Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

10 Bahaya Mengalami Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Anda Waspadai

Hipertensi atau biasa disebut dengan darah tinggi merupakan salah satu kondisi dimana tubuh ketika mengalami tekanan darah sampai 120/80 mmHg atau bahkan lebih. Angka 120 mmHg menunjukkan tekanan sistolik, yaitu tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Sedangkan angka 80 mmHg tersebut berarti tekanan diastolik, yaitu merupakan tekanan saat jantung relaksasi dan menerima darah yang kembali dari seluruh tubuh manusia. Nah, yang harus Anda pahami yaitu semua orang bisa saja mengalami tekanan darah tinggi kapan saja, bahkan bisa bertahun-tahun dan tanpa gelaja apapun.
 
Padahal bahayanya lagi, tekanan darah tinggi yang berlebihan atau tidak terkontrol bisa meningkatkan resiko terjadinya masalah yang sangat serius pada kesehatan. Hal tersebut yang menyebabkan hipertensi yang sering disebut dengan silent killer, karena peningkatan tekanan darah yang tidak menunjukkan gejala apapun, tetapi penyakit tersebut bisa mengakibatkan komplikasi yang akan mengancam jiwa seseorang. Oleh karena itu, Anda harus bisa melakukan cek tensi secara rutin agar darah Anda tetap terjaga dengan baik. 
 
Selain itu, terjadinya tekanan yang berlebihan pada dinding arteri yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang dapat merusak atau mengganggu pembuluh darah, dan juga berbagai organ tubuh yang lain. Semakin tinggi tekanan darah Anda, maka kondisi tubuh akan tidak terkontrol dengan baik, bahkan kemungkinan kerusakannya akan semakin besar. Nah, berikut ini ada beberapa hal yang akan membahayakan Anda jika mempunyai tekanan darah yang tinggi.

Bahaya Mengalami Tekanan Darah Tinggi

10 Bahaya Mengalami Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Anda Waspadai

1. Serangan Jantung dan Stroke

Hal pertama yang sangat membahayakan yaitu bisa memicu serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi telah terbukti dapat menyebabkan pergeseran dan penebalan arteria atau aterosklerosis, yang kemudian akan menyebabkan serangan jantung, stroke dan penyakit komplikasi lainnya.

2. Membentuk Neurisma

Apabila tekanan darah semakin meningkat, maka dapat menyebabkan pembuluh darah melemah dan bisa membengkak sampai membentuk neurisma atau pembesaran pembukuh darah.

3. Picu Terjadinya Gagal Jantung

Agar bisa memompa darah melawan tekanan yang lebih tinggi di pembuluh darah, maka jantung harus bisa bekerja lebih keras lagi. Hal tersebut bisa menyebabkan dinding ruang pompa jantung akan menebal atau hipertofil ventrikel kiri. Dan yang terjadi yaitu mungkin akan mengalami kesulitan dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh, yang bisa menyebabkan gagal jantung.

4. Picu Kerusakan Jantung

Ternyata tekanan darah tinggi bisa merusak pembuluh darah yang lebih besar yang nantinya akan menuju ke ginjal dan pembuluh lebih kecil di dalam ginjal. Dari kondisi tersebut bisa mencegah organ ginjal yang masih berfungsi normal.

5. Gangguan Fungsi Penglihatan

Tekanan darah tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah kecil yang memasok darah ke mata. Dari kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada retina atau retinopati, kerusakan pada saraf, dan penumpukan cairan di bawah retina.

6. Sindrom Metabolik

Sindrom ini merupakan sebuah kelompok gangguan metabolisme tubuh, termasuk trigliserida, peningkatan ukuran pinggang, penuruhan kolesterol HDL atau kolesterol baik, kadar insulin yang tinggi dan tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut bahkan bisa membuat penderita sangat mungkin mengalami penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

7. Mempengaruhi Kemampuan Berfikir, Mengingat dan Belajar

Apabila tekanan darah tinggi tidak terkontrol, maka bisa mempengaruhi kemampuan belajar, berfikir dan mengingat. Masalah yang terjadi pada ingatan atau bahkan pemahaman konsep lebih sering dialami oleh orang dengan tekanan darah tinggi.

8. Picu Demensia

Arteri yang semakin menyempit atau tersumbat bisa membatasi aliran darah ke dalam otak, dan menyebabkan jenis demensia tertentu atau demensia vascular. Penyakit stroke yang mengganggu aliran darah ke dalam otak juga bisa menyebabkan demensia vascular.

9. Picu Disfungsi Seksual

Pria yang mempunyai tekanan darah tinggi akan lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi daripada mereka yang mempunyai tekanan darah normal. Hal tersebut dikarenakan aliran darah terbatas yang biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi dapat menghalangi aliran dalam sampai ke alat kelamin mereka. Selain itu, wanita juga bisa mengalami disfungsi seksual yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Aliran darah yang berkurang ke vagina bisa menyebabkan penurunan gairah seksual, kesulitan mencapai orgasme sampai mengalami kekeringan vagina.

10. Bisa Menyebabkan Kerusakan Tulang

Jika mengalami tekanan darah tinggi, secara tidak langsung bisa menyebabkan pengeroposan pada tulang atau yang biasa dikenal sebagai osteoporosis. Kondisi tersebut bisa terjadi karena tekanan darah tinggi bisa meningkatkan jumlah kalsium yang dikeluarkan oleh tubuh saat membuang air kecil. Penyakit osteopososis bisa mengakibatkan tulang lemah, bahkan bisa mempermudah terjadinya patah tulang.
 
Nah, itulah berbagai macam bahaya yang akan Anda alami jika mempunyai tekanan darah tinggi. Agar tubuh Anda tetap sehat dan tekanan darah tetap normal, maka sebisa mungkin perbaiki pola makan dan lakukanlah olahraga secara rutin.