Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iklan atas artikel

8 Tips dan Trik Agar Lolos Seleksi CPNS Yang Harus Selalu Diperhatikan

Salah satu hal yang paling dinanti-nanti oleh semua orang terutama fresh graduate yaitu pembukaan seleksi CPNS. PNS merupakan profesi yang menjadi idaman semua orang karena dengan menjadi PNS, maka kehidupannya pasti akan terjamin dan dibiayai oleh negara. Selain itu, tunjangan hidup lainnya pasti akan didapatkan secara rutin. 
 
Maka dari itu, banyak sekali yang berlomba-loma untuk mendaftar CPNS dan mengalahkan ribuan pendaftar. Untuk menjadi PNS tidak semudah yang dibayangkan karena Anda harus menempuh berbagai macam seleksi yang cukup ketat. Dari sekian ribu pendaftar, paling yang diterima hanya ratusan orang saja. 
 
Maka dari itu, ketika ingin mendaftar sebagai CPNS harus mempersiapkan berbagai macam hal agar nantinya bisa menjalankan tes dengan baik. Terlepas dari itu semua, berikut ini saya akan memberikan beberapa tips dan trik yang bisa Anda praktekkan agar bisa lolos CPNS.

Tips dan Trik Lolos Seleksi CPNS

8 Tips dan Trik Agar Lolos Seleksi CPNS Yang Harus Selalu Diperhatikan

1. Pantau Jadwal Seleksi

Sebagai calon pegawai negeri sipil Anda harus selalu memantau jadwal yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Agar Anda mendapatkan jadwal yang tepat, maka bisa mengecek di website resmi penerimaan CPNS. Pantaulah jadwal mulai dari pendaftaran, pengumpulan berkas, seleksi dan pengumuman agar Anda tidak ketinggalan informasi.

2. Mengikuti Bimbel

Belajar sendiri memang sangat bisa dilakukan, tetapi akan lebih baiknya jika Anda mengikuti bimbel CPNS di kota Anda. Di sana Anda akan bertemu orang yang sudah berpengalaman dalam mengikuti CPNS, bahkan Anda bisa bebas bertanya tentang materi apa saja yang akan keluar di tes dan bagaimana cara menyelesaikannya. Hampir semua orang yang lolos CPNS pasti pernah mengikuti bimbel bahkan mereka rela mengeluarkan uang demi mendapatkan materi yang sesuai dengan seleksi CPNS.

3. Melengkapi Dokumen

Pada awal seleksi administrasi Anda harus menyerahkan dokumen yang sudah menjadi persyaratan untuk mengikuti tes CPNS. Apabila ada salah satu dokumen yang tidak lengkap atau tidak sesuai dengan ketentuan, pasti Anda akan mendapatkan diskualifikasi atau bisa dikatakan gugur di seleksi awal administrasi. 
 
Oleh sebab itu, lengkapilah dokumen mulai dari jauh-jauh hari agar nantinya bisa lolos di tahap awal. Jika memang belum lengkap, mak segerlah cari tahu, karena tidak semua dokumen bisa diselesaikan dalam waktu dekat.

4. Persiapkan Kondisi Fisik dan Mental

Setelah menguasai materi tes CPNS, maka langkah selanjutnya yaitu Anda harus mempersiapkan kondisi fisik dan mental dengan baik. Kesehatan tubuh akan mempengaruhi konsentrasi saat mengerjakan tes CPNS. Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kondisi fisik dan mental. Usahakan dalam sehari Anda minimal olahraga 30 menit dan jangan lupa makan makanan yang bergizi.

5. Tenang Saat Seleksi Berlangsung

Saat sudah berada di lokasi tes, jangan merasa minder dan grogi. Anggaplah semua orang yang mengikuti tes CPNS tersebut teman dekat Anda. Tenangkan pikiran sejenak dan tunjukkan semua kemampuan Anda dengan maksimal. Ketika mengerjakan soal, maka pilihlah soal yang sekiranya mudah dan perhatikan juga durasi waktu yang diberikan.

6. Berdoa

Sebelum tes berlangsung, sebaiknya Anda berdoa terlebih dahulu dan meminta pertolongan kepada Allah agar selalu dimudahkan dalam mengikuti seleksi. Apapun seleksinya maka luangkan waktu untuk bedoa agar semua yang Anda lakukan bisa membawa berkah.

7. Minta Doa Restu Orang Tua

Keberhasilan anak tergantung dari doa orang tua khususnya seorang ibu. Sebelum Anda berangkat ke lokasi tes, maka terlebih dahulu meminta doa kepada orang tua agar nantinya dimudahkan dalam mengikuti seleksi tes CPNS. Orang tua pasti akan bangga melihat anaknya selalu meminta doa restu dengannya, karana mereka merasa dihargai. Apabila orang tua sudah mendoakan, pasti semuanya bisa Anda lewati dengan baik.

8. Ikhlas Dengan Segala Hasil

Semua hasil usaha yang sudah Anda lakukan harus diterima dengan lapang dada. Apabila Anda diterima menjadi PNS, maka Anda harus siap untuk mengabdi kepada negara dan jika terpaksanya Anda gugur, maka harus berjuang lagi di tahun berikutnya dan tentunya dengan persiapan yang lebih matang lagi.
 
Intinya dalam mengikuti tes CPNS tidak boleh menyerah, dan terus berusaha selagi masih diberikan kesempatan. Jika di tahun pertama Anda gagal, maka cobalah untuk mengikuti tes CPNS di tahun kedua dan seterusnya.