Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

5 Tips Menabung Ala Mahasiswa Untuk Mempersiapkan Masa Depan

Menabung merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan sangat penting, karena jika sudah terbiasa menabung maka ketika suatu saat membutuhkan dana darurat tidak akan merasa bingung. Sebagai mahasiswa rantau, harus bisa menggunakan uang sebaik mungkin dan jangan sampai tidak mempunyai tabungan sedikitpun. Kebutuhan mahasiswa tentu akan sangat banyak, contohnya kebutuhan kuliah hingga kebutuhan luar kuliah. Hal tersebut harus sudah dipikirkan sejak awa kuliah agar kedepannya tidak terlalu bingung dalam memikirkan uang. 
 
Selain untuk memenuhi kebutuhan selama kuliah, menabung juga bisa untuk mempersiapkan masa depan agar nantinya setelah lulus dan belum mendapatkan pekerjaan masih bisa bertahan hidup dengan uang tabungan. Maka dari itu mahasiswa dituntut untuk selalu bisa menabung agar masa depannya bisa tertata dengan baik. Bagi Anda yang ingin menabung tetapi masih kebingungan, maka perhatikan beberapa tips berikut ini dengan baik.

Tips Menabung Ala Mahasiswa

5 Tips Menabung Ala Mahasiswa Untuk Mempersiapkan Masa Depan

1. Mengatur Keuangan

Setiap bulan pasti Anda mendapatkan kiriman uang dari orang tua, dan sebisa mungkin Anda mengatur uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan di kost. Jangan gunakan uang tersebut hanya untuk bersenang-senang saja, tetapi pisahkan uang yang digunakan untuk membeli kebutuhan dan sisanya bisa dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Bandingan pengeluaran di bulan pertama dan kedua. Apabila Anda sudah bisa melihat pengeluaran tiap bulan, maka sudah bisa menabung dengan uang yang masih tersisa tersebut.

2. Prioritaskan Kebutuhan Masa Depan

Menabung memang menjadi hal yang sangat menyenangkan, terlebih jika ada target yang akan dicapai di masa depan. Walaupun target tersebut terasa berat, namun akan terasa ringan jika setiap hari selalu menabung sedikit demi sedikit. Dengan hasil menabung tersebut, nantinya Anda akan bisa mendapatkan apa yang diinginkan di masa depan. Contohnya yaitu ingin membeli sebuah mobil, motor atau bahkan jalan-jalan ke luar negeri.

3. Menabung Secara Rutin

Namanya juga menabung, jadi tidak bisa sekali mendapatkan hasil yang banyak. Harus melewati proses dan harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Disarankan untuk Anda menabung minimal 1 hari sekali walaupun 10 ribu atau 20 ribu. Atau bisa juga dijadwal agar tidak pernah lupa. Intinya jangan sampai beberapa hari atau beberapa minggu tidak menyisihkan uang untuk ditabung.

4. Berhenti Merokok

Bagi Anda yang sekarang masih merokok, maka usahakan untuk berhenti karena selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga akan menguras keuangan Anda secara perlahan. Harga 1 bungkus rokok biasanya sekitar 20 ribu, dan itu hanya habis dalam satu hari saja. Jika uang tersebut digunakan untuk menabung maka perbulan Anda sudah bisa mengumpulkan uang kurang lebih 500 ribu. Bagiamana jika uang tersebut terkumpul dalam satu tahun? Pasti sudah bisa terkumpul banyak.

5. Kurangi Kebiasaan Shopping

Shopping seringkali dilakukan oleh mahasiswa perempuan dimana mereka sangat suka melihat marketplace dan mengincar diskon suatu produk. Jika ada produk yang memberikan diskon pasti akan sangat cepat dalam membelinya. Hal tersebut akan membuat keuangan semakin menipis bahkan akan menjadikan kebiasaan buruk. Lebih baik membeli barang yang sekiranya sangat dibutuhkan, dan jangan membeli hanya karena keinginan.  
 
Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda praktekkan apabila ingin menabung. Gunakanlah uang dengan bijak karena jika orang mempunyai tabungan pasti hidupnya akan tenang. Sebagai mahasiswa harus sudah mulai hidup hemat di tanah rantau, dan jangan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Mempersiapkan keuangan mulai dari sekarang jauh lebih baik, daripada nantinya saat sudah lulus kuliah tidak mempunyai uang sepeserpun.