Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

9 Tips Menjadi Penulis Profesional Yang Harus Diperhatikan Bagi Pemula

Menulis merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan, karena dengan menulis Anda bisa membagikan informasi dengan orang lain, bahkan bisa menambah kreativitas. Seringkali menulis menjadi kelebihan tersendiri bagi seseorang, karena tidak semua orang mempunyai kemampuan menulis yang baik. 
 
Bagi Anda yang ingin menjadi penulis professional, maka harus banyak-banyak belajar karena nantinya Anda akan menemukan berbagai macam rintangan yang harus Anda lewati. Tidak hanya sekedar hobi saja, tetapi dengan menulis Anda juga bisa menghasilkan uang, bahkan menulis bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama. Namun, untuk menjadi penulis yang baik, tidak semudah yang dibayangkan karena menulis berbeda dengan hobi yang lain. 
 
Anda harus tetap mempunyai ide setiap harinya agar bisa menghasilkan tulisan yang menarik dan unik. Banyak orang yang sudah bisa sukses hanya dengan menjadi penulis. Nah, jika Anda ingin menjadi penulis professional, maka bisa memperhatikan beberapa cara berikut ini.

Tips Menjadi Penulis Profesional

9 Tips Menjadi Penulis Profesional Yang Harus Diperhatikan Bagi Pemula

1. Jangan Takut Untuk Memulai

Ketika Anda sudah berniat untuk menjadi penulis, maka jangan sekali-kali takut untuk selalu memulai dan mencoba. Tulislah artikel yang Anda bisa dan bacalah berulang kali atau bahkan Anda bisa memberikan tulisannya tersebut kepada teman yang sudah berpengalaman, agar nantinya bisa memberikan saran apakah tulisan Anda tersebut sudah benar atau masih ada kekurangan. Jangan takut mendapatkan kritik pedas dari orang lain, tetapi buatlah kritikan pedas tersebut menjadi salah satu pemicu agar Anda bisa lebih baik lagi.

2. Rajin Menulis

Yang kedua Anda harus rajin menulis, dan usahakan setiap hari menerbitkan artikel. Bagaimana Anda bisa menjadi penulis professional jika setiap hari Anda malas menulis artikel? Untuk itu selalu menulis walaupun keadaan mendesak, karena itu merupakan awal dari perjuangan seorang penulis. Apapun bentuk artikelnya, Anda harus tetap menulis agar semakin terlatih dalam terbiasa dalam menulis artikel.

3. Jangan Berhenti Belajar

Ada banyak hal yang harus dipelajari seorang penulis pemula agar nantinya bisa mendapatkan artikel yang berkualitas. Contohnya belajar tentang tanda baca, jumlah kalimat yang baik dalam satu paragraph, dan cara merangkai kata agar bisa mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, Anda harus belajar dari kisah seorang penulis yang sudah sukses dan ambil pelajarannya. Nantinya Anda bisa menerapkan ketika sedang menulis artikel.

4. Perbanyak Membaca dan Jangan Terlalu Sering Menonton TV

Semakin sering menonton TV ternyata bisa membuat kreativitas seseorang menjadi berkurang, karena mereka tidak akan mendapatkan imajinasi dan tidak akan pernah melakukan apapun. Untuk itu, jika ingin menjadi penulis professional, harus memperbanyak membaca buku atau artikel orang lain agar kreativitas Anda semakin bertambah. Semakin sering membaca, maka pengetahuan Anda tentang menulis akan semakin luas, dan bisa memperbanyak kosa kata.

5. Menulis Sesuai Dengan Hobi

Aktivitas menulis akan berjalan dengan lancar apabila Anda menulis artikel sesuai dengan hobi. Contohnya Anda hobi dalam olahraga, maka tulislah artikel yang berhubungan dengan olahraga dan jika Anda masih pemula jangan sampai menulis artikel di luar hobi, karena itu akan semakin menyulitkan Anda. Nah, apabila Anda sudah lancar dalam menulis artikel, maka bisa menambah tema artikel lainnya.

6. Bergabung Dengan Komunitas Penulis

Memperbanyak relasi dengan cara bergabung di komunitas penulis menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menulis. Di dalam komunitas tersebut, Anda bisa sharing-sharing dengan penulis yang sudah sukses dan bisa meminta saran kepada mereka. Selain itu, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi yang bermanfaat mengenai dunia menulis.

7. Membuat Sebuah Blog

Penulis yang sudah professional pasti awalnya memulai menulis dari hal kecil terlebih dahulu, contohnya dengan membuat sebuah blog. Di dalam blog tersebut Anda bisa mengumpulkan berbagai macam artikel yang sudah Anda tulis. Semakin banyak artikel yang dipublish, maka akan semakin lancar Anda dalam menulis dan itu bisa membantu Anda untuk menjadi penulis professional. Usahakan setiap hari upload minimal 1 artikel, agar semakin terlihat perkembangan Anda dalam menulis.

8. Jangan Pernah Merasa Hebat

Saat karya Anda mendapatkan apresiasi, maka jangan menjadi orang yang sombong dan enggan untuk belajar. Apresiasi merupakan langkah awal Anda dalam meraih impian menjadi penulis professional. Tetaplah rendah hati dan bagikan ilmu Anda kepada orang lain agar lebih bermanfaat. Teruslah belajar dan berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

9. Belajar Dari Pengalaman

Pengalaman merupakan salah satu guru terbaik dan belajar dari pengalaman memang menjadi hal terbaik dalam segala hal. Anda bisa belajar dari pengalaman diri sendiri atau bahkan pengalaman orang lain. Contohnya Anda menulis artikel 1000 kata lalu baca berulang kali, dan jika ada kesalahan maka jangan sampai ulangi dalam menulis artikel selanjutnya.
 
Menjadi penulis pemula memang tidak mudah, karena Anda akan menghadapi rintangan yang cukup banyak mulai dari rasa malas, godaan orang sekitar, kehabisan ide dan masih banyak lagi. Namun, jika Anda sudah terbiasa dalam menulis, maka kedepannya pasti akan merasa nyaman dan menjadikan menulis sebagai kebiasaan. Untuk itu, mulai dari sekarang mulailah menulis dan tetaplah bersemangat karena kesuksesan tidak akan bisa diraih hanya dengan rebahan saja.