Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Mudah Membangun Bisnis Retail Bagi Pemula

Retail atau biasa disebut dengan ritel merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang penjualan, dimana produk yang dijual bisa eceran atau konsumen bisa membelinya dan langsung dipakai atau dikonsumsi sendiri. Bisnis tersebut merupakan impian semua orang, karena sistem pemasarannya yang begitu mudah. Tidak hanya biaya atau modal saja, tetapi pengetahuan dan pengalaman tentang berbisnis harus Anda kuasai ketika ingin memulai bisnis retail tersebut. 
 
Tetapi masih banyak orang yang sudah mempunyai modal tetapi masih saja belum bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Meskipun terbilang mudah, akan tetapi Anda jangan meremehkan karena jika tidak tau tips dan triknya pasti kedepannya tidak akan bisa berkembang. Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis retail, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Membangun Bisnis Retail

7 Tips Mudah Membangun Bisnis Retail Bagi Pemula

1. Tentukan Produk Yang Ingin Dijual

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara menentukan jenis produk yang nantinya ingin dijual. Anda bisa memulainya sesuai dengan hobi yang Anda sukai, contohnya Anda suka dengan fashion, maka bisa menjual baju dengan berbagai macam model. Tetapi dengan hobi saja tidaklah cukup, Anda juga harus melihat apakah produk tersebut banyak peminatnya atau tidak. 
 
Selain itu Anda juga harus memperkirakan bagaimana cara mendapatkan produk tersebut, dan pastikan Anda bisa menemukan supplier yang mudah untuk ditemui. Dan yang tidak kalah penting yaitu Anda harus memikirkan berapa keuntungan yang akan didapatkan jika menjual produk tersebut, dan pikirkan juga harga beli dan harga jualnya.

2. Kenali Target dan Kompetisi Pasar

Setelah memilih produk yang ingin Anda jual, selanjutnya Anda harus mengetahui siapa yang akan membeli produk dan bagaimana cara mereka membelinya. Luangkan waktu untuk melakukan reset tentang target audience yang ingin Anda tuju. Selain itu Anda juga harus selalu memperhatikan kompetisi pasar, dengan cara mengenali kompetitor. Perhatikan bagaimana cara mereka dalam menjual produk dan pahami juga kekurangan dan kelebihannya. Dengan begitu Anda akan lebih mudah membuat binis lebih unggul dari yang lain.

3. Pilih Lokasi Yang Tepat

Memilih lokasi menjadi hal yang sangat penting, karena itu akan menentukan seberapa banyak konsumen akan datang. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan memilih lokasi yang berjauhan dengan kompetitor merupakan hal yang paling tepat, tetapi tidak selamanya benar. Anda juga harus memastikan bahwa toko Anda berada di lokasi pelanggan atau calon konsumen Anda kedepannya.

4. Pastikan Sudah Memiliki Modal Yang Cukup

Setelah menentukan produk dan lokasi toko, maka selanjutnya Anda harus membandingkan dengan modal yang akan Anda keluarkan. Anda harus berfikir realistis bahwa dalam beberapa bulan kedepan Anda tidak akan langsung bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Modal yang Anda keluarkan yaitu nantinya untuk menyewa toko, pembelian produk ke supplier, pengiriman, gaji karyawan, biaya pemasaran, air, listrik dan masih banyak lagi. 
 
Biaya tersebut harus selalu Andsa pikirkan supaya toko Anda bisa berjalan dengan lancar. Namun jika Anda masih belum mempunyai modal yang cukup, bisa menjalankan bisnis secara online di marketplace.

5. Rekrut Karyawan Yang Berpengalaman

Selanjutnya Anda harus meluangkan waktu untuk menyeleksi karyawan yang ingin bekerja di toko Anda. Dalam hal tersebut jangan sampai salah memilih karyawan, karena nantinya akan berpengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda. Setelah mendapakan karyawan yang cukup berpengalaman, maka Anda bisa melakukan pelatihan yang berkaitan dengan produk knowledge, penggunaan teknologi dan kepribadian yang bagus. Pastikan juga karyawan mempunyai keahlian dalam mengoperasikan teknologi yang ada di toko Anda, contohnya komputer, barcode scanner, mesin absensi, sistem POS dan lainnya.

6. Memilih Supplier Yang Handal

Dalam memilih supplier tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena Anda harus selalu selektif. Harga murah tidak menjamin produk berkualitas baik, maka dari itu lebih baik membeli produk dengan harga mahal tetapi kualitasnya sudah terjamin. Selain itu kecepatan dalam merespon, ketepatan dalam melakukan pengiriman dan ketersediaan produk menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan.

7. Lakukan Promosi Secara Kreatif

Setiap menjalankan bisnis pasti tidak lepas dari kata promosi, karena tujuannya yaitu untuk mendatangkan pelanggan. Anda tidak perlu merasa pusing tentang bagaimana cara mempromosikan bisnis Anda, cukup bergabung dengan komunitas atau bisnis lain untuk memperkuat branding dan promosi Anda.
 
Itulah tips yang bisa Anda lakukan jika ingin memulai bisnis retail. Dalam menjalankan bisnis tersebut gampang-gampang susah, tergantung dengan niat dan tujuan Anda dalam berbisnis. Memang saat di awal sangat sulit untuk mencari pelanggan, tetapi jika sudah berjalan beberapa bulan pasti pelanggan akan datang dengan sendirinya.