Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips Membangun Channel Youtube Agar Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Menjadi youtuber memang menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan sekaligus menantang. Kenapa menantang? Karena setiap hari harus mengupload video dengan tema yang menarik dan nantinya video yang sudah dibuat akan ditonton banyak orang. Tidak hanya untuk mengoleksi video saja, tetapi youtube juga bisa dijadikan sebagai lahan untuk menghasilkan uang. Banyak orang yang sudah sukses melalui channel youtubenya, hanya bermodalkan kamera Hp saja. 
 
Semua orang bisa menjadi youtuber sukses asalkan mempunyai tekat yang kuat untuk memulainya. Nah setelah membuat channel youtube, maka Anda sudah bisa disebut dengan youtuber. Namun bagaimana caranya membangun channel youtube yang benar agar bisa menghasilkan uang? Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa tips berikut ini tentang cara membangun channel youtube dengan baik dan bisa digunakan untuk ladang menghasilkan uang.

Tips Membangun Channel Youtube

8 Tips Membangun Channel Youtube Agar Bisa Menghasilkan Banyak Uang

1. Upload Video Dengan Tema Menarik

Menjadi youtuber tidak hanya asal upload video saja, tetapi juga harus pandai dalam menentukan tema yang sekiranya banyak disukai oleh penonton. Anda bisa memulainya dari hobi atau kesukaan Anda, contohnya Anda hobi memancing maka bisa membuat video tentang mancing, atau bahkan Anda hobi olahraga maka bisa membuat video tentang trik futsal, volli, basket atau yang lainnya. 
 
Usahakan video yang Anda buat berbeda dengan video-video orang lain agar channel Anda terkesan unik. Atau jika Anda bisa melawak, maka bisa diselipi dengan lawakan kecil agar semakin membuat penonton betah berlama-lama melihat video Anda.

2. Selalu Kreatif

Dalam dunia content creator, kreativitas menjadi hal yang sangat penting karena nantinya akan dituntut untuk selalu menentukan ide tentang video yang akan dibuat. Apabila video pertama masih sepi penonton, maka buatlah video lain yang sekiranya membuat penonton tertarik, dan seterusnya. Selain itu Anda juga harus kreatif dalam menentukan tempat yang akan dijadikan konten, karena tempat yang bagus pasti akan menghasilkan video yang bagus juga.

3. Sambungkan Dengan Adsense

Persyaratan youtube untuk bisa mendaftar adsense yaitu harus sudah mencapai 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Nah setelah channel Anda mencapai kedua persyaratan tersebut, maka kemungkinan diterima adsense akan lebih besar dan kedepannya sudah bisa menghasilkan uang. Apabila channel Anda ditolak saat pengajuan adsense, maka perbaiki kesalahan tersebut dan biasanya youtube akan menjelaskan mengapa channel Anda ditolak.

4. Kerjasama Endorse

Nah ini yang paling banyak dilakukan oleh youtuber dan biasanya mereka yang sering mendapatkan endorse yaitu yang sudah mempunyai subscriber di atas 20 ribu. Mengapa harus di atas 20 ribu? Karena seseorang pasti akan lebih mempercayai channel besar atau yang sudah mempunyai banyak subscriber daripada channel pemula. Biasanya kerjasama endorse berupa produk-produk yang biasa dipakai setiap hari, contohnya pakaian, obat-obatan, elektronik dan masih banyak lagi.

5. Edit Video Semenarik Mungkin

Jika Anda sudah bisa menghasilkan uang dari adsense, maka bisa merekrut editor yang sudah berpengalaman untuk nantinya mengedit video Anda agar lebih menarik lagi. Namun jika Anda mempunyai skill di bidang editing video, maka cukup melakukannya sendiri. Hal yang pertama kali penonton lihat yaitu tampilan video apakah enak dilihat atau tidak. Apabila tampilan sudah menarik pasti akan melanjutkan untuk menonton video di channel Anda.

6. Rajin Upload Video

Usahakan untuk selalu upload video secara terjadwal agar subscriber atau penonton tetap menunggu video dari Anda. Untuk youtuber pemula, sebaiknya setiap hari harus mengupload video karena jika video sudah banyak maka peluang untuk mendapatkan view akan lebih besar. Saat malam hari menjelang tidur, Anda harus sudah mempersiapkan konten yang akan dibuat di esok hari, dan jangan sampai setiap harinya tidak mempunyai ide dalam membuat konten.

7. Ikuti Apa Kata Subscriber

Biasanya jika video Anda menarik, pasti banyak orang yang berkomentar di bawah dan disana ada beberapa orang yang menyarankan Anda untuk membuat video A, B, C dan lainnya. Anda harus menuruti apa kata subscriber tersebut karena itu akan membuat mereka merasa senang dengan channel Anda bahkan setiap hari selalu menonton video-video terbaru. Namun jika Anda terlalu cuek, maka orang lain pasti akan meninggalkan channel Anda dan tidak akan pernah nonton lagi.

8. Perhatikan Durasi Video

Durasi video menjadi hal yang paling penting ketika menjadi youtuber. Semakin lama durasi video maka iklan yang muncul juga akan semakin banyak. Minimal durasi video yang baik yaitu 10 menit, dan jika lebih dari 10 menit itu sangat baik. Untuk youtuber pemula, harus berusaha membuat video dengan durasi panjang, karena yang harus dikejar yaitu jam tayang. 
 
Nah itulah beberapa tips membangun channel youtube dengan baik dan benar agar bisa menghasilkan banyak uang. Apabila Anda ingin menjadi youtuber, maka di awal harus lebih fokus pada kualitas konten dan jangan hanya fokus pada uangnya saja. Karena jika dari awal sudah mengejar uang, pasti tidak akan bisa menjadi youtuber sukses.