Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

6 Tips Kuliah Sambil Membangun Sebuah Bisnis Secara Efektif Untuk Mahasiswa

Berbagai macam alasan mengapa mahasiswa ingin sekali kuliah sambil menjalankan bisnis. Mulai dari keingintahuan tentang dunia bisnis, sudah mulai merencanakan masa depannya sebagai seorang pebisnis atau bahkan karena kebutuhan yang sangat banyak dan menuntut mereka untuk mempunyai penghasilan tambahan. Jadi sebagai seorang mahasiswa, Anda harus bisa berfikir kreatif mau melakukan apa ketika masih duduk di bangku perkuliahan dan jangan hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua saja. 
 
Namun, bagi sebagian orang, berbisnis sewaktu kuliah dirasa tidak mungkin karena harus membagi waktu antara kuliah dan berbisnis, serta mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Tetapi di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selagi Anda mau berusaha pasti semua akan ada jalan dan Anda bisa menjalakan kuliah sambil berbisnis. Apabila Anda jeli dalam melihat peluang bisnis yang ada, maka kedepannya Anda akan menjadi mahasiswa yang kreatif sekaligus berfikir kedepan. 
 
Berbisnis sejak kuliah tidak hanya untuk menambah uang jajan saja, tetapi bisa menambah skill Anda dalam dunia bisnis dan membuat Anda menjadi seorang pemuda yang tangguh. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan karir yang tepat setelah lulus kuliah. Jadi Anda tidak akan kebingungan tentang masalah keuangan nantinya. Nah, yang jadi pertanyaan yaitu bagaimana cara menjalankan bisnis secara efektif selagi menjadi mahasiswa? Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips-tips tentang cara berbisnis agar tidak mengganggu kuliah.

Tips Kuliah Sambil Berbisnis Secara Efektif

6 Tips Kuliah Sambil Membangun Sebuah Bisnis Secara Efektif Untuk Mahasiswa

1. Sadari Niat Awal Berbisnis

Sebelum masuk ke hal-hal yang lain, terlebih dahulu Anda bertanya kepada diri sendiri mengapa sih harus melakukan bisnis sejak menjadi mahasiswa? Apakah hanya untuk mengisi waktu luang atau bahkan untuk tujuan karir di masa depan. Hal tersebut sangat penting karena agar Anda tidak menyia-nyiakan waktu kuliah yang kurang lebih dijalani selama 4 tahun. 
 
Jangan sampai Anda hanya ikut-ikutan teman biar terlihat keren dimata orang lain. Karena itu akan membuat waktu, pikiran dan uang terbuang sia-sia. Pastikan Anda mempunyai niat yang jelas ketika ingin menjalankan sebuah bisnis.

2. Cerdas Dalam Membagi Waktu

Tips yang kedua yaitu mahasiswa harus cerdas dalam membagi waktu, karena nantinya agar tidak kesulitan dalam menjalankan bisnis. Sebagai seorang mahasiswa Anda harus cerdas dalam membagi waktu selama 24 jam. Memang tugas utama mahasiswa yaitu belajar, nah apakah dalam 24 jam tersebut hanya belajar saja? 
 
Tentu saja tidak dan Anda harus bisa membaginya dengan kegiatan yang lain salah satunya yaitu berbisnis. Sebisa mungkin Anda jangan sampai mengesampingkan kuliah hanya karena membangun bisnis. Usahakan pada awal semester Anda memahami jadwal kuliah dan cara dosen dalam mengajar, agar nantinya bisa disesuaikan dengan bisnis yang akan dijalankan.

3. Jangan Ragu Mengefektifkan Bisnis

Bagi Anda yang kuliah di jurusan bisnis pasti materi yang Anda dapatkan selama di perkuliahan bisa dimanfaatkan sebagai hal untuk lebih mengefektifkan bisnis. Namun, bagi Anda yang kuliah di luar jurusan bisnis, maka tidak usah khawatir karena ada banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan agar bisnis tetap efektif. Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, Anda bisa melakukan reset di berbagai media contohnya youtube, google, website dan lain sebagainya. 
 
Intinya jangan pernah ragu untuk mencoba lebih mengefektifkan sebuah bisnis, dan itu semua tentunya harus dilakukan di waktu luang yang sudah Ada tentukan. Anda bisa belajar tentang marketing, produk, branding dan bisnis secara umum. Karena bisnis tidak bisa dijalankan dengan instan, maka Anda harus sabar melewati berbagai macam proses. Jadi sambil mencari wawasan, Anda bisa segera mempraktekkan ke dalam bisnis yang akan dijalankan.

4. Buat Planning

Perencanaan atau planning menjadi hal yang sangat penting bagi Anda seorang mahasiswa yang ingin menjalankan bisnis ambil kuliah. Karena tanpa adanya planning maka akan sangat sulit menentukan tujuan kedepannya. Dengan adanya perencanaan, maka Anda akan bisa membuka kemungkinan jalan mana yang harus Anda pilih agar target yang diinginkan cepat tercapai.

5. Tentukan Deadline

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu dengan menentukan deadline atau tenggang waktu. Semua akan percumah ketika Anda sudah mempunyai banyak sekali rencana, tetapi tidak tahu kapan rencana tersebut akan terrealisasikan. 
 
Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan bisnis berjalan dengan lambat, namun dengan adanya deadline pasti semuanya akan berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditentukan. Hal tersebut akan membuat Anda terus bergerak untuk menjalankan bisnis. Jadi sangat baik bagi Anda untuk menentukan deadline, baik itu tugas kuliah maupun hal yang berhubungan dengan bisnis.

6. Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Agar keuangan tetap berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kendala, maka Anda harus segera memisahkan antara keuangan bisnis dan pribadi. Misalnya Anda sudah mendapatkan laba atau keuntungan dari bisnis tersebut, maka Anda bisa menggaji diri sendiri dan sisanya bisa dimasukkan ke dalam kas bisnis. 
 
Memang ketika di awal terlihat ribet dalam melakukannya, tetapi jika sudah berjalan pasti akan semakin mudah dalam mengaturnya, bahkan bisa membuat waktu lebih efektif. Selain itu, Anda juga bisa membuat rekening bisnis dan pribadi untuk memisahkan dalam hal keuangan agar kedepannya semakin jelas.
 
Kuliah sambil menjalankan bisnis memang menjadi hal yang sangat menantang, karena tidak semua mahasiswa mampu berbisnis ketika kuliah. Namun, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika berhasil membangun bisnis ketika masih kuliah, baik itu secara material maupun non material. Tidak hanya menambah uang saku saja, tetapi juga bisa meningkatkan skill dan nantinya bisa menjadi modal utama ketika terjun ke dunia kerja. Semoga artikel di atas bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua terutama yang ingin membangun bisnis saat menjadi mahasiswa.