Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Menjadikan Bisnis Semakin Berkembang Selama Bulan Ramadhan

Setiap tahun pasti semua orang merindukan bulan Ramadhan, karena bulan Ramadhan menjadi bulan yang suci dan penuh berkah. Selain itu, semua umat islam akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dan mereka pasti tidak sabar menunggu kedatangan bulan Ramadhan. Apabila seorang muslim menjalani ibadah puasa dengan baik dan memperbanyak amalan saat bulan Ramadhan, pasti akan mengalami banyak perubahan dalam hidupnya. 
 
Tetapi dibalik bulan suci tersebut, Anda perlu memperhatikan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan agar kedepannya semakin maju dan sukses. Meskipun Anda bukan umat islam, maka harus menyesuaikan dalam menjalankan bisnisnya saat bulan Ramadhan, karena sebagian besar penduduk Indonesia beragama islam. 
 
Bagi Anda pengusaha pasti akan sangat memperhatikan bisnisnya dan prospek kedepan agar tetap berkembang. Nah, berikut ini ada beberapa tips atau persiapan yang harus Anda lakukan dalam bisnis untuk menyambut bulan Ramadhan.

Tips Menjalankan Bisnis Saat Bulan Ramadhan

6 Tips Menjadikan Bisnis Semakin Berkembang Selama Bulan Ramadhan

1. Mengubah Media Sosial atau Website Bernuansa Ramadhan

Agar bisnis Anda semakin menarik, maka bisa mengubah website toko online atau e-commerce menjadi tema bernuansa Ramadhan. Hal tersebut akan membuat pelanggan semakin betah dan menjadikan bulan puasa semakin terasa. Untuk desain, mungkin Anda bisa menggunakan simbol-simbol islami, contohnya yaitu kaligrafi, gambar masjid, orang berpakaian muslim dan sebagainya. Dengan begitu, maka akan membuat website Anda semakin terlihat up to date.

2. Menjual Produk Kebutuhan Keluarga

Dalam momen bulan Ramadhan, pasti semua orang akan selalu menghabiskan waktu untuk keluarga, karena kebersamaan menjadi hal utama di bulan Ramadhan. Maka dari itu, Anda juga harus menyesuaikan produk yang akan dijual sesuai dengan kebutuhan keluarga. Tetapi bukan berarti Anda melupakan produk lainnya, hanya saja ketika bulan Ramadhan pasti yang akan meningkatkan profit yaitu produk keluarga. Anda bisa menjual baju muslim, sepatu, sandal, makanan, dan sebagainya.

3. Sesuaikan Konten Promosi Dengan Bulan Ramadhan

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak, maka dari itu potensi Anda untuk mendapakan konsumen orang islam akan lebih besar. Sehingga, dalam menyambut bulan Ramadhan ini Anda harus membuat konten promosi sesuai dengan nuansa Ramadhan. Hal ini akan membuat konsumen semakin tertarik dengan produk yang Anda jual. Contohnya Anda membuat konten promosi orang yang sedang menyantap produk Anda ketika berbuka puasa atau sahur.

4. Dekorasi Tempat Usaha Bernuansa Ramadhan

Dalam menyambut bulan Ramadhan, tentunya Anda harus membuat dekorasi tempat usaha semenarik mungkin. Dan usahakan sesuai dengan tema berbuansa bulan Ramadhan. Membuat dekorasi tertemakan Ramadhan tentu akan membuat konsumen dan karyawan akan semakin senang dan nyaman.

5. Mengatur Jam Operasional Saat Bulan Ramadhan

Saat bulan Ramadhan tiba, maka Anda harus bisa mengatur jam oprrasional dengan tujuan untuk menghargai karyawan yang sedang menjalankan ibadah puasa. Anda bisa mengubah jam kerja dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore. Karena mereka para karyawan pastinya akan melakukan persiapan untuk berbuka puasa. Setidaknya dengan jam kerja tersebut semua karyawan bisa menyesuaikan antara bekerja dan melakukan buka puasa atau kegiatan yang lain.

6. Mempersiapkan THK Untuk Karyawan

Setiap setahun sekali pasti semua perusahaan akan memberikan THR atau Tunjangan Hari Raya, dan itu menjadi keberkahan tersendiri bagi karyawan. Untuk itu di awal bulan Ramadhan, Anda harus merencanakan keuangan dengan rinci. Jangan sampai hampir menjelang hari raya Anda belum mempersiapkan THR. Usahakan seminggu sebelum hari raya Anda sudah membagikan THR kepada karyawan, agar mereka bisa menggunakan tunjangannya bersama dengan keluarga. 
 
Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar usaha tetap berkembang di bulan Ramadhan. Bagi Anda yang muslim jangan lupa untuk tetap berpuasa sebulan penuh agar mendapatkan banyak manfaat dari bulan Ramadhan. Jangan sia-siakan bulan yang datang setahun sekali ini, dan manfaatkan bulan Ramadhan untuk beribadah dan beramal. Apabila usaha Anda sudah berkembang, maka jangan lupa untuk tetap memberikan sedikit rezekinya kepada orang yang lebih membutuhkan.