Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

7 Tips Mengusir Rasa Malas Saat Bekerja Dengan Sangat Mudah

Malas merupakan salah satu hal yang bisa merubah semua keadaan, bahkan dengan rasa malas semua yang Anda lakukan tidak akan maksimal. Semua orang tidak akan bisa menghindari sifat malas, karena serajin-rajinnya orang pasti akan mengalami yang namanya malas. Nah, bagaimana jika rasa malas tersebut tiba-tiba muncul saat bekerja? Pasti Anda akan merasa terganggu, dan sedikit demi sedikit akan meninggalkan pekerjaan. 
 
Jalan lain agar kembali bersemangat yaitu dengan melawan dan mengusirnya jauh-jauh dari diri maupun pikiran Anda. Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa malas yang berlebihan? Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan untuk menghilangkan rasa malas terutama saat bekerja.

Tips Mengusir Rasa Malas Bekerja

7 Tips Mengusir Rasa Malas Saat Bekerja Dengan Sangat Mudah

1. Jangan Pernah Menunda

Kebiasaan menunda memang terbilang sepele, namun akan berdampak besar jika Anda lakukan secara terus-menerus. Sekali saja Anda menunda pekerjaan, maka akan semakin besar beban yang akan Anda dapatkan. Rasa malas justru akan semakin bertambah jika Anda sering menunda pekerjaan. 
 
Maka dari itu, ketika mendapatkan tugas dari kantor maka segera kerjakan karena dengan Anda mengerjakan pekerjaan tepat waktu, maka beban akan semakin ringan dan tidak akan menumpuk. Dengan begitu Anda akan terbebas dengan file pekerjaan yang harus dikerjakan.

2. Ukur Kemampuan Diri Sendiri

Dalam dunia kerja, hanya Anda yang bisa mengukur kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan. Coba Anda amati, agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik membutuhkan waktu berapa lama. Apakah membutuhkan waktu 3 jam atau bahkan sampai 5 jam? Ukur dan pasang target dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. 
 
Setelah itu, coba evaluasi apakah Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau bahkan kurang. Dengan mengetahui kemampuan diri sendiri, otomatis Anda bisa menghilangkan rasa malas yang berlebihan. Selain itu, target yang sudah Anda canangkan juga bisa mendorong agar lebih bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Atur To Do List

Langkah selanjutnya yaitu Anda harus membuat sebuah catatan harian. Anda bisa membuatnya di laptop atau bahkan di Hp. Dalam membuat to do list, perhatikan mana saja hal yang menjadi prioritas dan hal yang bisa dikerjakan belakangan. 
 
Dengan membuat rencana kegiatan tersebut, otomatis Anda akan selalu bergerak untuk menyelesaikannya, karena sudah ada hal yang dirancanakan sebelumnya. Apabila sekali saja Anda tidak menjalankan salah satu dari jadwal tersebut, maka berilah hukuman pada diri sendiri agar kedepannya lebih bersemangat lagi.

4. Biasakan Bangun Pagi

Cara lain untuk menghilangkan rasa malas yaitu dengan membiasakan diri untuk bangun lebih pagi. Dengan terbiasa bangun pagi, maka tubuh Anda akan lebih segar dan bersemangat. Selain itu, Anda pun bisa menjalani kegiatan dengan penuh energy dan bertenaga. Agar bisa bangun pagi dan jangan sampai Anda begadang sampai larut malam. 
 
Usahakan jam 10 malam sudah tidur agar esok hari bisa bangun lagi. Kebiasaan begadang hanya akan membuat Anda bangun kesiangan, dan ketika bangun jam 9 atau bahkan jam 10 siang, pasti akan merasa malas ketika menjalankan suatu pekerjaan. Hormon penyemangat di pagi hari akan seketika hilang dalam diri Anda.

5. Perhatikan Makanan dan Minuman Yang Masuk ke Tubuh

Makanan dan minuman juga bisa menjadi penyebab kelamasan dalam diri Anda. Contohnya Anda sering makan mie instan, dan itu bisa membuat Anda menjadi malas melakukan kegiatan, karena mie instan sulit untuk dicerna tubuh. 
 
Usahakan makan makanan yang bergizi, seperti buah, sayuran, susu, dan jangan terbiasa makan makanan yang instan. Terlalu kenyang juga akan membuat Anda malas gerak atau mager. Maka dari itu, aturlah porsi makan secukupnya dan jangan sampai berlebihan.

6. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu hal untuk mengusir rasa malas. Saat rasa malas sudah mulai menyerang, maka dengarkanlah musik kesukaan Anda. Ketika mendengarkan musik terutama musik groovy, akan mendorong Anda untuk tetap bergoyang dan hal tersebut sangat pas untuk dijadikan sebagai penyemangat.

7. Olahraga

Berolahraga secara rutin bisa membuat Anda lebih bersemangat ketika menjalankan pekerjaan, karena olahraga bisa memicu aliran darah dalam tubuh. Tetapi jangan berolahraga terlalu berat, karena jika terlalu berat hanya akan membuat Anda lelah dan merasa malas melakukan aktivitas selanjutnya. 
 
Cukup luangkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit saja untuk melakukan jogging. Melakukan senam ringan di pagi hari juga akan membuat Anda semakin siap dalam menjalankan pekerjaan. Jadi, jalankan olahraga secara rutin agar tubuh Anda terhidar dari rasa malas.
 
Rasa malas memang menjadi hal yang manusiawi, dan banyak dialami oleh semua orang. Tetapi jangan biarkan rasa malas tersebut tetap melekat pada diri Anda. Apabila Anda ingin menghilangkan rasa malas dengan cepat dan mudah, maka lakukanlah tips yang sudah saya bagikan di atas.