halal. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ketenangan hati. Semoga Anda bisa merayakan hari raya dengan senang hati dan membuat semuanya menjadi berkah.