Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Cara Mudah Menyelamatkan Tanaman Hias Yang Hampir Mati

Mempunyai tanaman hias di dalam ruangan memang memberikan kesan yang menarik. Selain itu, juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produktivitas. Namun, tidak semudah yang dibayangkan, karena dalam memilih tanaman hias yang cocok untuk di dalam ruangan justru mempunyai kerumitan tersendiri. Karena semua tanaman pasti akan membutuhkan sinar matahari, air, hingga suhu yang berbeda-beda. 
 
Apabila Anda salah dalam memilih jenis tanaman yang diletakkan dalam rumah, maka akan membuatnya semakin kayu bahkan bisa mati sekalipun. Jika Anda mempunyai tanaman di dalam ruangan yang terlihat sangat layu dan akan mati, maka bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar tanaman kembali hidup normal dan tidak layu.

Cara Menyelamatkan Tanaman Hampir Mati

6 Cara Mudah Menyelamatkan Tanaman Hias Yang Hampir Mati

1. Ganti Pot Tanaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan menggunakan campuran pot tanaman di dalam ruangan yang mempunyai kualitas tinggi untuk merevitalisasi tanaman hias Anda. Selain itu, pilihlah pot yang berukuran lebih besar dan lebar dari pot yang sebelumnya. Namun, apabila tanaman Anda mengalami dehidrasi, maka langsung saja tambahkan beberapa kristal penyimpan air.

2. Pangkas Tanaman

Apabila tanaman hias Anda mengalami kerusakan pada akar, maka rapikan kembali pada bagian daunnya. Hal tersebut berarti akar tidak harus bekerja secara berlebihan untuk menopang daun dalam jumlah yang besar dan banyak.

3. Pindahkan Tanaman

Semua tanaman memang memutuhkan sinar maathari, tetapi jika berlebihan justru akan tidak baik untuk tanaman sendiri. Tanda apabila tanaman terlalu banyak mendapatkan sinar matahari yaitu dengan adanya bercak terang atau gelap pada daun, rapuh atau bahkan daun kering. Jika tanaman hias Anda tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup, pasti daunnya akan menjadi kecil dan pucat. Solusinya yaitu langsung saja pindahkan tanaman Anda ke tempat yang mempunyai kondisi cahaya yang lebih baik lagi.

4. Sirami Tanaman

Apabila tanah kering dan daunnya rapuh, maka sudah bisa dipastikan tanaman mengalami dehidrasi dan sangat membutuhkan air. Akan tetapi, saat menyirami tanaman jangan terlalu berlebihan sampai membanjiri tanah dengan air, namun sirami tanaman hias dengan perlahan sampai tanah terasa lembab. 
 
Nah, jika tanaman Anda kekurangan air, dan akarnya mulai membusuk, bahkan jamur bisa tumbuh maka segeralah cari tahu berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tanaman tersebut dan sesuaikan dengan rutinitas Anda. Hampir semua tanaman membutuhkan air lebih sedikit selama beberapa bulan pada musim hujan atau bersuhu rendah.

5. Beri Pupuk

Tanaman juga membutuhkan nutrisi, maka dari itu berilah tanaman Anda pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Ikutilah petunjuk yang sudah disaraknkan dengan berhati-hati dan jangan sampai memberikan pupuk terlalu banyak, karena itu justru akan membuatnya mati.

6. Seka Daun Tanaman

Kebanyakan tanaman jika diletakkan di luar ruangan pasti akan banyak sekali kotoran atau bahkan diserang serangga. Maka dari itu, seka bagian daunnya dengan kain lembab dan larutan sabun lembut secara teratur agar kondisi tanaman tetap terjaga dengan baik. Selain itu, perhatikan juga tempat, jangan sampai Anda meletakkan tanaman hias di tempat yang kotor. 
 
Merawat tanaman memang membuat diri menjadi lebih senang, terlebih jika tanaman yang dirawat selalu tubuh segar. Namun, apabila tanaman Anda mengalami permasalahan seperti akan mati, maka bisa menerapkan 6 cara di atas dengan baik.