Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Supaya Tetap Produktif Setelah Terkena PHK Dari Perusahaan

Salah satu dampak terbesar dengan adanya virus corona ini yaitu banyak karyawan yang terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Mereka harus rela diberhentikan kerja dikarenakan banyak sekali perusahaan yang mengalami kebangkrutan di masa pandemi seperti sekarang ini. Akibatnya karyawan harus merasa sedih, terpukul dan khawatir dengan perekomonian keluarganya di erok hari. 
 
Pastinya mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk meluapkan emosinya setelah terkena PHK. Perasaan tersebut sudah sangat wajar dan banyak orang yang mengalaminya. Namun, jangan sampai berlarut-larut dalam kesedihan dan keterpurukan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat menganggur di rumah. Agar hidup Anda tetap bisa produktif walaupun sudah terkena PHK, maka lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Tetap Produktif Setelah Terkena PHK

5 Tips Supaya Tetap Produktif Setelah Terkena PHK Dari Perusahaan

1. Memperbaiki Diri Sendiri

Perasaan sedih pasti menyelimuti hati seseorang yang terkena PHK, dan jika Anda mengalami hal tersebut maka tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu hanya sekedar untuk merenung. Berikan waktu untuk menenangkan diri sendiri, dan selanjutnya Anda harus tetap berusaha bagaimana caranya untuk tetap kembali bekerja. 
 
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan diri sendiri terlebih dahulu, dan pastikan Anda sudah berada dalam keadaan baik dan pikiran tenang agar nantinya bisa melakukan semuanya dengan baik. Perbaiki diri Anda dan selalu lihat apa saja kekurangan Anda agar ketika melamar pekerjaan bisa dilakukan dengan maksimal.

2. Ikut Webinar dan Kursus Online

Meskipun Anda masih dalam proses mencari pekerjaan baru, tetapi jangan sampai melupakan skill, karena skill akan sangat berguna bagi kehidupan Anda. Di masa pandemi covid-19 ini banyak sekali tema webinar keren yang bisa Anda ikuti dan pematerinya pun sudah professional. Usahakan mencari webinar yang sesuai dengan skill yang ingin Anda kuasai dan ingin ditingkatkan. Sehingga dengan skill tersebut, nantinya bisa menjadi nilai plus saat melamar pekerjaan di perusahaan baru.

3. Mulai Aktif Mencari Kerja

Memang tidak mudah mengawali semuanya dari nol atau gagal, tetapi Anda jangan sampai terlalu lama menganggur karena itu akan berdampak pada perekonomian keluarga. Maka dari itu, segeralah pikirkan untuk mencari pekerjaan baru agar bisa kembali bekerja secara normal. 
 
Anda bisa mengirim dan menulis CV sebanyak-banyaknya ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Meskipun saingan Anda kebanyakan freshgraduate, namun jangan pernah menyerah dan harus tetap berusaha memberikan yang terbaik. 
 
Tanamkan sikap positif bahwa Anda nantinya bisa bekerja di perusahaan baru, dan pengalaman yang sudah didapatkan di perusahaan sebelumnya bisa Anda ceritakan agar menjadi poin plus di hadapan HRD. Anda bisa mendapatkan lowongan pekerjaan melalui berbagai macam sumber, baik itu dari majalah, koran, media sosial atau bahkan di website resmi.

4. Mencoba Pekerjaan Freelance

Sebelum Anda bekerja di perusahaan baru, maka lebih baik mencari pekerjaan freelance agar bisa mendapakan uang dan menyambung hidup di masa pandemi. Carilah freelance yang sesuai dengan minat dan bakat Anda, contohnya Anda hobi dalam menulis maka bisa mencari sebuah website yang menyediakan pekerjaan freelance. 
 
Dengan bekerja freelance, maka waktu yang dibutuhkan sangat fleksibel dan itu semua bisa diatur Anda sendiri. Jaman sekarang gaji bekerja freelance lumayan besar, dan ada yang melebihi gaji ketika bekerja di perusahaan.

5. Membuat Usaha

Setelah di PHK, pasti Anda akan mencari cara bagaimana mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Nah, jika Anda belum juga dipanggil interview oleh perusahaan, maka lebih baik membuat sebuah usaha agar bisa bertahan hidup untuk kedepannya. 
 
Meskipun usaha ini hanya dilakukan sementara selagi Anda belum bekerja di perusahaan, namun tetap harus Anda lakukan dengan maksimal. Anda bisa membuat usaha online maupun offline. Tetapi saran saya Anda membuka toko online saja, karena di masa pandemi pasti akan ada batasan ketika ingin keluar rumah atau bertemu dengan konsumen.
 
Setiap orang pasti akan menemukan jatah gagalnya sendiri-sendiri, tak tekecuali seorang karyawan yang baru saja terkena PHK. Akan tetapi, jangan sampai terpuruk dalam kegagalan, karena jika terlalu lama meratapi nasib maka hidup tidak akan bisa berkembang. Untuk itu, segeralah bangkit dan berjuang demi masa depan.