Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Dengan Sangat Mudah

Perahkah Anda merasa bahwa gaji yang didapatkan dari bekerja di kantor masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup? Atau bahkan Anda harus mencari hutang/nombok sana sini agar bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari? Jika Anda mengalami hal tersebut, maka sudah bisa dipastikan Anda membutuhkan penghasilan tambahan, dan salah satu solusinya yaitu dengan cara memulai bisnis online. Di masa pandemi seperti sekarang ini pasti semua bisnis kebanyakan dilakukan secara online dan pastinya akan memberikan dampak positif bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis online. 
 
Bisnis yang dijalankan secara online mempunyai potensi yang sangat besar untuk berkembang kedepannya, karena cakupannya cukup luas. Banyak orang yang sudah bisa sukses hanya karena melakukan bisnis online yang hanya bermodalkan laptop/Hp dan internet saja. Tetapi juga masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara memulai bisnis online terutama bagi pemula. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan apabila ingin memulai bisnis di dunia online agar kedepannya bisa berjalan dengan lancar.

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

6 Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula Dengan Sangat Mudah

1. Harus Paham Apa Yang Mau Dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara menentukan dan memahami produk yang ingin Anda jual. Jika Anda tidak mengetahui produk yang akan dijual, maka kedepannya tidak akan bisa memulai bisnis di dunia online. Selain itu Anda juga harus mengetahui secara detail tentang produk tersebut, dan juga harus menentukan harga jualnya di pasaran. Yang kedua Anda harus menentukan selera pasar. 
 
Produk apa yang sekarang ini masih banyak dicari oleh kebanyakan orang dan Anda harus selalu mengikuti trend di pasaran. Dan yang ketiga yaitu harus melakukan reset keywoard atau melakukan penjualan produk yang sekiranya banyak dicari di pencarian google. Dan di sana Anda bisa mengetahui berapa banyak volume pencarian dari produk yang Anda jual.

2. Reset Kompetitor

Kompetitor bukan hanya menjadi pesaing di dunia bisnis online saja, tetapi juga harus dijadikan sebagai motivasi agar bisnis Anda bisa berkembang seperti mereka. Anda harus melakukan reset tentang produk yang mereka jual, bagaimana cara mereka memasarkan produk dan menjualnya secara online. 
 
Selain itu Anda juga harus banyak mencari informasi di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan masih banyak lagi. Rating dan review memang menjadi kualitas toko tersebut, tetapi tidak selamanya hal tersebut benar karena banyak sekali orang yang kecewa membeli produk yang tokonya mempunyai rating dan review yang bagus. Intinya tingkatkan kualitas produk yang akan Anda jual.

3. Tentukan Target Pasar

Dalam melakukan bisnis online Anda harus bisa menentukan target pasar yang akan dituju, contohnya anak-anak, remaja atau bahkan dewasa. Semakin tertuju targetnya maka akan semakin laku produk Anda di pasaran. Selain itu juga harus disesuaikan produk dan usia yang akan ditargetkan.

4. Buat Website atau Media Sosial

Agar bisnis Anda bisa semakin berkembang dan dikenal banyak orang, maka juga harus membuat sebuah website atau media sosial pendukung untuk mempromosikan bisnis. Anda bisa membuat website dengan domain berbayar agar lebih dipercaya orang lain, karena jika domain Anda masih gratisan atau .blogspot.com/.wordpress.com maka orang lain pasti akan mengira bahwa bisnis Anda tidak aman atau hanya tipu-tipu. Dan apabila membuat media sosial, harus diberikan deskripsi yang lengkap agar semakin terpercaya.

5. Lakukan Promosi Gratis Hingga Berbayar

Dalam berbisnis pasti tidak lepas dari yang namanya promosi, karena dengan promosi artinya akan memperkenalkan produk yang Anda jual kepada banyak orang. Promosi ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, itu semua tergantung dengan kebutuhan. Jika Anda ingin bisnis cepat berkembang maka bisa melakukan promosi berbayar yang nantinya akan dikenakan biaya sesuai dengan cakupan daerah yang akan dituju.

6. Berikan Pelayanan Yang Baik

Sebagai penjual Anda harus melakukan pelayanan yang terbaik untuk konsumen, agar mereka lebih tertarik bahkan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Anda bisa menjalin komunikasi yang baik kepada konsumen, membalas chat dengan cepat dan juga harus menjelaskan produk yang dijual secara lengkap. Selain itu juga harus bertanggungjawab apabila produk yang sudah diterima mengalami cacat atau tidak sesuai dengan keinginan konsumen. 
 
Semakin berkembangnya teknologi, maka menjalankan bisnis akan semakin mudah dan bisa dilakukan secara online. Anda hanya diam di rumah saja dengan memantau analisis bisnis melalui laptop. Tetapi tanggungjawab berbisnis online sangatlah besar, karena Anda harus siap selama 24 jam untuk melayani konsumen yang menanyakan tentang produk yang Anda jual. Bisnis online atau offline bisa berjalan dengan baik asalkan dijalani dengan konsisten dan pantang menyerah.