Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Es Krim Dengan Modal Terbatas Agar Berkembang

Peluang bisnis es krim saat ini memang masih menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Banyak orang yang menyukai es krim terutama orang Indonesia yang sangat suka mengkonsumsinya. Di Indonesia sendiri, es krim tidak ada habisnya bahkan setiap harinya akan terus berkembang. Maka dari itu, es krim menjadi minuman yang paling laris di pasaran. Es krim merupakan salah satu jajanan yang paling digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua. 
 
Es krim tentu mempunyai tekstur yang lembut dan berbagai macam rasa yang membuat orang ingin selalu menyantapnya. Rasa es krim yang dijual di pasaran pun cukup beragam, ada rasa strowberi, vanilla, coklat, mocca dan masih banyak lagi. Kenikmatan es krim tersebut membuat semua orang ketagihan, dan tak heran jika penjualannya laku keras di pasaran. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk memulai bisnis es krim. 
 
Kunci keberhasilan dalam bisnis ini yaitu Anda harus mampu bersaing dengan kompetitor, dengan cara membuat produk es krim lebih menarik lagi dan tentunya Anda harus mempunyai niat yang kuat. Untuk lebih jelasnya lagi, perhatikan beberapa tips memulai bisnis es krim di bawah ini.

Tips Sukses Memulai Bisnis Es Krim

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Es Krim Dengan Modal Terbatas Agar Berkembang

1. Niat Memulai Bisnis Es Krim

Prospek dalam menjalankan bisnis es krim ini terbilang cukup menjanjikan, dimana jika produk Anda laris di pasaran pasti akan mendapatkan keuntungan yang bombastis. Dibalik keuntungan yang menggiurkan tersebut, pasi ada banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk memulai bisnis es krim. Maka dari itu, luruskan niat Anda dan sebisa mungkin bisa bersaing dengan kompetitor. Apabila niat Anda sudah baik maka pasti akan mendapatkan hasil yang baik juga.

2. Persiapkan Modal

Banyak orang yang mengkhawatirkan ketika memulai sebuah bisnis pasti yang menjadi permasalahan yaitu dari segi modal. Tetapi tenang saja, dalam berbisnis es krim tidak memerlukan modal yang banyak. Anda bisa membuka bisnis tersebut dengan hanya modal minim. Dengan modal 3 juta saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dengan baik. 
 
Yang Anda perlukan yaitu freezer, mixer, wadah atau sendok es krim, dan baskom. Jika perlu Anda bisa membeli gerobak untuk berjualan keliling. Namun, jika Anda ingin berjualan di tempat maka tidak akan mengeluarkan banyak biaya.

3. Target Pasar Jelas

Hal yang tidak kalah penting yaitu dengan menentukan target pasar. Karena Anda berbisnis es krim pasti semua akan menyukainya, dan Anda harus tetap teliti dalam menyesuaikan target pasar. Untuk lokasi, terlebih dahulu Anda melakukan reset agar bisnis es krim lebih berkembang kedepannya. 
 
Contohnya di mall, kampus, sekolahan, kolam renang atau tempat yang lain. Selain itu, Anda juga bisa melakukan reset tentang es krim apa yang sedang booming saat ini. Peluang bisnis es krim ini tidak akan pernah lekang oleh waktu dan kedepannya pasti akan banyak orang yang mencari karena Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis.

4. Bahan Baku Berbisnis Es Krim

Dalam menjalankan bisnis Es krim Anda harus mempersiapkan bahan baku dalam pembuatannya. Bahan-bahan yang biasa digunakan yaitu bubuk es krim, coklat, susu, cream, buah segar dan pelengkap lainnya. Usahakan menggunakan bahan yang tidak berbahaya agar konsumen semakin suka dengan es krim yang Anda buat dan juga tidak merugikan mereka. Anda bisa mencari bahan baku pembuatan es krim di berbagai macam toko dan supermarket.

5. Pilih Lokasi Yang Strategis

Kunci keberhasilan bisnis es krim yaitu tergantung pada lokasi yang dipilih. Semakin ramai lokasi maka potensi bisnis akan berkembang akan semakin besar. Anda bisa membuka bisnis es krim di toko pusat pembelanjaan, pantai, tengah kota, pasar, dekat rumah sakit dan tempat lainnya yang dirasa ramai dan mudah untuk dijangkau.

6. Karyawan Bisnis Es Krim

Saat baru pertama kali membuka bisnis es krim, Anda hanya perlu membutuhkan satu karyawan saja untuk membantu Anda dalam berjualan. Nah, ketika bisnis Anda sudah berkembang dan sudah terkenal maka bisa menambah jumlah karyawan. Apalagi jika es krim Anda sudah terkenal dengan rasanya yang manis dan bentuknya yang unik.

7. Harga Jual Es Krim

Harga es krim juga akan menentukan jumlah pelanggan, jangan terlalu mudah dan jangan terlalu mahal. Anda bisa mematok harga es krim mulai dari 5 ribu sampai 10 ribu. Dalam menentukan harga, Anda juga harus memperhitungkan dengan modal awal yang dikeluarkan dan sebisa mungkin mendapatkan keuntungan dari penjualan es krim tersebut.
 
Demikian tips memulai bisnis es krim agar sukses di pasaran. Tidak ada bisnis yang langsung berkembang pesat, semuanya pasti dimulai dari nol atau dengan modal minim. Bagi Anda yang mempunyai modal minim, tidak ada salahnya memulai bisnis es krim dan nantinya pasti akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan niat dan seberapa konsisten Anda dalam menjalankannya.