Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Cepat dan Tepat Bagi Mahasiswa Akhir

Masa kuliah memang menjadi masa yang sangat menyenangkan, karena Anda akan belajar banyak hal di kampus mulai dari sosialisasi, hidup mandiri, berpikir kritis sampai kreativitas lainnya bisa Anda dapatkan di kampus. Namun, jangan terlalu senang dengan keadaan, dan justru malah betah berlama-lama menjadi mahasiswa. 
 
Anda harus menyelesaikan kuliah dengan cara mengerjakan skripsi pada semester akhir, dan itu menjadi syarat kelulusan mahasiswa. Skripsi merupakan salah satu momok yang paling menakutkan di kalangan mahasiswa. Sebenarnya sih tidak ada yang perlu Anda takutkan dari skripsi, asalkan Anda mengerjakannya dengan tekun dan konsisten. Kerjakan skripsi Anda dengan enjoy agar tidak terlalu menjadi beban. 
 
Nah, bagi Anda yang sudah menempuh semester akhir dan harus menyelesaikan skripsi, tetapi belum tahu bagaimana caranya, maka perhatikan beberapa tips berikut ini tentang cara mengerjakan skripsi dengan cepat dan tepat.

Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Cepat dan Tepat

8 Tips Mengerjakan Skripsi Dengan Cepat dan Tepat Bagi Mahasiswa Akhir

1. Tentukan Tema

Apabila Anda ingin menikmati proses pembuatan skripsi, maka harus menentukan tema yang sesuai dengan diri Anda. Jika tema atau topik sudah Anda sukai, pasti ketika sedang mengerjakan skripsi akan mudah dan tentunya menyenangkan. 
 
Nah, topik yang Anda pilih tetap harus sesuai dengan jurusan yang Anda ambil dan jangan sampai mengambil tema di luar jurusan. Selain itu, pastikan Anda sudah menentukan minimal 5 tema, agar nantinya jika tema pertama ditolak, masih bisa memilih yang lain.

2. Perhatikan Data

Data merupakan suatu hal yang wajib dipikirkan ketika pembuatan skripsi. Penelitian Anda tidak akan diterima atau dianggap tidak valid jika tidak ada data yang pas di dalamnya. Maka dari itu, mulai dari sekarang Anda harus mencari tahu data yang pas dan bisa digunakan untuk membuat skripsi. Anda bisa mencarinya dari berbagai macam sumber, contohnya yaitu buku, website atau bahkan melalui penelitian langsung. 
 
Namun, Anda harus memeriksa apakah sumber tersebut terpercaya atau tidak. Sebaiknya Anda sudah mulai data dari sekarang agar nantinya bisa terkumpul banyak. Nah, apabila Anda merasa kesulitan dalam mencari data, maka harus memilih topik yang lain yang sekiranya mudah untuk mendapatkan datanya.

3. Syarat Mengambil Skripsi

Sebelum mengerjakan skripsi, maka Anda harus memenuhi persyaratan dan panduan dalam membuat skripsi agar kedepannya bisa dijalankan dengan baik. Contohnya Anda harus sudah mengambil berapa SKS, berapa kali pertemuan dengan dosen dan masih banyak persyaratan lainnya. Jika Anda masih kurang jelas dengan informasi yang ada di panduan, maka bisa menanyakan langsung kepada dosen yang bersangkutan.

4. Kerangka Berpikir

Selanjutnya Anda harus membuat kerangka berpikir secara lengkap. Kerangka disini yaitu berisi tentang sistematika penulisan, seperti latar belakang, rumusan masalah, daftar isi, tujuan, manfaat penelitian, dasar teori, isi atau pembahasan dan masih banyak lagi. 
 
Anda bisa menulis itu semua dengan bahasa yang mudah dipahami dan bisa diberikan tabel atau gafik agar semakin menarik. Susunlah kata-kata sesuai dengan kemampuan Anda, dan jangan sampai copy paste.

5. Dosen Pembimbing

Salah satu hal yang menentukan apakah skripsi Anda akan lancar atau tidak yaitu tergantung dari dosen pembimbing. Anda harus memperlakukan dosen pembimbing dengan baik dan sopan agar beliau mau membimbing Anda dengan baik. Apabila Anda merasa kesulitan, maka jangan sungkan untuk bertanya karena jika malu bertanya pasti akan kesulitan ketika di akhir.

6. Tentukan Target

Dalam menyusun skripsi juga harus ada target yang harus Anda capai, misalnya Anda menargetkan selesai skripsi dalam waktu sekian bulan. Selain itu, jangan menyepelekan waktu, dosen atau bahkan kampus. Mulai dari sekarang Anda harus bisa menerapkan target paling tidak sehari harus ada hasil dari skripsi Anda tersebut. 
 
Apabila Anda tidak mengerjakan sehari saja, pasti rasa malas akan cepat muncul dan akhirnya Anda lupa dengan apa yang dibahas dalam skripsi. Sekalipun hari libur, tetap usahakan untuk fokus mengerjakan skripsi agar cepat selesai.

7. Tempat

Tempat juga memperlancar proses mengerjakan skripsi. Anda bisa memilih tempat yang sekiranya nyaman, contohnya perpustakaan, taman atau bahkan di café. Pilihlah tempat yang kondusif dan jauh dari keramaian agar Anda semakin fokus dalam mengerjakan skripsi.

8. Teguh

Dalam pembuatan skripsi yang begitu panjang, Anda harus mempunyai keteguhan dalam menghadapinya. Jangan sampai Anda ragu ketika menunjukkan hasil skripsi kepada dosen pembimbing ataupun dosen penguji nantinya. Untuk itu, kepercayaan diri menjadi kunci utama keberhasilan skripsi, dan usahakan sudah menguasai materi dengan baik. Sebelum bertemu dengan dosen penguji, terlebih dahulu Anda melakukan simulasi dengan teman, keluarga atau dosen pembimbing agar nantinya sudah siap ketika di depan dosen penguji.
 
Mengerjakan skripsi memang tidak mudah, dan itu harus membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Bagi Anda yang sekarang sudah semester akhir, tetaplah semangat dalam menghadapi skripsi, dan jangan sampai menyerah karena jika Anda menyerah maka sia-sia waktu 4 tahun Anda kuliah. Selesaikan skripsi dengan baik dan buatlah orang tua Anda bangga.