Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menulis Artikel Yang Baik Agar Menarik Perhatian Pembaca

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh semua orang terutama para blogger, dimana setiap harinya mereka harus rajin menulis artikel untuk perkembangan websitenya. Berkecimpung di dunia menulis memang tidak mudah untuk dilakukan karena tidak hanya ahli dalam menulis saja, tetapi juga harus suka dengan membaca artikel. Jaman sekarang menulis artikel sudah bukan menjadi hal yang sulit karena sama saja seperti berbicara tetapi hanya diungkapkan melalui tulisan. 
 
Namun masih banyak orang yang hanya sekedar menulis saja, tetapi tidak memperhatikan apakah tulisannya tersebut sudah baik atau belum dan banyak disukai oleh pembaca atau tidak. Bagi Anda yang baru pertama kali menulis pasti akan merasa kebingungan bagaimana caranya menulis artikel yang baik dan benar. Dasar-dasar menulis artikel harus selalu Anda pelajari jika kedepannya ingin menjadi ahli dalam hal menulis. Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa tips berikut ini tentang cara menulis artikel yang baik agar bisa menarik perhatian pembaca.

Tips Menulis Artikel Yang Baik dan Benar

6 Tips Menulis Artikel Yang Baik Agar Menarik Perhatian Pembaca

1. Memilih Topik

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara memilih topik. Ketika menulis artikel maka Anda harus menentukan topik yang tepat agar nantinya si pembaca bisa lebih paham tentang isi dari artikel tersebut. Contohnya Anda memilih topik kesehatan, maka buatlah artikel yang berhubungan dengan kesehatan seperti cara mengobati sariawan, tips mengatasi gata-gatal, manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh dan masih banyak lagi.

2. Tulis Sesuai Dengan Pengalaman Pribadi

Penulis yang baik pasti setiap kali akan menulis artikel pasti selalu dikaitkan dengan pengalaman yang sudah pernah dialami sebelumnya. Mengapa harus sesuai dengan pengalaman? Karena artikel akan mudah dipahami jika ditulis berdasarkan apa yang sudah dilakukan oleh penulis. Dan tidak akan dicap artikel hoax, tetapi jika Anda belum pernah mengalaminya tetapi sudah bisa menulis artikel, bisa jadi artikel atau berita yang Anda tulis tidak sesuai dengan kenyataan dan itu akan membuat pembaca kurang nyaman.

3. Bedakan Pembuka, Isi dan Penutup

Setiap artikel yang baik pasti terdapat bagian pembuka, isi dan bagian penutup yang mudah dipahami. Karena jika artikel sudah terdapat 3 bagian tersebut maka si pembaca akan lebih mudah dan lebih nyaman ketika membaca artikel. Saat membuat pembuka, tidak perlu panjang-panjang, cukup ceritakan pengertian dari isi artikel tersebut dan jelaskan secara singkat saja. Dan saat membuat penutup maka buatlah sedikit kalimat ajakan untuk pembaca agar mengikuti saran yang Anda ajukan.

4. Gunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Nah bahasa menjadi hal yang paling penting agar artikel terkesan berkualitas dan menarik perhatian pembaca. Banyak penulis yang sudah bisa menulis artikel ratusan kata bahkan ribuan kata, tetapi bahasanya sulit untuk dipahami, dan akhirnya sedikit yang mau membaca artikelnya. Untuk itu perhatikan juga bahsa yang digunakan, usahakan menggunakan bahasa formal agar semua orang bisa memahaminya.

5. Sertakan Gambar Ilustrasi

Gambar merupakan salah satu media pendukung yang bisa dilakukan agar artikel semakin terlihat menarik di mata pembaca. Anda bisa menambahkan gambar sesuai dengan judul artikel yang akan dibuat. Usahakan gambar diletakkan di atas artikel agar pembaca lebih paham tentang apa yang sedang dibahas. Tetapi jangan terlalu banyak menampilkan gambar, karena itu akan membuat pembaca kurang nyaman.

6. Jangan Berhenti Berlatih

Setiap penulis pasti mempunyai potensi yang berbeda-beda, ada yang sangat cepat memahami cara menulis bahkan ada juga yang sangat lama dalam memahami cara menulis artikel. Nah bagi Anda yang baru pertama kali menulis maka jangan sampai berhenti berlatih, usahakan setiap hari selalu menerbitkan artikel walaupun sedikit. Terbiasa menulis artikel akan membuat Anda menjadi tahu apa sih yang sedang trend dan disukai banyak orang. 
 
Artikel yang berkualitas tidak bisa diciptakan hanya dalam sekejap, pasti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Namun bagi pemula tidak ada kata mustahil apabila ingin mendapatkan artikel yang berkualitas tinggi dan diminati banyak orang. Terus perbaiki kekurangan Anda sampai  benar-benar bisa membuat artikel berkualitas.