Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Usia Senja

Semakin bertambahnya usia, maka kondisi tubuh akan berubah drastis, contohnya kulit mulai mengerut, tulang keropos, gangguan mata, sampai penyakit lainnya pun sangat mudah menyerang. Nah biasanya penyakit tersebut sering dialami oleh mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun. Dengan kata lain orang tersebut sudah mengalami penuaan. Penuaan merupakan salah satu proses alami tubuh dimana tubuh akan mengalami perubahan dalam kurun waktu tertentu. 
 
Biasanya orang di usia senja atau lansia, sudah tidak bisa lagi melakukan aktivitas seperti orang pada umumnya, bahkan untuk berjalan pun sangat kesulitan. Tetapi ada juga lansia yang masih sehat dan bugar, mereka bisa berjalan beberapa kilo bahkan masih bisa berolahraga setiap harinya. Nah berikut ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat walaupun sudah menginjak usia senja.

Tips Menjaga Tubuh di Usia Senja

6 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat di Usia Senja

1. Jaga Kesehatan

Usia senja memang sangat rentan terkena penyakit, dan biasanya jika terkena suhu dingin saja sudah langsung terkena penyakit, contohnya bersin, batuk atau bahkan sesak nafas. Maka dari itu menjaga kesehatan sangat penting ketika sudah umur 60an keatas agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara dan itu semua tergantung dari kondisi tubuh lansia tersebut.

2. Tetap Rajin Membaca

Nah ini yang biasa dialami oleh lansia yaitu pikun atau daya ingat semakin menurun. Biasanya mereka ketika sudah menginjak usia 60an akan lupa dengan keadaan sekitar, bahkan dengan keluarganya sendiri ada yang lupa nama. Untuk itu latihlah daya ingat dengan cara selalu rajin membaca setiap hari, dan usahakan di pagi hari membaca minimal 2 halaman. Apabila lansia sudah rajin membaca maka akan terhindar dari penyakit lupa.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga orang lansia dengan olahraganya anak muda memang berbeda. Nah untuk lansia, bisa melakukan olahraga dengan cara berjalan kaki mengelilingi rumah atau bahkan bisa jogging tiap pagi. Jika sudah terbiasa olahraga, maka tidak akan mudah terkena penyakit. Dan pastinya tubuh akan sehat dan bugar. Olahraga minimal dilakukan sehari sekali, dan jangan sampai beberapa hari tidak olahraga, karena itu akan membuat tubuh menjadi kaku.

4. Jaga Pola Makan

Makanan orang lansia tidak boleh sembarangan dan itu harus selalu diatur setiap harinya. Selain itu, tambahlah porsi makan, contohnya 5 porsi tiap harinya agar tubuh tidak lemas. Prioritaskan menu makanan yang kaya akan serat, protein, vitamin dan makanan yang bebas kolesterol. Apabila pola makan sudah terjaga dengan baik, maka kondisi tubuh akan tetap terjaga.

5. Istirahat Yang Cukup

Kualitas tidur saat usia senja memang harus selalu diperhatikan karena itu yang akan menentukan kesehatan tubuh. Aturlah waktu tidur sekitar 7 sampai 8 jam sehari, dan jangan sampai begadang sampai malam karena itu akan menimbulkan penyakit. Kualitas tidur yang baik bisa menurunkan stres, memperbaiki sel-sel tubuh , dan membuat tubuh menjadi tetap prima.

6. Melakukan Medical Check-Up Secara Teratur

Di usia senja memang kondisi tubuh harus tetap terkontrol dengan baik, dan lebih baik melakukan medical check-up secara teratur agar mengetahui keluhan yang sedang dialami. Contohnya setiap seminggu sekali, bisa datang ke puskesmas agar nantinya bisa dicek apakah menderita penyakit atau tidak. 
 
Menjaga kesehatan tubuh di usia senja memang harus dilakukan karena tidak ada salahnya mempunyai raga tua tetapi berjiwa muda. Jangan bermalas-malasan ketika sudah tua, karena itu akan membuat tubuh mudah sekali terserang penyakit. Tetaplah perhatikan kondisi tubuh agar bisa melakukan semua kegiatan walaupun usia sudah tua.